Bantuan

Sedang Mencari Cara Mengobati Ambeien Secara Alami? Ini Dia Jawabannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Mar 2022

Bagikan

cara mengobati ambeien secara alami

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara mengobati ambeien secara alami? Memiliki ambeien tentunya tidak enak karena akan sulit untuk buang air besar bahkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Akan tetapi, mungkin masih banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana caranya. Oleh karena itu, di bawah ini akan dijelaskan berbagai cara mengobati ambeien yang bisa Anda lakukan. 

Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

Ambeien merupakan suatu kondisi di mana terdapat pembengkakan pada pembuluh darah vena yang berada di dekat anus. Banyak kondisi yang menyebabkan kondisi ini terjadi, di antaranya, yaitu duduk terlalu lama dan juga kurangnya asupan serat. Salah satu gejala yang muncul pada orang yang mengalami kondisi ini, yaitu gatal pada anus, nyeri hingga BAB berdarah. Untuk mengatasi kondisi ini, lakukan cara mengobati ambeien secara alami berikut ini. 

  1. Mengoleskan cuka apel

Cara mengobati ambeien secara alami yang bisa Anda lakukan pertama, yaitu dengan mengoleskan cuka apel pada anus. Cuka apel merupakan bahan alami yang digunakan untuk mengobati ambeien yang terbuat dari fermentasi apel. Berkat fermentasi ini, tercipta asam asetat yang dapat membantu mengecilkan jaringan di dekat anus. Tidak hanya itu, cuka apel juga dipercaya memiliki sifat antibakteri yang dapat mengurangi peradangan. Namun Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya karena dapat menyebabkan iritasi. 

  1. Mengoleskan lidah buaya

Selain cuka apel, Anda juga bisa menggunakan lidah buaya sebagai pengobatan alami ambeien. Hal ini karena lidah buaya memiliki sifat anti inflamasi serta memberikan sensasi dingin sehingga dalam melemaskan pembuluh darah yang sedang meregang. Tidak hanya itu, lidah buaya juga dipercaya dapat mencegah sembelit yang menjadi salah satu penyebab ambeien. Namun Anda perlu berhati-hati, karena mungkin pada beberapa orang akan menimbulkan reaksi alergi.

  1. Mengoleskan witch hazel

Apakah Anda pernah mendengar kata witch hazel? Yap, witch hazel lebih dikenal sebagai produk untuk toner, tetapi juga bisa digunakan untuk mengobati ambeien. Pasalnya, tanaman ini memiliki kandungan zat tanin yang bersifat anti bakteri dan juga anti peradangan. Berkat sifat-sifat tersebut, witch hazel ini dipercaya mampu mengurangi rasa gatal hingga rasa nyeri pada penderita ambeien. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan langsung ke anus. 

  1. Mengompres bagian anus

Tahukah Anda, ternyata kompres dingin juga bisa digunakan untuk mengobati ambeien. Efek dingin dari kompres ini akan membantu meredakan pembengkakan pada anus. Caranya, yaitu dengan membungkus es menggunakan kain atau handuk yang halus, lalu kompres anus selama 15 menit. Perhatikan, hindari menyentuhkan es batu langsung ke kulit anus karena dapat merusak dan membahayakan kulit. 

  1. Menggunakan minyak kepala

Cara mengobati ambeien secara alami yang bisa Anda lakukan selanjutnya, yaitu dengan menggunakan minyak kelapa. Pasalnya, minyak kelapa memiliki sifat anti peradangan yang mampu mengurangi peradangan dan juga pembengkakan. Tidak hanya itu, minyak kelapa juga memiliki efek pencahar yang dapat mencegah dan meredakan sembelit. Anda bisa menggunakan minyak kelapa ini dengan cara mencampurkannya dengan makanan ataupun mencampurkannya dengan witch hazel. 

  1. Menggunakan air hangat untuk berendam

Cara mengobati ambeien secara alami yang terakhir, yaitu dengan berendam di air hangat. Dengan berendam di air hangat, maka gejala yang muncul akibat ambeien dapat mereda. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengisi bak mandi dengan air hangat lalu berendam lah selama 20 menit.  Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda juga bisa menambahkan garam epsom ke dalam bak mandi tersebut. 

Nah, itulah dia beberapa cara mengobati ambeien secara alami yang bisa Anda coba. Perlu diperhatikan kembali, pengobatan alami ini aman dilakukan, tetapi tetap ada beberapa efek samping yang bisa muncul. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih tepat. 

Selain itu, tentunya Anda juga tentu tidak ingin mengalami hal ini bukan. Jadi, pastikan Anda menghindari berbagai penyebab ambeien seperti terlalu lama duduk ataupun kurangnya asupan serat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Waspadai, Berbagai Kebiasaan Buruk Ini Bisa Menjadi Penyebab Ambeien

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Cleveland Clinic. 2021. 5 Best and Worst Home Remedies for Your Hemorrhoids. https://health.clevelandclinic.org/5-best-and-worst-home-remedies-for-your-hemorrhoids/

Jewel, Tim & Ana Gotter. 2021. Hemorrhoids Home Remedies and OTC Treatment. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-hemorrhoids

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang