Bantuan

Ragam Manfaat Face Mist yang Belum Banyak Diketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Mar 2022

Bagikan

face mist

Pernahkah Anda mendengar mengenai face mist? Bagi Anda yang sering menggunakan produk skincare mungkin sudah tidak asing lagi di telinganya. Pasalnya face mist merupakan salah satu produk skincare dalam bentuk spray atau semprotan.

Lalu apa sebenarnya manfaat dari face mist ini? Bagi Anda yang masih belum familiar dengan produk ini wajib menyimak penjelasan di bawah ini. Pasalnya, di bawah ini akan dijelaskan berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan face mist ini. 

Manfaat Face Mist

Produk face mist pada dasarnya merupakan cairan, tetapi bukan sembarang cairan. Cairan yang digunakan merupakan cairan khusus yang mampu mengunci kelembapan kulit. Namun manfaat yang bisa didapatkan dari face mist tidak berhenti di situ saja. Berikut ini akan dijelaskan berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan face mist ini. 

  1. Membuat kulit menjadi lembap

Seperti yang disebutkan sebelumnya, cairan face mist ini mampu membuat kulit menjadi lebih lembap. Hal ini juga telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa face mist efektif dalam menghidrasi lapisan terluar kulit, terutama pada cuaca dingin. Jadi, produk ini cocok digunakan oleh Anda yang sering beraktivitas di dalam ruangan ber-AC yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering. 

  1. Mengurangi tanda-tanda kulit sensitif

Bagi pemilik kulit sensitif, terkadang akan merasakan beberapa tanda-tanda kulit sensitif berupa gatal dan kemerahan. Namun kondisi ini bisa diatasi dengan cara menggunakan face mist. Hal ini karena face mist memiliki kandungan anti peradangan yang dapat melembapkan kulit. Akan tetapi perlu diperhatikan, pastikan Anda memiliki produk face mist yang bebas alkohol dan parfum.  

  1. Mencegah jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering dihadapi oleh banyak orang, terutama wanita. Kondisi ini bisa mengganggu penampilan sehingga mengurangi kepercayaan diri. Namun Anda bisa mencegah munculnya jerawat dengan cara menyemprotkan face mist ke wajah. Namun, pastikan Anda memilih face mist yang memiliki kandungan asam salisilat, betaine salisilat, atau air kulit pohon willow. 

  1. Menyerap minyak berlebih

Produksi minyak berlebih terkadang menjadi masalah pada beberapa orang dan juga bisa memicu munculnya jerawat. Akan tetapi, masalah ini bisa Anda atasi dengan menggunakan face mist. Namun, saat memilih produk face mist pastikan pilih produk dengan kandungan mineral alami atau silika. Kandungan ini berfungsi untuk menyerap minyak alami yang berlebih diproduksi. 

  1. Membantu penyerapan skincare

Dengan manfaatnya yang mampu melembapkan kulit, face mist ini sangat cocok digunakan sebelum Anda mengaplikasikan skincare. Pasalnya, kulit yang lembap sangat mudah menyerap berbagai produk skincare dengan cepat. Dengan begitu, berbagai produk yang Anda gunakan dapat bekerja secara optimal. 

  1. Membuat kulit lebih segar

Manfaat face mist yang selanjutnya, yaitu mampu membuat kulit menjadi lebih segar. Hanya dengan menyemprotkan face mist ke wajah, maka kulit wajah akan kembali segar. Hal ini berkat manfaat melembapkan yang diberikan oleh cairan face mist ini. Jadi, bagi Anda yang sedang malas untuk merias kembali wajah, maka produk ini bisa menjadi penyelamat. 

  1. Membuat make-up terlihat lebih natural

Tentunya saat menggunakan make-up ingin tampak lebih natural. Hal itulah yang membuat banyak orang menyelesaikan riasannya dengan menggunakan bedak translucent. Akan tetapi, cara ini dapat membuat kulit menjadi kering dan cenderung tidak natural. Namun Anda bisa mengatasinya dengan cara menyemprotkan face mist

Mungkin cukup sekian penjelasan mengenai berbagai manfaat dari face mist yang bisa Anda dapatkan. Mengingat setiap produk mungkin saja tidak cocok untuk semua orang, maka jika Anda merasakan gejala yang tidak biasa setelah menggunakan produk ini sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. 

Selain itu, ada banyak produk face mist dengan kandungan yang berbeda-beda. Jadi, untuk mencocokkan dengan kondisi kulit yang Anda miliki, sebaiknya pahami terlebih dahulu berbagai kandungan yang ada di dalam produk face mist. Sebagai contoh, untuk jenis kulit kering sebaiknya pilih face mist dengan kandungan hyaluronic acid dan squalene. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai hal ini di artikel lainnya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apakah Face oil Penting untuk Kulit Wajah? Ketahui Berbagai Manfaatnya di Sini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Villet, Michelle  2019. What Is Face mist: How It Can Help Your Skin and Makeup, Plus the 13 Different Ways You Can Use One. https://theskincareedit.com/what-is-face-mist

Gifford, Maria. 2022. A Good Facial Mist Does So Much More Than You’d Think. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/best-facial-mist#best-facial-mists

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang