Bantuan
Bantuan

Salah Satu Organ dalam Sistem Pernapasan, Ini Fungsi Trakea yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Jan 2022

Bagikan

Salah Satu Organ dalam Sistem Pernapasan, Ini Fungsi Trakea yang Perlu Anda Ketahui

Fungsi trakea sebagai bagian dalam sistem pernapasan manusia ternyata tidak hanya satu. Dalam hal ini, trakea memiliki beberapa fungsi yang telah menjadikannya salah satu bagian terpenting yang tidak bisa diabaikan demi menjaga agar proses pernapasan berlangsung dengan baik. 

Lantas apa saja fungsi trakea pada sistem pernapasan manusia tersebut? Nah sebelum membahas hal tersebut, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu sekilas mengenai trakea berikut ini. 

Apa itu trakea?

Trakea atau yang kerap juga disebut sebagai batang tenggorokan, merupakan sebuah tabung udara berukuran besar, yang mengarah dari kotak suara (laring) hingga ke bronkus (saluran udara ke paru-paru). Memiliki panjang 10 cm dan lebar sekitar 2,5 cm, trakea terdiri dari otot halus dan juga tulang rawan yang berbentuk seperti cincin bersifat fleksibel namun kuat. 

Trakea terletak pada bagian tengah leher dan pada semakin dekat ke bagian distal bergeser ke sebelah kanan. Sekitar sepertiga bagian dari trakea ini terletak di leher, namun sisanya terletak pada mediastinum. 

Fungsi trakea

Setelah mengetahui apa itu trakea maka selanjutnya Anda perlu mengetahui pentingnya fungsi trakea. Di bawah ini ada beberapa fungsi trakea yang perlu Anda ketahui. 

  1. Meneruskan udara menuju paru-paru

Fungsi trakea yang perlu Anda ketahui pertama, yaitu meneruskan udara menuju paru-paru. Bisa disebut juga trakea berfungsi sebagai penghubung udara yang pada saat bernapas dapat masuk hingga paru-paru. Pada saat udara  masuk, udara tersebut terlebih dahulu dihangatkan dan dilembapkan oleh trakea dan akhirnya masuk ke paru-paru. 

  1. Membantu sistem pencernaan

Walaupun merupakan salah satu organ pada sistem pernapasan, trakea juga berfungsi dalam membantu sistem pencernaan. Hal ini karena trakea dapat memberikan ruang yang lebih longgar agar tulang-tulang rawan pada kerongkongan menjadi lebih fleksibel. Kondisi ini akhirnya membuat proses menelan makanan menjadi jauh lebih mudah sehingga membantu jalannya sistem pencernaan. 

  1. Mencegah masuknya benda asing

Fungsi trakea yang perlu Anda ketahui selanjutnya, yaitu mencegah masuknya benda asing. Hal ini karena trakea memiliki lendir dan rambut-rambut kecil atau silia pada dindingnya. Lendir pada dinding trakea ini akan mencegah masuknya berbagai benda asing, seperti virus, bakteri, atau jamur. Sedangkan silia atau rambut-rambut kecil akan membawa benda asing ke atas menuju mulut. 

  1. Membantu batuk

Fungsi terakhir dari trakea yang perlu Anda ketahui yaitu membantu Anda batuk. Pasalnya pada saat batuk, otot-otot trakea akan berkontraksi dan mempersempit lumen trakea. Hal ini bertujuan untuk membuat udara dapat mengalir lebih cepat melalui trakea. Pada akhirnya pada saat batuk, lendir atau partikel lainnya dapat mudah dikeluarkan. 

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Fungsi Trakea yang Penting Bagi Sistem Pernapasan

Kelainan pada trakea

Setelah memahami fungsi trakea, selanjutnya Anda perlu mengetahui pula berbagai ancaman yang mungkin dapat terjadi pada trakea. Adapun beberapa gangguan medis yang mungkin pada terjadi pada trakea di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Penyempitan trakea

Siapa yang menyangka bahwa ternyata organ penting dalam sistem pernapasan manusia ini ternyata dapat mengalami penyempitan? Faktanya, penyempitan pada trakea sangat mungkin terjadi. Kondisi ini disebut sebagai stenosis trakea dan merupakan penyempitan yang disebabkan oleh adanya jaringan luka di dalam trakea. 

  1. Infeksi trakea

Disebut juga sebagai trakeitis, infeksi ini dapat mengganggu fungsi trakea, dan menimbulkan gejala yang tidak diinginkan seperti batuk, kesulitan bernapas, hingga demam. Infeksi ini terjadi akibat bakteri dan biasanya menyerang anak-anak.

  1. Penyumbatan trakea 

Selain penyempitan, trakea juga dapat mengalami penyumbatan, yang dalam hal ini disebabkan oleh adanya benda asing seperti makanan, benda, ataupun zat kimia. Penyumbatan trakea ini dapat menyebabkan aliran udara terhambat sehingga menyebabkan kesulitan bernapas.

  1. Trakeomalasia 

Penyebab terganggunya fungsi trakea lainnya adalah kondisi trakeomalasia yang membuat trakea menjadi sangat lunak sehingga dapat menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan bernapas. Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi akibat kebiasaan merokok ataupun karena merupakan kondisi dari lahir. 

Demikian informasi mengenai fungsi trakea sebagai salah satu organ dalam sistem pencernaan. Mengingat fungsi trakea yang begitu penting, pastikan Anda selalu menjaga kesehatannya, agar terhindar dari berbagai kelainan yang dapat mengganggu.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi
  1. Fletcher, Jenna. 2020. Trachea: Everything you need to know. https://www.medicalnewstoday.com/articles/trachea
  2. Hoffman, Matthew. 2021. The Trachea (Human Anatomy): Picture, Function. https://www.webmd.com/lung/picture-of-the-trachea
  3. Medline Plus. Tracheal Disorder. https://medlineplus.gov/trachealdisorders.html
  4. Eldridge, Lynne. 2020. The Anatomy of the Trachea. https://www.verywellhealth.com/trachea-function-and-conditions-and-diagram-2249207
Bagikan artikel ini