Bantuan
Free Tele x

Ragam Obat Batuk Kering yang Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Dec 2021

Bagikan

Mudah Ditemukan, Ini 7 Obat Batuk Kering dari Bahan Alami

Sudahkah Anda tahu apa saja obat batuk kering yang mengganggu? Batuk kering pada umumnya akan membuat penderitanya merasakan gatal pada tenggorokan sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Oleh karena itu, banyak penderita batuk kering akan berusaha segera mencari obat untuk mengatasi masalah yang sedang dialami.

 Mungkin banyak dari Anda yang berpikir bahwa batuk kering harus di obati dengan  obat-obatan medis. Akan tetapi, beberapa bahan alami yang mudah di dapatkan juga dapat digunakan untuk mengobati batu kering.

Baca Juga: Batuk Tidak Bisa Sembuh? Cobalah Obat Batuk Natural Ini!

Ragam Obat Batuk Kering Alami

Lalu apa saja obat batuk kering alami tersebut? Simak terus penjelasan di bawah ini untuk menemukan jawabannya. 

  1. Air Garam

Obat batu kering yang bisa Anda gunakan pertama, yaitu air garam. Pasalnya air garam dapat mencegah tumbuhnya bakteri yang dapat menginfeksi tenggorokan. Tidak hanya itu, air garam juga dapat mengencerkan dahak yang menggumpal sehingga batu menjadi lebih reda. Cara menggunakannya, yaitu dengan cara melarutkan ½ sendok teh garam ke dalam 250 ml  air hangat. Setelah itu aduklah hingga larut dan gunakan untuk berkumur. 

  1. Jahe

Bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai obat kering selanjutnya, yaitu jahe. Pasalnya jahe memiliki kandungan antivirus dan antibakteri yang dapat meningkatkan sistem imun dalam melawan infeksi saluran pernapasan. Tidak hanya itu, jahe juga merupakan zat analgesik yang alami sehingga dapat memberikan efek hangat pada tubuh. Sensasi hangat ini dapat mengencerkan dahak yang ada di saluran pernapasan. 

Baca Juga: Bagaimanakah Etika Batuk Yang Benar?

  1. Madu

Sudah sejak zaman dahulu madu dikenal sebagai obat alami dengan berbagai macam manfaat, salah satunya yaitu mengobati batuk. Dalam sebuah penelitian dibuktikan bahwa madu efektif dalam menyembuhkan batuk apabila dikonsumsi secara rutin. Hal ini berkat kandungan zat analgesik yang dapat menghentikan infeksi pada penyakit yang menyebabkan batuk kering. Cara menggunakannya, yaitu mengkonsumsinya secara langsung saat perut dalam keadaan kosong. 

  1. Kunyit

Tidak hanya berguna sebagai bumbu makanan, ternyata kunyit juga berguna dalam mengobati batuk kering. Di dalam kunyit terdapat kandungan curcumin yang bersifat antiradang yang sama kuatnya dengan obat yang memiliki zat antiradang. Zat ini berperan dalam melawan partikel asing yang menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan. Cara menggunakan kunyit untuk obat batuk, yaitu dengan mencampurkan kunyit yang telah dihancurkan ke dalam satu gelas susu panas. 

  1. Kayu Putih

Obat batuk kering alami yang selanjutnya, yaitu kayu putih. Dalam hal ini Anda cukup menggunakan minyak esensial kayu putih saja. Cara menggunakannya, yaitu menambahkan minyak esensial kayu putih ke dalam inhaler atau diffuser. Cara lainnya, yaitu dengan menambahkan beberapa tetes minyak esensial kayu putih pada air panas lalu hiruplah uap panasnya. Cara kerja kayu putih dalam mengatasi batuk kering, yaitu sebagai dekogestan. 

  1. Air hangat

Air hangat merupakan salah satu obat batuk kering yang penting untuk Anda. Dengan minum air hangat maka rasa gatal pada tenggorokan akan hilang. Tidak hanya itu, air hangat juga dapat membuat selaput lendir tetap lembap. Pada akhirnya air hangat dapat membuat tenggorokan menjadi lebih lega. Oleh karena itu, ketika Anda mengalami batuk kering ataupun masalah pada tenggorokan maka minumlah air yang banyak terutama air hangat karena dapat membasmi berbagai bakteri pada tenggorokan. 

Baca Juga: Perlukah Menggunakan Obat Batuk?

  1. Lemon

Obat batuk kering alami yang bisa Anda gunakan terakhir, yaitu lemon. Hal ini karena lemon dapat mengurangi peradangan yang terjadi di bagian tenggorokan. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C dalam lemon juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan infeksi kuman termauk infeksi yang disebabkan oleh bakteri penyebab batuk. Cara menggunakan, yaitu dengan mencampurkan satu sendok teh madu dengan satu sendok teh perasan kemon.

Demikianlah beberapa informasi mengenai berbagai obat batuk kering alami yang bisa Anda gunakan. Perlu diperhatikan, apabila batuk kering yang Anda alami berlangsung dalam jangka waktu yang lama bahkan lebih dari 2 bulan maka sebaiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

Whelan, Corey. 2019. 13 Home Remedies for a Dry Cough.

Cleveland Clinic. Common Cold.

Leonard, Debra.  2020. What can I do to make my cough go away?

 

Bagikan artikel ini