Sakit Pada Tenggorokan

17 Apr 2020 • Tips Kesehatan

Sakit tenggorokan merupakan kondisi yang bisa dialami semua orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Kebanyakan kasus sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus, dan kondisi ini bisa pulih sendiri dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain infeksi virus, sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, alergi, adanya tumor di tenggorokan atau penyakit refluks asam lambung.

Tidak Boleh Dibiarkan

Seperti disebutkan di atas, dalam kondisi normal sakit tenggorokan bisa hilang dalam waktu satu minggu. Anda bisa mempercepat proses penyembuhan dengan banyak mengkonsumsi air putih, dan buah-buahan, terutama yang mengandung vitamin C.

Selain itu, sakit tenggorokan bisa diatasi dengan menjaga pola makan, menghindari makanan pedas dan mengandung minyak, berhenti merokok, dan istirahat yang cukup.

Jika sudah lebih dari satu minggu namun sakit tenggorokan tidak kunjung membaik, Anda disarankan segera berkonsultasi dengan dokter atau petugas medis terkait. Pasalnya, sakit tenggorokan yang Anda alami bisa jadi gejala beberapa penyakit berikut ini:

  1. Tonsilitis, merupakan sakit tenggorokan yang disebabkan akibat peradangan yang terjadi pada amandel atau tonsil.
  2. Faringitis, disebabkan karena peradangan di saluran esofagus, yang menghubungkan hidung dan mulut dengan kerongkongan.
  3. Laringitis, yang merupakan peradangan yang terjadi di area laring atau pita suara.

Dalam beberapa kasus, sakit tenggorokan yang Anda derita butuh penanganan yang lebih serius. Pasalnya, bisa jadi kondisi tersebut merupakan gejala dari salah satu penyakit berikut ini:

  1. Infeksi mononukleosis, infeksi virus Epstein Barr yang ditandai dengan demam, sakit tenggorokan dan pembesaran kelenjar getah bening.
  2. Abses peritonsil, pembengkakan bernanah yang terjadi di antara langit-langit tenggorokan dan bagian belakang amandel.
  3. Epiglotitis, peradangan yang terjadi pada katup yang memisahkan saluran pencernaan dengan saluran pernapasan.

Untuk informasi lebih lanjut, segera periksakan diri ke dokter. Atau jika ingin lebih praktis, gunakan fasilitas aido health. Dengan aplikasi kesehatan Aido Health, Anda tidak perlu pergi ke rumah sakit atau klinik. Dokter akan segera datang ke rumah Anda untuk melakukan pemeriksaan, dan mengambil tindakan medis lebih lanjut.

Mencegah Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan sebagian besar disebabkan oleh gaya hidup yang buruk, atau bisa juga disebabkan oleh virus dan bakteri yang berada di sekitar kita. Untuk mencegah hal ini terjadi, tentu saja Anda harus melakukan perubahan gaya hidup ke arah yang lebih baik.

Berikut merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya sakit tenggorokan.

  1. Praktekan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Agar lebih maksimal, sebaiknya gunakan sabun antiseptik.
  2. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, terutama makanan tinggi vitamin C.
  3. Hindari merokok, konsumsi minuman keras dan cukup istirahat (tidak begadang).
  4. Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Hindari makanan yang mengandung minyak, minuman dingin atau makanan terlalu pedas.

Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta menerapkan gaya hidup sehat merupakan kunci utama pencegahan sakit tenggorokan. Semoga bermanfaat!