Sering Sakit Kepala Sebelah? Ini penyebab Migrain Yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 13 Dec 2021

Bagikan

Sakit Kepala Sebelah? Ketahui Penyebab Migrain Berikut Ini

Apakah Anda tahu apa yang penyebab migrain? Migrain itu sendiri merupakan sakit kepala hebat dan terasa seperti berdenyut-denyut yang pada umumnya hanya terjadi pada sebelah kepala saja baik kanan atau kiri. Tidak hanya itu, migrain juga sering disertai dengan gangguan pencernaan dan panca indra. Apabila kondisi ini tidak segera diatasi maka dapat menyebabkan kondisi kronis. Salah satu cara mencegah migrain, yaitu dengan cara menjauhi beberapa penyebabnya.  

Penyebab Migrain

Lalu apa saja penyebab migrain dapat terjadi? Berikut ini ada beberapa penyebab migrain yang perlu Anda ketahui. Oleh karena itu pastikan Anda terus mengikuti penjelasan di bawah ini. 

  1. Perubahan Hormon

Penyebab migrain yang pertama, yaitu karena adanya perubahan hormon. Hal ini umumnya terjadi pada wanita karena sering mengalami perubahan hormon. Perubahan hormon pada wanita terjadi ketika menstruasi yang menyebabkan meningkatkannya hormon estrogen. Selain itu, pada masa kehamilan ataupun masa menopause akan terjadi perubahan hormon juga. Penggunaan beberapa obat-obatan juga dapat memicu terjadinya perubahan hormon seperti pil KB. 

  1. Perubahan Kebiasan Tidur

Selain perubahan hormon, ternyata migrain juga dapat disebabkan oleh perubahan kebiasan tidur. Pasalnya, tidur yang cukup dan teratur dapat menjaga tubuh tetap sehat karena setiap bagian tubuh termasuk otak akan diperbaiki dan diperbaharui. Sedangkan waktu tidur yang terlalu singkat ataupun berlebihan dapat membuat Anda lebih rentan terserang oleh penyakit salah satunya, yaitu migrain. Oleh karena itu, mulailah untuk mencukupi waktu tidur Anda dan membuat jam tidur yang lebih teratur. 

  1. Mengalami Stres

Salah satu penyebab migrain yang paling sering, yaitu stres. Bahkan dalam sebuah studi disebutkan 50% sampai 70% orang yang mengalami stres akan lebih mudah terserang sakit kepala. Hal ini terjadi karena, ketika stres otak akan melepaskan senyawa kimia yang dapat memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah di otak dan ketegangan otot. Tentu saja hal ini dapat menyebabkan munculnya migrain ataupun membuat migrain semakin parah. Stres dalam hal ini meliputi stres fisik dan juga mental.

Baca Juga: Pentingnya Manajemen Stres Serta Tips untuk Melakukannya

  1. Terlambat Makan

Apakah Anda sering melewatkan makan? Apabila iya maka segera hentikan kebiasan tersebut. Pasalnya, telat makan dapat menyebabkan gula darah turun sehingga memicu terjadinya migrain. Apabila Anda telat makan di pagi hari maka migrain dapat muncul di siang hari. Jika Anda telat makan di malam hari maka migrain bisa muncul ketika Anda bangun di pagi hari. Oleh karena, Anda tidak boleh menunda-nunda makan dan menyepelekan waktu makan. 

  1. Beberapa Makanan

Selain melewatkan makan, ternyata beberapa makanan juga dapat menyebabkan terjadinya migrain. Beberapa makanan tersebut, yaitu makanan asin dan makanan yang disimpan dalam waktu yang lama. Pada beberapa penderita migrain mungkin efek yang ditimbulkan akan berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda perlu mencatat  semua makanan yang dapat memicu migrain. 

  1. Kekurangan Air

Kekurangan air atau dehidrasi merupakan penyebab migrain yang selanjutnya. Hal ini dapat terjadi karena pada saat tubuh kekurangan cairan maka menggangu fungsi tubuh sehingga menyebabkan kebingungan dan juga pusing. Dalam sebuat laporkan disebutkan bahwa sepertiga penderita migrain disebabkan oleh kekurangan cairan  atau dehidrasi. Oleh karena itu, jika tidak ingin mengalami migrain sebaiknya Anda mencukupi kebutuhan air harian minimal 8 gelas per harinya. 

  1. Terlalu Lama Menatap Layar

Penyebab migrain yang terakhir yaitu terlalu lama menatap layar baik komputer maupun smartphone. Tidak dapat dipungkiri, kemajuan teknologi mungkin membuat semua orang ketergantungan untuk menatap layar. Ditambah lagi pada masa pandemi Covid-19 ini yang mengharuskan bekerja dari rumah, membuat semakin banyak waktu yang dihabiskan di depan layar.

Untuk mencegah migrain muncul walaupun Anda harus menatap layar terlalu lama, yaitu setiap beberapa menit sekali cobalah untuk melihat objek yang jauh.

Apabila Anda tidak ingin mengalami migrain pastikan untuk menghindari beberapa penyebabnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dalam mencegah migrain terjadi pada Anda.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Mata yang Memandang Layar Gawai Seharian

 

Sumber:

1. Holland, Kimberly. 2020. What Causes Migraine and Chronic Migraine?.

2. American Migraine Foundation. 2017. Top 10 Migraine Triggers and How to Deal with Them.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi