Simak Disini! Bahan Alami untuk Perawatan Luka Bakar Ringan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Sep 2021

Bagikan

Simak Disini! Bahan Alami untuk Perawatan Luka Bakar Ringan

Mengetahui perawatan luka bakar ringan tentu penting untuk Anda ketahui. Sering kali dalam aktivitas sehari-hari, Anda mendapatkan luka bakar ringan. Apalagi jika aktivitas atau pekerjaan yang Anda lakukan, rawan terkena luka bakar. Misalnya kondisi tangan yang terkena luka bakar ringan seperti api, knalpot, atau benda panas lainnya. Luka bakar ringan seperti ini, kerap kali meninggalkan bekas yang tidak enak dipandang. Berbeda dengan luka bakar berat, yang mana memerlukan penanganan khusus di rumah sakit. Luka bakar ringan, dapat Anda atasi sendiri dengan bahan alami di rumah. 

Bahan alami untuk perawatan luka bakar

Dikatakan dengan mengobati luka bakar ringan dengan bahan alami, dapat menghilangkan bekasnya. Biasanya luka bakar yang terjadi adalah seperti adanya bengkak, kulit merah, rasa sakit yang luar biasa, kulit yang melepuh, atau kulit yang terlihat licin, lembab, atau basah. Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai perawatan luka bakar ringan:

  1. Cuka, bahan alami satu dapat mudah Anda temui di warung atau supermarket. Cuka sering kali digunakan untuk perawatan luka bakar ringan, cara mengaplikasikannya pun mudah. Dimana Anda hanya perlu meneteskan cuka pada kain, lalu kemudian menggunakannya untuk dikompres pada luka bakar. Lakukan ini secara rutin dengan cuka yang masih segar, saat rasa sakit akibat luka bakar ringan meningkat.

  2. Madu, mengandung banyak zat antiseptik didalamnya, yang mana juga berkhasiat untuk menyembuhkan. Sama seperti cuka, untuk mengaplikasikan madu pada luka bakar ringan pun sangatlah mudah. Oleskan madu pada luka bakar ringan, maka akan membantu Anda meredakan rasa terbakar. Serta meminimalisir bekas luka bakar dihari yang akan datang. Tak hanya untuk perawatan luka bakar ringan, madu juga dapat Anda gunakan untuk bahan membantu mempercepat penyembuhan luka pada bisul dan infeksi. Dalam mengobati infeksi yang disebabkan karena luka bakar, madu dapat membantu memudarkan bekas luka bakar sampai dengan delapan puluh persen. 

  3. Kulit pisang, Anda dapat menggunakannya sebagai perawatan luka bakar dengan meletakkan kulit pisang pada luka bakar ringan, sampai warna berubah menjadi hitam. Kulit pisang yang diletakkan pada luka bakar ringan juga dapat meredakan rasa sakit pada luka bakar. 

  4. Lidah buaya, bahan alami satu ini sudah teruji bisa meredakan luka bakar ringan. Lidah buaya dapat memberikan efek dingin, namun tidak hanya mendinginkan saja, lidah buaya juga akan bantu mempercepat proses pemulihan kulit yang terluka. Lidah buaya sebagai perawatan luka bakar dapat Anda aplikasikan dengan memotong-motong lidah buaya dibagian tengah. Kemudian, gunakan gel lidah buaya tersebut pada luka bakar. Terus ulangi proses ini sampai luka bakar mengering. Seperti yang telah disebutkan bahwa lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi, serta kemampuannya untuk menyembuhkan luka. Gel dari lidah buaya ini dapat membantu menenangkan kulit yang iritasi. Dengan perawatan selama dua kali sehari, lidah buaya dan air mawar dapat menghilangkan bekas luka bakar.  

  5. Minyak lavender, yang mana memiliki sifat antiseptik. Sifat antiseptik ini ampuh untuk membantu menenangkan kulit yang terbakar dan kulit yang mengalami iritasi. Minyak lavender diklaim sangat berguna dalam meredakan rasa sakit karena luka bakar ringan. Anda dapat mencampurkan minyak lavender dengan bahan alami lainnya, yaitu lidah buaya. Lalu mengoleskannya pada luka bakar, lakukan perawatan luka bakar ringan ini sampai rasa sakitnya berkurang. Selain minyak lavender, Anda dapat menggunakan minyak zaitun untuk meredakan rasa sakit karena luka bakar, juga untuk membantu luka bakar Anda cepat sembuh. 

Ada satu bahan yang sering kali digunakan orang untuk mengatasi luka bakarnya, dengan harapan dapat meredakan rasa panas karena luka bakar tersebut yaitu es. Namun, ternyata itu salah dimana es justru akan membatasi aliran darah ke kulit. Sehingga menyebabkan kerusakan kulit lebih lanjut. Beberapa bahan alami diatas sangat mudah Anda temukan, dari warung, pasar, sampai supermarket. Bahan alami diatas juga bahkan mungkin ada di dapur rumah Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Cara Mengobati Luka Bakar


Referensi :

https://www.healthline.com/ 

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi