Bantuan

Raih Berat Badan Ideal dengan Rumus BMI Wanita dan Pria Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 31 Mar 2022

Bagikan

Rumus BMI

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, coba gunakan rumus BMI wanita untuk menghitung berat badan ideal Anda. Formula ini dijamin akurat untuk membantu Anda mendapatkan bentuk tubuh idaman. Apalagi bagi Anda yang memiliki masalah dengan obesitas, pasti rumusan BMI ini akan sangat bermanfaat buat Anda. 

BMI merupakan salah satu formula yang sering dipakai untuk menghitung massa tubuh dengan berat tubuh. Sebenarnya, formulasi ini juga sering dipakai oleh tenaga medis untuk membuat resep diet bagi orang-orang yang memiliki berat badan berlebih. Bila Anda termasuk salah satu orang yang mengalami obesitas, coba terapkan rumus ini. 

Rumus BMI untuk Mendapatkan Bentuk Tubuh Ideal 

Memiliki berat badan ideal tentu menjadi impian bagi banyak orang, terutama kaum hawa. Namun, untuk mencapai berat badan yang pas tentunya harus dimulai dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Tanpa menerapkan gaya hidup sehat, mustahil untuk mendapatkan berat badan yang ideal. 

Untuk memperoleh berat badan ideal, mulailah dari mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk Anda. Pola makan dengan nutrisi yang seimbang adalah kunci utamanya. Oleh sebab itu, agar cepat mencapai berat badan yang Anda idamkan ini, coba terapkan dengan memakai rumus BMI seperti berikut: 

1. Ukur Berat dan Tinggi Badan 

Sebelum sampai ke tahap menghitung berat badan ideal Anda menggunakan rumus BMI wanita, coba cari tahu dulu ukuran berat dan tinggi badan Anda sekarang. Pengukuran berat badan ini bisa dilakukan dengan memakai alat timbangan. Sedangkan untuk mengukur tinggi badan bisa menggunakan alat stadiometer. 

Bagi yang tidak punya alat-alat tersebut, Anda tetap bisa melakukan pengukuran dengan cara yang gampang dan gratis. Kunjungi saja puskesmas atau rumah sakit daerah setempat. Lalu, gunakan fasilitas alat pengukuran yang tersedia untuk mengukur berat dan tinggi badan Anda. 

2. Ubah Satuan Berat Badan 

Dalam setiap pengukuran pasti memiliki satuan yang berfungsi sebagai acuan untuk melakukan pengukuran. Dalam hal mengukur berat badan, satuan yang dipakai adalah kilogram. Oleh sebab itu, jika hasil pengukuran yang Anda peroleh sebelumnya tidak dalam bentuk kilogram, segera konversikan satuan tersebut agar mudah dihitung. 

Misalnya saja, ukuran berat badan Anda adalah 132 pons. Ubahlah satuan pons ini ke bentuk satuan kilogram. Begini cara menghitungnya: 

Berat badan dalam satuan pons ÷ 2.2 = berat badan Anda dalam satuan kilogram.  Contoh riilnya adalah 132 pons ÷ 2.2 = 60 kilogram. 

3. Ubah Satuan Tinggi Badan 

Menghitung rumus BMI wanita tidak hanya cukup sampai disitu, Anda juga perlu mengukur tinggi badan Anda untuk mendapatkan hasil yang ideal. Satuan yang dipakai saat mengukur tinggi badan harus berbentuk satuan meter. Bila ukuran tingginya tidak memakai meter, segera lakukan konversi satuan. 

Cara mengonversi satuan inci ke meter bisa dihitung dengan rumusan sederhana. Misalnya tinggi badan Anda adalah 65 inci. Maka, ubahlah satuan tersebut dengan rumus 65 inci ÷ 39,37 = 1,65 meter. Itulah ukuran tinggi badan Anda. 

4. Hitung Indeks Massa Tubuh

Setelah Anda mendapatkan ukuran berat badan dan tinggi badan yang sesuai dengan satuan pengukuran BMI, maka silahkan berlanjut ke tahap berikutnya. Di tahap yang terakhir, Anda akan menghitung indeks massa tubuh. 

Dalam BMI, hasil perhitungan indeks massa tubuh ini akan dipakai untuk mengategorikan status berat badan yang dimiliki orang-orang. Ada 3 macam kategori yang dipakai di BMI, yaitu kategori healthy weight, overweight, dan obese. 

Untuk mencari tahu status kategori berat badan Anda, maka hitunglah indeks massa tubuh Anda terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menghitung ukuran berat badan Anda ÷ ukuran tinggi badan Anda × tinggi badan Anda = BMI. Contohnya, 60 kg ÷ 1,65 meter × 1,65 meter = 22,03. Itulah ukuran BMI Anda. 

Demikianlah rumus BMI wanita dan pria yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh bentuk dan berat badan ideal. Coba terapkan rumus BMI di atas secara berkala, dan Anda akan mendapatkan hasilnya dalam jangka waktu cepat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apakah Benar Air Es Menurunkan Berat Badan? Simak Jawabannya di Sini

Referensi

Kirby, Jane. 2016. How to Figure Your Body Mass Index. https://www.dummies.com/article/body-mind-spirit/physical-health-well-being/diet-nutrition/general-diet-nutrition/how-to-figure-your-body-mass-index-202183 

Lemond, Angela. 2020. What Is BMI? Here’s Everything You Need to Know, Including How to Calculate Yours and Why the Formula Is Flawed. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/bmi/ 

Hartley, Simon. The BMI Formula. https://www.whathealth.com/bmi/formula.html 

Bagikan artikel ini