Bantuan

Sedang Menurunkan Berat Badan? Berikut Ini Pilihan Sereal Untuk Diet

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 19 Nov 2021

Bagikan

Pilihan Sereal Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Ketika sedang menjalankan diet, kita perlu menyeleksi makanan yang dikonsumsi, termasuk mencoba pilihan sereal untuk diet. Sereal selama ini telah menjadi makanan yang dianggap tepat untuk sarapan.

Namun memang kebanyakan produk sereal yang beredar saat ini memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi. Hal ini tentu berkebalikan dengan tujuan utama dari diet menurunkan berat badan itu sendiri, yang harus mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori terbatas.

Nah berbicara tentang sereal untuk diet, pernahkah Anda mendengar tentang diet sereal? Meskipun jarang dilakukan oleh masyarakat Indonesia, metode diet dengan mengganti sarapan dan makan siang dengan sereal dan juga susu ini cukup populer di luar negeri, loh.

Lantas apa itu diet sereal? Ketahui jawabannya pada pembahasan selanjutnya. 

Apa Itu Diet Sereal?

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, diet sereal ini dijalankan dengan cara mengonsumsi sereal dan susu untuk sarapan dan juga makan siang. Adapun untuk makan malam dan snack biasanya digantikan dengan makanan lainnya yang rendah kalori, seperti buah-buahan, sayuran, dan juga biji-bijian utuh. 

Nah diet sereal ini benar-benar dijalankan selama seminggu penuh hanya mengonsumsi sereal dan juga susu, serta makanan dengan jumlah 450 kalori maksimal untuk dikonsumsi pada waktu makan malam. Adapun untuk snack, Anda hanya diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan dengan total 100 kalori maksimal. 

Kelebihan Diet Sereal

Banyak dari mereka yang telah mencoba diet sereal ini mengaku berhasil dalam menurunkan berat badan. Hal ini tentu sudah tidak mengherankan lagi mengingat rendahnya kalori yang diperbolehkan untuk dikonsumsi selama 1 hari. Dalam hal ini, seseorang yang menjalankan diet ini hanya bisa mengonsumsi paling tidak 1200 sampai 1500 saja sehari-harinya.

Kelebihan lainnya dari metode diet yang satu ini akan datang apabila Anda mengganti sereal untuk diet ini dengan sereal gandum utuh. Dengan cara ini, maka asupan serat harian Anda akan tercukupi. Kandungan serat yang tinggi dalam gandum utuh ini akan menyehatkan sistem pencernaan Anda. 

Tidak hanya itu saja, karena rutin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran untuk makan malam, maka Anda juga akan merasakan banyak manfaat yang diberikan oleh buah-buahan yang Anda konsumsi tersebut. Pada akhirnya, kesehatan Anda secara keseluruhan akan meningkat.

Baca Juga: Ingin Menurunkan Berat Badan? Berikut Ini Rekomendasi Menu Diet Keto Yang Bisa Dicoba

Kekurangan Diet Sereal

Meskipun baik untuk menurunkan berat badan, diet sereal ini memiliki sejumlah kekurangan. Kekurangan ini berasal dari sifat metode diet sereal itu sendiri yang bersifat cukup ketat sehingga tidak akan cukup efektif untuk jangka panjang. Adapun kekurangan lainnya dari metode diet ini adalah:

  • Mengandung gula dalam jumlah yang tinggi. Diet sereal ini dapat meningkatkan konsumsi gula harian Anda, mengingat kebanyakan produk sereal memiliki kandungan gula dalam jumlah yang cukup tinggi. 

  • Mengurangi konsumsi protein dan lemak baik. Meskipun mengonsumsi kalori lebih rendah baik untuk menurunkan berat badan, namun diet sereal ini dapat memangkas konsumsi protein dan juga lemak baik. Kedua nutrisi ini sejatinya sangat penting dan dibutuhkan untuk kebutuhan menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

Rekomendasi Sereal Untuk Diet

Untuk dapat mengurangi risiko yang dapat ditimbulkan akibat mengonsumsi terlalu banyak gula saat menjalankan diet sereal, sebaiknya Anda lebih selektif lagi dalam memilih produk sereal untuk diet Anda. Berikut ini adalah beberapa alternatif sereal untuk diet yang dapat Anda coba.

  1. Quaker Instant Oatmeal

  2. Kalbe Entrasol Quick Start Cereal

  3. Hundred Seeds Granola Creations

  4. Chia-Yo Homemade Crunchy Cereal

  5. Kellogg’s Corn Flakes

  6. Nestle Honey Stars Cereal

  7. Havermout Haverjoy

  8. Chia-Yo Crunchy Cereal To Go

Itulah dia ulasan singkat mengenai diet sereal, kelebihan dan kekurangan dari metode diet tersebut, serta beberapa rekomendasi sereal untuk diet yang dapat Anda pilih. Selain mengonsumsi sereal, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, buah-buahan, sayuran, serta susu.

Apabila Anda mengonsumi makanan yang diproses, jangan lupa untuk memperhatikan informasi jumlah kalori dan makronutrien lainnya sesuai dengan kebutuhan harian tubuh Anda. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Olahraga atau Diet Untuk Turunkan Berat Badan?

 

Sumber:

1. Shoemaker, Savanna. 2019. Cereal Diet Review: Does It Work for Weight Loss?

2. Vann, Madeline R. 2019. The Best Breakfast Cereals for Weight Loss.

Bagikan artikel ini