Bantuan

Takut Maag Kambuh? Ini Tips agar Tidak Maag Saat Puasa yang Bisa Anda Lakukan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 14 Apr 2022

Bagikan

maag kambuh

Bagi penderita maag, mengetahui tips agar tidak maag saat puasa merupakan hal yang penting. Pasalnya, saat menjalani ibadah puasa perut akan dalam keadaan kosong dari pagi hingga berbuka puasa. Kondisi ini akan berisiko meningkatkan maag kambuh. Oleh karena itu, beberapa penderita maag mungkin khawatir tidak dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik. 

Namun sebenarnya, maag bukanlah halangan bagi penderita maag untuk menjalankan ibadah puasa dengan baik. Selama Anda menerapkan beberapa tips aman bagi penderita penyakit maag saat berpuasa. Lantas apa saja tips agar tidak maag saat puasa tersebut? 

Tips agar Tidak Maag Saat Puasa

Bagi penderita penyakit maag, biasanya akan mengonsumsi obat sebelum sahur agar bisa aman menjalankan puasa. Namun ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan, yaitu sebagai berikut ini. 

  1. Jangan lewatkan sahur

Tips pertama yang bisa perlu Anda lakukan agar maag tidak kambuh saat puasa yaitu jangan lewatkan sahur. Berubahnya waktu makan saat bulan Ramadan, mungkin membuat Anda melewatkan sahur sehari atau dua hari. Namun sebaiknya segeralah beradaptasi dengan pola makan yang baru ini. Pasalnya, jika Anda melewatkan sahur, maka maag bisa saja kambuh di siang hari terutama jam 10 pagi hingga 12 siang. 

  1. Jangan tidur setelah makan

Bangun dini hari untuk sahur mungkin membuat beberapa dari Anda masih dalam keadaan mengantuk. Oleh karena itu, tidak jarang orang akan tidur lagi setelah makan saat sahur. Namun sebaiknya Anda tidak melakukan hal ini, karena berisiko menyebabkan maag kambuh. Sebaiknya tunggu 2-3 jam terlebih dahulu jika Anda ingin tidur. Namun, jika Anda tidak tahan dengan rasa kantuk, sebaiknya tidur dalam posisi kepala lebih tinggi. 

  1. Konsumsi serat saat sahur

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat merupakan tips yang bisa Anda lakukan selanjutnya. Anda bisa menemukan makanan yang mengandung serat pada beras, gandum, sayur dan juga buah. Berbagai makanan yang mengandung serat ini, membutuhkan  waktu yang lama untuk diserap dalam tubuh. Oleh karena itu, pengosongan lambung akan terjadi lebih lama sehingga asam lambung tidak mengiritasi lambung. 

  1. Segera berbuka

Tips agar tidak maag saat puasa yang selanjutnya yaitu segeralah berbuka saat tiba waktunya. Walaupun Anda sedang sibuk bekerja, sebaiknya Anda menyempatkan  waktu untuk segera berbuka. Namun perlu diingat, walaupun dalam keadaan lapar hindari makan dalam jumlah banyak. Hal ini hanya membuat lambung sulit untuk memecah makanan. Cukup berbukalah dengan air putih dan juga sedikit makanan. 

  1. Hindari pemicu maag

Ada beberapa makanan yang harus Anda hindari saat sahur atau berbuka agar maag tidak kambuh. Salah satunya yaitu makanan yang digoreng atau yang banyak mengandung lemak. Selain itu, hindari juga makanan yang terlalu pedas. Untuk minuman sebaiknya Anda menghindari minuman yang asam seperti jus jeruk dan juga minuman bersoda serta kafein. Sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi air putih. 

  1. Cukupi kebutuhan air

Seperti disinggung sebelumnya, jika Anda tidak ingin maag kambuh selama puasa sebaiknya hindari minuman asam, kafein dan bersoda. Sebaiknya Anda menggantinya dengan air putih agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Setidaknya Anda membutuhkan 8-12 gelas setiap harinya, agar terhindar dari dehidrasi sehingga tubuh tetap fit. 

  1. Makan dengan perlahan

Tips agar tidak maag saat puasa yang terakhir yaitu makanlah dengan perlahan. Jika Anda makan terlalu cepat, maka akan ada udara yang masuk ke dalam saluran pencernaan. Kondisi ini akhirnya bisa menyebabkan maag kambuh. Oleh karena itu, baik saat sahur atau berbuka puasa sebaiknya makanlah secara perlahan. Pastikan Anda mengunyah makanan hingga benar-benar halus. 

Demikianlah penjelasan mengenai tips agar tidak maag saat puasa yang bisa Anda lakukan. Apabila setelah menerapkan beberapa tips di atas, namun maag tetap kambuh sebaiknya untuk segeralah berkonsultasi dengan dokter. Tanyakan dengan dokter hal-hal yang perlu Anda lakukan agar tetap bisa berpuasa selama bulan Ramadan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga:  Tidak Ingin Kambuh? Ini Cara Menghindari Maag

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Garone, Sarah. 2020. Fasting and Acid Reflux: What You Need To Know. https://www.livestrong.com/article/449556-fasting-and-acid-indigestion/

Preiato, Daniel. 2021. How Long Should You Wait to Exercise After Eating?. https://www.healthline.com/nutrition/exercise-after-eating

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang