Bantuan
Bantuan

Sering Kali Diabaikan, Pentingnya Medical Check Up Adalah?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Nov 2021

Bagikan

Sering Kali Diabaikan, Pentingnya Medical Check Up Adalah?

Pada dasarnya, pentingnya dilakukan medical check up adalah berkaitan dengan langkah pendeteksian penyakit ataupun gangguan kesehatan sedini mungkin. Ketika adanya penyakit atau gangguan dapat dideteksi sejak dini maka dapat diambil tindakan penanganan atau pengobatan sesegera mungkin agar penyakit yang dialami bisa diatasi sebelum menjadi lebih parah.

Prosedur medical check up mengharuskan pasien menjalani serangkaian tahapan pemeriksaan, meliputi konsultasi keluhan, pemeriksaan dan pencatatan riwayat kesehatan pasien, hingga proses pemeriksaan fisik secara umum dan menyeluruh. Untuk lebih jelasnya lagi, marilah simak bersama-sama penjelasan mengenai medical check up berikut ini.

Apa itu medical check up?

Medical check up adalah kegiatan pemeriksaan terhadap kesehatan yang dalam hal ini dilakukan secara menyeluruh. Dilakukan secara menyeluruh dalam hal ini bisa juga berarti bahwa pemeriksaan dilakukan melalui berbagai tahapan-tahapan untuk memeriksa beberapa hal penting yang berkaitan dengan kesehatan. 

Pentingnya medical check up

Medical check up merupakan salah satu prosedur yang harus dilakukan oleh setiap orang, paling tidak sebanyak satu kali dalam setahun. Dengan dilakukannya medical check up secara rutin ini, dapat diketahui beberapa hal penting seperti:

  • Kondisi kesehatan pasien secara menyeluruh

  • Deteksi ada atau tidaknya penyakit parah tanpa gejala yang diderita

  • Risiko kesehatan yang mungkin timbul di masa depan

Saat seseorang melakukan medical check up dan mendapatkan konsultasi dari dokter terkait kondisi kesehatannya, Ia akan menjadi lebih termotivasi dalam beralih ke pola hidup yang lebih sehat, mulai dari mengatur pola makan hingga rutin berolahraga. Semua hal ini dimaksudkan agar tubuh tetap sehat dan bugar serta terhindar dari berbagai risiko penyakit yang mengancam kesehatan. 

Hal yang diperiksa melalui medical check up

Setelah mengetahui apa itu medical check up dan apa alasan pentingnya dilakukan medical check up secara rutin, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperiksa dari diri Anda ketika prosedur medical check up ini dijalankan. Adapun beberapa hal yang akan diperiksa tersebut di antaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Berat badan

Berat badan merupakan salah satu hal yang akan diperiksa pada saat Anda melakukan medical check up. Hal ini karena, berat badan yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung, diabetes, hingga kanker. Di sisi lain, berat badan yang terlalu kurus juga akan melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko anemia. 

Baca Juga: Tidak Perlu Bingung, Begini Cara Menghitung Berat Badan Ideal

  1. Kolesterol

Hal yang akan diperiksa selanjutnya adalah kadar kolesterol di dalam tubuh. Pada dasarnya, kolesterol merupakan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi, kelebihan kolesterol justru menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.  Kondisi ini menyebabkan munculnya berbagai penyakit seperti stroke dan penyakit jantung. 

  1. Tekanan darah

Tekanan darah normal pada orang dewasa, yaitu 140/90 mmHg dan untuk usia lebih dari 60 tahun, yaitu 150/90 mmHg. Apabila Anda memiliki tekanan darah lebih dari tekanan darah normal maka dapat dikatakan mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi, sedangkan untuk tekanan darah di bawah 90/60 mmHg merupakan kondisi hipotensi atau tekanan darah rendah. 

  1. Gula darah

Hal yang diperiksa dalam medical check up yang selanjutnya, yaitu kadar gula darah. Umumnya, tes ini akan dilakukan pada orang yang telah berusia di atas 45 tahun. Namun, apabila Anda memiliki risiko diabetes, bisa  konsultasikan untuk melakukan pemeriksaan gula darah. Sebelum menjalankan tes gula darah, sangat disarankan untuk berpuasa selama 8 jam terlebih dahulu. 

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Mengenai Gula Darah Normal

  1. Kesehatan jantung

Hal berikutnya yang juga diperiksa saat proses medical check up adalah jantung. Sebagai organ vital dalam tubuh manusia, pemeriksaan jantung ini dilakukan untuk mendeteksi normal atau tidaknya kondisi detak jantung seseorang, ada atau tidak adakah gangguan seperti pembuluh darah tersumbat, serta berbagai gejala lainnya yang mungkin mengarahkan pada penyakit jantung. 

Demikianlah beberapa informasi mengenai pentingnya medical check up. Selain beberapa hal di atas, hal-hal lainnya yang juga diperiksa selama proses medical check up adalah mata, kulit, telinga, gigi, tulang, dan pemeriksaan penunjang yang dilakukan untuk mengetahui infeksi penyakit menular seksual dan hepatitis B. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

PVHC. The Importance of Regular Check-Ups. 

Lenmed. The importance of a medical check-up. 

Regency Medical Centre Ltd. 6 Reasons Why Regular Health Checkup Is Important.

Tag :
Bagikan artikel ini