Bantuan
Free Tele x

Ragam Obat Sariawan Alami yang Berkhasiat dan Mudah Ditemukan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Dec 2021

Bagikan

7 Obat Sariawan Alami yang Mudah Dilakukan

Apakah Anda tahu apa saja obat sariawan alami? Sariawan itu sendiri merupakan suatu kondisi di mana terjadi kelainan pada selaput lendir di dalam mulut berupa luka.  Kondisi ini akan menimbulkan rasa perih sehingga membuat penderitanya sulit makan. Oleh karena itu, penderita sariawan umumnya ingin segera mengobatinya.

Baca Juga: Mari Ketahui Berbagai Penyebab Sariawan dan Cara Mengatasinya

Obat Sariawan Alami 

Lalu apa saja obat sariawan alami tersebut? Anda tidak perlu khawatir karena di bawah ini akan dijelaskan beberapa obat sariawan alami. Bagi Anda yang ingin mengetahuinya maka simak terus penjelasan di bawah ini. 

  1. Madu

Obat sariawan yang dapat Anda gunakan pertama, yaitu madu. Pasalnya, di dalam madu terdapat sifat antibakteri dan antiinflamasi. Tidak hanya itu, dalam sebuah penelitian juga disebutkan bahwa madu efektif dalam mengurangi nyeri dan kemerahan yang disebabkan oleh sariawan. Cara menggunakannya, yaitu dengan mengoleskan madu secara langsung pada lokasi sariawan. Lakukan cara ini sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari. Selain itu, sebaiknya madu yang digunakan merupakan madu murni. 

  1. Larutan  Garam

Larutan garam merupakan obat alami untuk mengatasi sariawan yang selanjutnya. Pasalnya, berkumur air garam dapat mengurangi peradangan, meredakan nyeri serta mempercepat proses penyembuhan gusi, bibir dan area yang mengalami sariawan. Cara menggunakannya, yaitu dengan melarutkan 1 sendok teh garam ke dalam ¼ gelas air hangat. Setelah itu gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama 15 hingga 30 detik. 

Baca Juga: Jangan Panik, Berikut Ini Ciri-Ciri Sariawan Akan Sembuh

  1. Kantong Teh Bekas

Tahukah Anda, ternyata kantong teh bekas bisa menjadi obat sariawan yang alami, terutama teh chamomile. Pasalnya, teh chamomile memiliki kandungan antiseptik dan antiinflamasi yang dapat mengatasi berbagai gangguan pada mulut. Cara menggunakan pun cukup mudah. Pertama-tama siapkan kantong teh bekas, apabila tidak ada silakan seduh terlebih dahulu. Setelah itu, tempelkan kantong teh bekas langsung ke area sariawan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka lakukan cara ini sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari. 

  1. Minyak Kelapa

Obat sariawan alami yang selanjutnya, yaitu minyak kelapa. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa minyak kelapa memiliki efek antibakteri yang dapat menyembuhkan sariawan yang disebabkan oleh bakteri. Tidak hanya itu, minyak kelapa juga memiliki kandungan antiinflamasi yang mampu mengurangi nyeri dan  juga kemerahan  yang disebabkan oleh sariawan. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa langsung ke area sariawan menggunakan cotton bud

  1. Lidah Buaya

Mungkin banyak dari Anda yang mengetahui lidah buaya bermanfaat pada kesuburan rambut, tetapi ternyata lidah buaya juga dapat mengatasi sariawan. Manfaat ini berasal dari kandungan antiinflamasi yang dapat meringankan rasa sakit serta menutup luka sariawan dengan cepat. Cara menggunakannya, yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya secara langsung ke area sariawan. Namun setelah itu Anda perlu berkumur dengan air hangat setelah mendiamkannya selama 20 menit. 

  1. Sayur dan Buah

Obat sariawan yang alami selanjutnya, yaitu sayur dan buah. Pasalnya, untuk menyembuhkan sariawan diperlukan beberapa nutrisi seperti vitamin B, vitamin C, zat besi, dan juga zinc. Berbagai nutrisi tersebut dapat Anda peroleh dari mengonsumsi sayur dan buah. Beberapa buah yang baik untuk Anda konsumsi, yaitu lemon, pepaya, semangka, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: Ini Cara Mengobati Sariawan agar Cepat Sembuh

  1. Es Batu

Obat sariawan alami yang terakhir ini merupakan obat yang paling mudah ditemukan. Es batu dapat mengatasi rasa sakit, peradangan dan juga pembengkakan yang disebabkan  oleh sariawan. Cara yang bisa Anda lakukan, yaitu mengulum es batu di dalam mulut hingga mencair. Akan  tetapi hindari sariawan bersentuhan dengan es batu secara langsung karena dapat memperburuk sariawan. Cara lain yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan membungkus es batu menggunakan akin lembut lalu tempelkan pada sariawan secara perlahan. 

Demikianlah beberapa informasi mengenai obat sariawan alami yang bisa Anda gunakan. Apabila sariawan yang Anda alami tidak kunjung sembuh meskipun sudah menggunakan obat sariawan alami maka segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, sariawan yang muncul berulang-ulang bahkan berlangsung lama, juga sebaiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:
McDermoot, Annette. 2019. 16 Ways to Get Rid of Canker Sores.

McDermoot, Annette. 2019. Home Remedies for Yeast Infections.

Leonard, Jayne. 2020. How to get rid of a yeast infection.

 

Bagikan artikel ini