Bantuan

Sangat Mudah Diterapkan, Berikut Urutan Skincare untuk Kulit Kering!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Mar 2022

Bagikan

Urutan Skincare untuk Kulit Kering

Pemilihan urutan skincare untuk kulit kering menjadi sangat penting untuk Anda. Bagi Anda yang memiliki kulit wajah yang kering, maka pemilihan rangkaian skincare menjadi penting. Jika Anda salah memilih produk skincare, maka dapat menyebabkan kulit wajah yang semakin terkikis. Hal tersebut akan mengakibatkan kulit yang mengelupas, kusam, dan juga bersisik. Kulit wajah Anda menjadi kering jika lapisan terluar kehilangan kemampuan dalam menjaga kelembapan. Umumnya kulit kering terjadi karena penggunaan produk pembersih yang berbahan keras, cuaca kering, penyakit kulit, serta terkena paparan sinar matahari langsung.

Di mana seperti diketahui bahwa kulit harus memiliki kelembapan yang cukup supaya bisa berfungsi dengan optimal dan baik. Kulit wajah yang memiliki kelembapan cukup baik, maka akan lebih kuat, elastis, dan juga padat. Epidermis atau lapisan paling atas pun dapat melindungi jaringan kulit yang ada dibawahnya. Apabila kelembapan kulit kurang, maka kulit Anda akan mengalami dehidrasi sehingga kulit menjadi lebih kasar, bersisik, kemerahan, bahkan pecah-pecah. 

Urutan Skincare untuk Kulit Kering

Di bawah ini adalah langkah skincare untuk Anda yang memiliki kulit wajah kering.

  1. Menggunakan sabun pelembap

Untuk urutan skincare untuk kulit kering pertama, yakni menggunakan sabun yang memiliki kandungan pelembap. Hindari penggunaan sabun muka yang diperuntukkan untuk Ia yang mengalami masalah wajah berminyak. Di mana akan membuat kadar air dan kelembapan kulit wajah Anda semakin terkuras. Mencuci muka membuat kulit wajah menjadi lebih lembap dan bersih. Di mana kulit yang lembap akan membantu proses penyerapan di skincare yang akan kamu gunakan selanjutnya. Jika sudah, tunggu kurang lebih 15 menit sampai kulit setengah kering untuk penggunaan skincare selanjutnya.

  1. Menggunakan toner bebas alkohol

Apabila Anda mempunyai kulit wajah kering yang mana sangat mudah mengalami iritasi, maka Anda sebaiknya memilih toner dengan bahan dasar ait (non-alkohol). Dua bahan yang Anda perlukan dalam toner yang akan digunakan, yakni hyaluronic acid serta gliserin. Di mana kedua bahan ini dapat bantu melembapkan kulit wajah kering Anda. Penggunaan toner yang memiliki kandungan alkohol akan membuat kulit wajah adna mejadi kasar, terasa lebi ketat, dan mengelupas. 

  1. Memakai masker yang melembapkan kulit

Pada urutan skincare untuk kulit kering Anda juga bisa menggunakan masker. Beberapa jenis masker yang bisa Anda gunakan, yakni krim, sheet mask, peel off, masker buah, dan firming mask. Untuk masker peel off sendiri dapat bantu mengencangkan kulit serta melancarkan peredaran darah, sedangkan masker eksfoliasi dengan kandungan glycolic acid bisa mengangkat sel kulit mati serta menghilangkan keriput dan garis halus.

  1. Menggunakan serum

Dalam urutan skincare untuk kulit kering, serum menjadi penting guna melembapkan kulit wajah yang kering. Serum memiliki kandungan yang berbeda dengan pelembap, dimana serum dapat menembus ke lebih dalam lapisan kulit. Oleh karenanya, manfaat dari penggunaan serum pun lebih besar. Anda dapat memilih serum yang memiliki kandungan glycoic acid, hyaluronic acid, serta lactid acid. Pada jenis produk skincare tertentu mungkin Anda juga akan menemukan kandungan gel aloe vera. Gel aloe vera ini memiliki kemampuan untuk melembapbkan kulit wajah. 

Menggunakan pelembap

Ketika kulit masih setengah lembap, maka segera oleskan pelembap di kulit wajah Anda. Pada urutan skincare untuk kulit kering, Anda dapat memilih pelembap yang tidak memicu terjadinya alergi dan komedo. Untuk menenangkan kulit Anda dapat menggunakan pelembap yang tidak mengandung minyak serta hipoalergenik. Kedua bahan ini bisa menenangkan kulit wajah Anda, tanpa menyebabkan kulit menjadi jerawat. Beberapa pilihan kandungan yang bisa kamu gunakan, yakni minyak mineral, dimethicone, hyaluronic acid, dan lacitd acid. 

  1. Tabir surya

Sempurnakan urutan skincare untuk kulit kering dengan menggunakan tabir surya (sunscreen dan sunblock). Anda dapat mengoleskan tabir surya yang memiliki kandungan SPF 30 agar kulit wajah Anda terhindar dari kerusakan. Terutama jika Anda beraktivitas di luar rumah dan terus terkena sinar matahari langsung. 

Untuk Anda yang memiliki kulit wajar kering, maka menjadi penting untuk terus menjaga kelembapan kulit. Perhatikanlah label kemasan dari produk skincare yang kamu beri untuk melihat bahan-bahan yang terkandung didalamnya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mudah Lakukan Urutan Skincare untuk Kulit Berminyak Anda!

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/symptoms-causes/syc-20353885

https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/9-ways-to-banish-dry-skin

Clinical, cosmetic and investigational dermatology, 8, 455–461.

https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/tretinoin-topical-route/precautions/drg-20066521

https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/dermatologists-tips-relieve-dry-skin

Del Rosso, J. (2008).

What is the Role of Benzoyl Peroxide Cleansers in Acne Management?: Do they Decrease Propionibacterium acnes Counts? Do they Reduce Acne Lesions?

The Journal of clinical and aesthetic dermatology 1 (4), 48–51.

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang