Simpel dan Lezat, Namun Anda Wajib Tahu Bahaya Mie Instan Jika Terlalu Sering

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Sep 2021

Bagikan

Simpel dan Lezat, Namun Anda Wajib Tahu Bahaya Mie Instan Jika Terlalu Sering

Mie instan merupakan salah satu makanan yang sangat digemari karena simpel dan lezat, tetapi apakah Anda tahu apa bahaya mie instan? Mungkin banyak di antara Anda yang menjadi penggemar mie instan. Akan tetapi, sebaiknya Anda perlu tahu apa bahaya mie instan dan juga kandungan gizi yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, Anda perlu menyimak penjelasan berikut ini. 

Kandungan gizi mie instan

Sebelum mengetahui bahaya mie instan, lebih baik Anda mengetahui kandungan gizi yang terdapat di dalam mie instan terlebih dahulu. Walaupun banyaknya merk mie instan yang beredar dipasaran, namun kandungan gizi yang dimiliki cenderung sama. Berikut ini kandungan gizi yang terdapat di dalam satu kemasan mie instan

  • Kalori : 188

  • Karbohidrat : 27 gram

  • Lemak total : 7 gram

  • Protein : 4 gram

  • Serat : 0,9 mg

  • Sodium/garam : 860 mg

Dilihat dari kandungan gizi di atas, pada dasarnya mie instan padat akan karbohidrat. Akan tetapi, kandungan protein, serat dan lainnya sangatlah minim. Selain itu, kandungan garam yang ada di dalam mie instan sangatlah tinggi. 

Bahaya mie instan

Setelah Anda mengetahui kandungan gizi mie instan, saatnya Anda mengetahui apa bahaya mie instan. Berikut ini bahaya mie instan apabila Anda mengonsumi mie instan secara berlebihan. 

  1. Tekanan darah tinggi

Bahaya mie instan yang pertama yaitu dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Hal ini karena mie instan memiliki bumbu dengan kandungan garam yang cukup tinggi. Setidaknya dalam satu kemasan mie instan, terdapat kandungan garam sebanyak 860 mg. Sedangkan, asupan garam setiap harinya tidak lebih dari 2.000 mg hingga 2.400 mg. Dengan begitu, mengonsumsi 3 bungkus mie instan setiap harinya berarti telah melebihi asupan garam harian Anda. Mengonsumsi garam yang berlebih dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

  1. Penyakit jantung

Bahaya mie instan yang selanjutnya yaitu dapat menyebabkan penyakit jantung. Selain memiliki kandungan garam yang tinggi, mie instan juga memiliki kandungan MSG atau lebih dikenal dengan micin. Kandungan MSG yang tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan memicu terjadinya masalah pada jantung. Oleh karena itu, penderita penyakit jantung dan hipertensi tidak disarankan untuk mengonsumsi mie instan. 

  1. Diabetes

Terlalu banyak mengonsumsi mie instan dapat menyebabkan obesitas. Pada setiap kemasan mie instan terdapat kandungan lemak jenuh sebanyak 14 gram yang setara dengan 40% kebutuhan harian. Tidak hanya itu, mie instan juga memiliki kalori yang cukup tinggi. Walaupun mie instan dapat mengenyangkan akan tetapi gizi yang masuk ke dalam tubuh hanyalah sedikit sehingga tidak sebanding dengan kalori yang masuk. 

  1. Gangguan pencernaan

Bahaya mie instan yang selanjutnya yaitu berisiko menyebabkan gangguan pencernaan. Hal ini karena mie instan memiliki kandungan zat tertiary-butyl hydroquinone (TBHQ). Tubuh akan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mencerna zat tersebut. Bahkan selama 2 jam pun, sistem pencernaan belum dapat mengurai zat TBHQ, sehingga menyebabkan terganggunya sistem pencernaan. Semakin lama perut terpapar zat tersebut, maka akan menyulitkan penyerapan nutrisi pada makanan lainnya. 

  1. Gangguan ginjal

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, mie instan memiliki kandungan garam yang cukup tinggi. Kandungan garam yang tinggi dapat mengganggu fungsi ginjal apabila Anda mengonsumi mie instan dalam jumlah banyak. Apabila fungsi ginjal terganggu, maka dapat menyebabkan terjadinya penumpukan natrium dan cairan di dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan pembengkakan pada kaki dan penumpukan cairan di paru-paru dan jantung. 

Apabila Anda tetap ingin mengonsumsi mie instan walaupun sudah mengetahui bahayanya, maka sebaiknya Anda bisa mengurangi frekuensi mengonsumsi mie instan. Pastikan Anda tidak mengonsumsi mie instan setiap hari dan mencoba untuk mengendalikan porsi makan Anda. Selain itu, sebaiknya Anda bisa mencoba untuk mengombinasikan mie instan dengan makanan sehat lain seperti sayur dan telur. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai gizi mie instan dan bahaya mie instan. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda mengenai bahaya mie instan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Konsumsi Makanan Tinggi Protein Ini Baik Untuk Kesehatan Tubuh Anda, Lho!


Sumber:

Link, Rachael. Are Instant Noodles Bad for You? (2017)
The Reasons Behind You Cannot Often Eat Instant Noodles (2021)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi