Bantuan

Sering Keluar Darah dari Hidung? Ini Dia Penyebab dan Cara Menangani Mimisan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 07 Jun 2022

Bagikan

Sering Keluar Darah dari Hidung? Ini Dia Penyebab dan Cara Menangani Mimisan

Mimisan atau pendarahan hidung dalam kondisi normal biasanya berlangsung dalam beberapa detik. Namun jika mimisan berlangsung dalam waktu yang lama, Anda perlu berhati-hati dan segera mengonsultasikannya dengan dokter. Ini karena mimisan tidak hanya disebabkan oleh kondisi cuaca tetapi bisa juga menandakan adanya suatu penyakit serius. Selain itu, tahukah Anda apa saja penyebab mimisan dan bagaimana cara menanganinya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Penting Untuk Diketahui! Berikut Ini Cara Menghentikan Mimisan

 

Apa Itu Mimisan?

Mimisan adalah suatu kondisi di mana darah keluar dari hidung. Terkadang mimisan dianggap sebagai kondisi biasa yang sering dialami oleh banyak orang, sehingga bisa dibiarkan dan berhenti dengan sendirinya. Namun tahukah Anda mimisan dari hidung secara terus menerus bisa mengancam hidup seseorang? Ini karena mimisan secara terus menerus bisa menandakan adanya beragam penyakit serius yang perlu segera Anda konsultasikan dengan dokter.

 

Penyebab Mimisan

Mimisan bisa dialami oleh siapa saja, seperti anak-anak, orang lanjut usia, wanita hamil, penderita kelainan darah dan beberapa orang lainnya. Penyebabnya adalah cuaca ekstrim atau udara kering dan kebiasaan mengorek hidung. Ini karena mengorek hidung dan udara kering bisa menyebabkan pembuluh darah halus yang terletak di dalam hidung pecah, sehingga menimbulkan pendarahan. Kedua hal di atas merupakan penyebab mimisan yang paling umum, adapun beberapa penyebab lain mimisan yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Memiliki Penyakit Lain

Mimisan bisa disebabkan oleh adanya penyakit yang diderita oleh seseorang. Beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, kekurangan kalsium, leukemia, penyakit radang, gangguan kekebalan tubuh, penyakit kelainan darah genetik (Von Willebrand) dan masih banyak penyakit lainnya. Oleh karena itu jika Anda mengalami mimisan secara terus menerus atau tak kunjung berhenti, sebaiknya segera hubungi dokter agar segera diketahui penyakit apa yang sedang Anda alami dan segera dilakukan pengobatan.

2. Iritasi

Iritasi hidung merupakan salah satu penyebab mimisan, kondisi ini bisa terjadi saat Anda menggaruk hidung yang gatal secara kasar hingga menimbulkan luka di dalam hidung. Selain menggaruk hidung, iritasi juga bisa disebabkan oleh gejala rhinitis non alergi dan rhinitis. Rhinitis non alergi adalah iritasi yang disebabkan oleh hidung tersumbat dan bersin kronis. Jika Anda sering mengalami bersin-bersin lalu mimisan bisa jadi Anda mengalami rhinitis non alergi. Adapun rhinitis sendiri adalah iritasi dan pembengkakan selaput lendir pada hidung.

3. Dry Air

Dry Air dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai udara kering. Melansir dari Everyday Health, udara kering bisa menyebabkan seseorang terkena mimisan. Dry Air bisa Anda rasakan saat cuaca dingin dan pemanas yang ada di dalam ruangan Anda memicu hidung kering, sehingga menyebabkan pembuluh darah halus pada hidung pecah. Agar terhindar dari Dry Air, hidung Anda harus terus tetap terjaga kelembapannya. Untuk menjaga kelembapan hidung, Anda bisa menggunakan humidifier (alat pelembap udara).

 

Cara Menangani Mimisan

Masih banyak orang yang menangani mimisan dengan cara yang salah seperti menyumbat darah yang keluar dari hidung dengan menempelkan kapas atau tisu kering ke hidung. Padahal menyumbat hidung dengan kapas atau tisu kering hanya bisa membuat iritasi dan pendarahan semakin parah. Berikut beberapa cara menangani mimisan dengan benar yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  • Duduk Tegak dan Condong ke Depan

Saat Anda mengalami mimisan, sebaiknya duduk tegak dan condong ke depan. Agar darah tidak masuk ke tenggorokan, sebab jika darah masuk ke tenggorokan bisa menimbulkan tersedak dan muntah. Cobalah tetap tenang dan mengambil pernapasan dari dalam mulut.

  • Gunakan Dekongestan

Untuk menangani mimisan, Anda bisa menggunakan semprotan dekongestan, seperti Afrin untuk mengencangkan pembuluh darah di hidung dan meredakan peradangan pada hidung tersumbat. Selain itu, semprotan dekongestan juga bisa menghentikan dan memperlambat pendarahan.

  • Mengompres dengan Es Batu

Anda bisa menggunakan es batu untuk mengompres hidung agar pembuluh darah pada hidung menjadi menyempit dan menghentikan pendarahan. Anda bisa menempelkan kompres es batu pada hidung dan pipi. 

Beberapa penyebab mimisan dan cara menangani mimisan di atas perlu Anda ketahui agar Anda terhindar dari mimisan dan mengetahui cara menangani mimisan dengan benar. Selama mimisan, sebaiknya hindari beberapa aktivitas berat dalam beberapa hari ke depan. Jika mimisan tidak kunjung membaik, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Baca juga: Mengenal Anatomi dan Fungsi Hidung bagi Tubuh Manusia

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Lain

Mulai dari IDR 200.000

Pesan Sekarang
Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Higuera, Valencia. What Causes Nosebleeds and How to Treat Them. 2019. Available at: https://www.healthline.com/health/nosebleed (Accessed: 19 November 2021).

Cleveland Clinic: Nosebleed (Epistaxis). 2019. Available at: https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/13464-nosebleed-epistaxis (Accessed)

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Lain

Mulai dari IDR 200.000

Pesan Sekarang
Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang