Bantuan

Seluk Beluk Tulang Panggul Serta Masalah yang Bisa Terjadi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Feb 2022

Bagikan

tulang panggul

Tahukah Anda, ternyata tulang panggul wanita dan pria memiliki fungsi yang berbeda. Pada dasarnya, tulang panggul merupakan serangkaian tulang yang terletak di antara tulang kaki dan tulang punggung yang berfungsi sebagai alat gerak. Akan tetapi, pada wanita fungsinya juga untuk melindungi organ reproduksi. 

Dalam artikel kali ini akan dijelaskan mengenai seluk beluk tulang panggul serta apa saja masalah yang bisa terjadi pada tulang panggul. Oleh karena itu, simak terus penjelasan di  bawah ini untuk mengetahuinya lebih jauh. 

Bagian-Bagian Tulang Panggul

Pada tulang panggul terdiri dari 3 tulang utama, yaitu tulang ekor, tulang sakrum, dan tulang pinggul. Berikut ini penjelasan mengenai ketiga bagian dalam tulang panggul tersebut. 

  1. Tulang Pinggul

Bagian dalam anatomi tulang panggul, yaitu tulang pinggul. Dalam bagian ini terdiri dari lagi dari tiga bagian yang berbeda. Ketiga bagian tersebut adalah sebagai berikut: 

  • Illium

Ilium merupakan tulang utama dan terbesar pada bagian tulang panggul. Letak dari tulang ini, yaitu di kedua sisi tulang belakang dan melengkung ke arah bagian depan tubuh. 

  • Pubis

Tulang pubis merupakan tulang yang terletak pada bagian bawah pinggul atau tulang kelamin. Padasarnya tulang pubis sangatlah kuat, akan tetapi akan menjadi longgar saat persalinan. 

  • Ischium

Tulang ischium merupakan tulang yang terletak pada bagian bawah illium dan di samping pubis. Selain itu, tulang ini juga disebut dengan tulang duduk karena dapat menopang berat badan Anda saat duduk. 

  1. Tulang Sakrum

Tulang sakrum merupakan bagian yang selanjutnya dari anatomi tulang panggul. Tulang yang satu ini memiliki bentuk segitiga dan terletak pada bagian belakang panggul. Selain itu, tulang sakrum terbentuk dari lima tulang belakang yang saling menyatu. 

  1. Tulang Ekor

Bagian terakhir dari tulang panggul, yaitu tulang ekor yang terletak di bawah tulang sakrum. Tulang ekor memiliki fungsi untuk menghubungkan berbagai otot sehingga Anda dapat menggerakkan kaki, berjalan, dan berlari. 

Perbedaan Tulang Panggul Wanita dan Pria

Lalu apa yang membedakan tulang panggul wanita dan pria? Untuk membedakan tulang panggul pada wanita dan pria, dapat dilihat dari bentuk dan juga fungsinya. Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan keduanya.  

  1. Bentuk

Perbedaan pertama terletak pada bentuknya, tulang panggul pria memiliki ukuran yang kecil, sempit dan lebih tinggi dari wanita. Selain itu, tulang sakrum pria juga lebih ramping, sedangkan tulang panggul wanita, memiliki  tulang sakrum yang  lebih besar dan memiliki bentuk oval serta dangkal daripada tulang panggul pria. 

  1. Fungsi

Tulang panggul pada pria berfungsi untuk alat gerak dan melindungi fungsi usus besar, penis, serta testis, sedangkan pada wanita, tulang panggul berfungsi untuk melindungi vagina, rahim, mulut rahim, indung telur, usus besar, kandung kemih, dan  saluran kemih. Selain itu, tulang panggul wanita juga sangat berperan dalam kehamilan dan persalinan. 

Masalah Kesehatan Pada Tulang Panggul

Anda juga perlu memahami apa saja masalah kesehatan yang dapat terjadi pada tulang panggul.  Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang dapat terjadi pada tulang panggul.

  1. Radang Panggul

Masalah kesehatan yang terjadi pada tulang panggul, yaitu radang panggul yang disebabkan oleh infeksi pada organ sistem reproduksi wanita. Gejala dari penyakit ini yaitu nyeri pada area panggul dan perut bagian bawah. 

  1. Fraktur Panggul

Apabila tulang paha mendapatkan benturan yang cukup keras, maka bisa terjadi fraktur panggul atau patah  tulang panggul. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kondisi ini, yaitu kecelakaan atau terjatuh dari ketinggian. 

  1. Endometriosis

Masalah kesehatan yang terjadi pada panggul terakhir, yaitu endometriosis. Endometriosis merupakan kondisi ketika jaringan endometrium tumbuh di luar rahim. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti kanker ovarium dan infertilitas. 

Nah itulah beberapa informasi mengenai seluk beluk tulang panggul dan masalah yang bisa terjadi pada tulang panggul. Apabila Anda mengalami berbagai gejala  pada area panggul seperti nyeri, maka sebaiknya segera memeriksakannya ke dokter untuk mengetahui penyebab dan cara penanganannya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Selalu Berkembang dari Bayi Sampai Dewasa, Apa Sebenarnya Proses Osifikasi?

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Ortopedi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Schulman, Jill Seladi. 2018. Female Pelvis Overview. https://www.healthline.com/human-body-maps/female-pelvis#diagram

Johns Hopkins Medicine. Pelvis Problems. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/pelvis-problems

Zidon, Helen. 2019. Differences Between the Male and Female Bony Pelvises | Anatomy Slices. https://3d4medical.com/blog/differences-between-the-male-and-female-bony-pelvises-anatomy-slices

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Ortopedi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang