Pada sistem antrian konvensional rumah sakit seringkali terjadi penumpukan antrean khususnya pada bagian pendaftaran, terkadang antrean yang membludak menyebabkan kerugian bagi rumah sakit dan pasien jika tidak tersedianya penanganan yang baik dari pihak rumah sakit, ditambah di tengah pandemi yang masih terjadi di Indonesia.
Jika hal tersebut terus terjadi, bukan tidak mungkin pelayanan pasien akan berkurang dan rumah sakit mungkin mendapatkan ulasan negatif dari pasien.
Solusinya adalah dengan menggunakan antrean online, antrean online dapat mengurangi tumpukan keramaian di tempat, khususnya pada proses pendaftaran dengan mengurangi prosedur pada sistem antrean konvensional.
Antrean online merupakan software berbentuk aplikasi atau web yang dapat diakses melalui gadget pasien . Alih-alih melakukan registrasi offline yang harus dilakukan di rumah sakit, pendaftaran online dapat dilakukan pasien di rumah masing-masing dan akan mendapatkan nomor antrean setelahnya. Dengan itu, antrean akan berkurang karena pasien akan langsung masuk ke tahap verifikasi singkat pendaftaran kemudian masuk langsung ke tahap konsultasi dokter.
Efisiensi budget, dengan antrean online Anda dapat mengurangi ruang tunggu dan mengalihkannya ke ruangan lainnya yang lebih produktif.
Mengurangi proses antrean dan waktu tunggu di rumah sakit, sistem antrean dapat mengurangi antrean pasien dengan kedatangan berulang atau pasien yang baru ingin mendaftar, juga mengurangi waktu tunggu sehingga meningkatkan kenyamanan pasien.
Jadwal staf medis lebih teratur, dengan adanya sistem maka staf medis dapat fokus pada jadwal yang telah diatur
Informasi mudah dan cepat diakses, Anda dapat memberikan informasi langsung pada pengguna aplikasi sehingga informasi dapat langsung diterima oleh pengguna rumah sakit.
Pasien tidak usah berlama-lama menunggu di rumah sakit, pasien tidak harus menunggu antrean ke dokter hingga waktu yang lama untuk mendapatkan nomor antrean awal. Pasien dapat datang ketika nomor antreannya sudah dekat.
Meminimalisir kontak yang tidak perlu dengan pasien, pasien tidak harus mengisi formulir pendaftaran di tempat
Layanan dapat aktif 24 Jam / 7 Hari, sistem antrean online dapat difungsikan setiap hari.
Memberikan kredibilitas bagi rumah sakit, dengan adanya sistem informasi manajemen rumah sakit yang baik maka rumah sakit dianggap mampu dan sudah memenuhi kesiapan teknologi dan kualitas pelayanan kesehatan di masa mendatang.
Untuk membuat sistem antrean online Anda dapat membuatnya sendiri maupun menggunakan vendor penyedia layanan SIMRS yang sudah memiliki fitur sistem antrean online ini.
Anda juga perlu mempertimbangkan, apakah sistem akan dibangun dari 0 atau menggunakan sistem yang sudah ada, semua kembali kepada kebutuhan Anda. Ada kelebihan maupun kekurangan dari keduanya. Sistem yang dibuat sendiri biasanya memakan resource dan dana yang cukup besar namun memiliki fleksibilitas karena sistem dibuat dengan kebutuhan dan pertimbangan yang rumah sakit buat. Sedangkan sistem yang sudah jadi juga merupakan solusi jitu lainnya, biasanya biaya akan rendah dan beberapa vendor memberikan biaya langganan yg cukup terjangkau, sistem yang dibangun juga cukup lengkap.
Demikian merupakan pembahasan mengenai manfaat sistem antrean online yang dapat Anda terapkan di perusahaan Anda.
Membutuhkan konsultasi mengenai sistem antrean rumah sakit? Anda dapat menghubungi kami disini hotline aido.
Anda mungkin juga tertarik