Bantuan

Terlalu Banyak Makan Bikin Perut Begah? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Oct 2021

Bagikan

Terlalu Banyak Makan Bikin Perut Begah? Begini Cara Mengatasinya

Setiap orang pasti pernah mengalami kondisi perut begah. Kondisi yang satu ini sangat mengganggu aktivitas karena menimbulkan ketidaknyamanan. Berkaitan dengan hal ini, banyak yang kemudian mencari tahu bagaimana cara mengatasi perut begah. 

Mengatasi kondisi perut begah sejatinya mudah saja dan bisa dilakukan secara mandiri. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan kondisi ini agar Anda bisa mencegah terjadinya kondisi yang tidak menyenangkan ini. Bagaimanapun juga, seperti kata pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? Untuk itu, simak terus penjelasan mengenai penyebab perut begah berikut ini. 

Hal yang menyebabkan perut begah

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya perut begah. Untuk dapat mencegahnya, berikut ini adalah berbagai penyebab perut begah yang perlu Anda ketahui. 

  1. Makan terburu-buru atau sambil berbicara

Ketika seseorang makan dengan terlalu cepat atau terburu-buru, ataupun sambil mengobrol akan membuat makanan yang dikonsumsi tidak terkunyah dengan baik. Pada akhirnya organ pencernaan akan kesulitan dalam mencerna dan memproses makanan. Akibatnya, perut akan terasa lebih kembung, padat, serta penuh.

  1. Minum soda terlalu banyak

Gas dari minuman bersoda yang Anda konsumsi dapat terperangkap dalam perut dan menyebabkannya terasa begah. Selain itu, gas di perut ini juga akan membuat Anda mengalami sendawa, terutama apabila Anda tidak menggunakan sedotan ketika minum minuman bersoda.

  1. Konsumsi makan berlemak terlalu banyak

Selain karena konsumsi minuman bersoda yang berlebihan, konsumsi makanan berlemak dalam jumlah yang terlalu banyak pun dapat menyebabkan perut begah. Hal ini dikarenakan lemak adalah zat yang sulit untuk dicerna. Selain itu, makanan dengan kandungan lemak tinggi juga memiliki lebih banyak kalori sehingga membuat perut Anda terasa lebih cepat penuh dan begah. 

Baca Juga: Adakah Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Bahan Alami?

Cara mengatasi perut begah

Apabila Anda mengalami perut begah, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Anda bisa mencoba berbagai alternatif cara di bawah ini jika kondisi perut begah Anda tak kunjung reda. 

  1. Beraktivitas

Cara mengatasi perut begah yang bisa Anda lakukan yaitu beraktivitas ringan. Aktivitas ringan yang dapat Anda lakukan, yaitu berjalan selama 30 menit yang dapat  membuat gerak usus menjadi lancar. Pada saat usus berfungsi dengan optimal, maka makanan dan gas yang terperangkap sebelumnya dapat keluar melalui kentut. Tidak hanya itu, fungsi usus yang normal juga  dapat melancarkan buang air besar sehingga mencegah terjadinya sembelit. 

  1. Berendam air hangat

Selain beraktivitas ringan, Anda juga bisa mengatasi perut begah dengan cara berendam di air hangat. Berendam di air hangat dapat menghilangkan sensari perut yang terasa penuh dan kencang. Hal ini terjadi karena pada saat Anda berendam maka stress pada pikiran dan tubuh akan berkurang. Stres yang terjadi akan membuat fungsi usus tidak berjalan dengan baik sehingga gas dapat terperangkap di dalam. 

  1. Makan makanan berserat

Salah satu penyebab perut sering terasa begah, yaitu karena kekurangan makanan berserat. Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi perut begah, yaitu makan makanan yang berserat. Serat bermanfaat dalam melancarkan sistem pencernaan dan melunakkan feses sehingga tidak sulit dikeluarkan. Beberapa makanan berserat yang dapat Anda makan, yaitu biji-bijian, pepaya, serta gandum utuh. 

  1. Minum teh peppermint

Selain makan makan berserat, Anda juga bisa minum teh peppermint. Minum teh peppermint menjadi salah satu cara mengatasi perut begah karena dipercaya dapat mengendurkan otot dan otos. Pengenduran otot dan usus ini dapat membuat gas dan feses dapat bergerak lebih mudah dan dikeluarkan. Jadi, apabila Anda sering terasa begah, cobalah untuk mengonsumsi teh peppermint

  1. Obat 

Cara mengatasi perut begah yang terakhir, yaitu dengan mengonsumsi obat. Cara ini bisa Anda lakukan, apabila beberapa cara di atas tidak dapat mengatasi perut begah Anda. nantinya dokter akan meresepkan beberapa obat yang akan Anda konsumsi  berdasarkan kondisi yang Anda alami. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi perut begah. Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah dari pada mengobati, jadi sebaiknya Anda menghindari beberapa penyebab yang telah dijelaskan di atas. Selain itu, cobalah untuk memenuhi makanan dengan kandungan gizi yang seimbang. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Cara Medis Mengecilkan Perut bagi yang Gemuk

 

Sumber:

Gunnars, Kris. 2018. 11 Proven Ways to Reduce or Eliminate Bloating

Harvard Health Publishing. 2020. What’s causing that belly bloat?.

Tag :
Bagikan artikel ini