Pusing Tidak Tertahankan, Ini Obat Vertigo yang Bisa Anda Coba

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Sep 2021

Bagikan

Pusing Tidak Tertahankan, Ini Obat Vertigo yang Bisa Anda Coba

Bagi seorang dengan kondisi vertigo, mengetahui obat vertigo yang ampuh merupakan suatu hal yang penting. Hal ini karena vertigo merupakan suatu kondisi yang sangat mengganggu dan bahkan membuat penderitanya kesulitan dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Apabila Anda termasuk salah satunya, tidak perlu khawatir karena ada berbagai macam obat vertigo yang bisa Anda coba. Bahkan, obat-obat yang akan dijelaskan ini sangatlah mudah ditemukan sehingga tidak akan membuat Anda kerepotan. Untuk itu, langsung saja kita bahas beberapa obat vertigo yang bisa Anda coba.

  1. Air putih

Jika Anda mengalami vertigo secara tiba-tiba, air putih adalah salah satu pertolongan pertama yang perlu dipenuhi. Mengapa demikian? Hal ini karena kondisi tubuh yang dehidrasi atau kekurangan cairan, dapat menjadi penyebab timbulnya gejala vertigo itu sendiri. Dalam hal ini, saat tubuh kekurangan cairan tekanan darah akan semakin menurun, yang akan menyebabkan tidak sampainya darah ke otak sehingga memicu vertigo. Untuk itu, mencukupi kebutuhan cairan dengan konsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari, dalam hal ini juga dapat menjadi salah satu tindakan pencegahan yang cukup efektif demi menghindari kambuhnya vertigo.

  1. Ginkgo biloba

Tanaman yang satu ini mungkin tidak begitu familier bagi para masyarakat Indonesia. Hal ini wajar saja, karena ginkgo biloba merupakan tanaman herbal yang berasal dari Tiongkok. Ginkgo biloba dalam hal ini sudah sangat sering digunakan dalam mengatasi berbagai macam gangguan saraf, termasuk gangguan vertigo. Bahkan, tanaman ini disebut-sebut dapat memperlancar peredaran darah pada otak dan juga telinga bagian dalam, yang dalam hal ini dapat meredakan gangguan kesimbangan serta rasa pusing tidak tertahankan yang disebabkan oleh vertigo.

  1. Teh jahe

Selain air putih, minuman berikutnya yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasi vertigo adalah teh jahe. Anda tentu sudah sangat familier dengan rempah sekaligus obat herbal yang satu ini. Nah, teh jahe itu sendiri ternyata dapat menjadi obat vertigo tradisional yang mengurangi efek atau gejala yang dirasakan ketika vertigo kambuh. Dalam hal ini, jahe bahkan dinilai lebih efektif dalam meredakan gejala vertigo dibandingkan terapi manuver Epley. Untuk itu, cobalah konsumsi teh jahe yang telah direbus selama 5 menit lamanya ini, demi mengatasi vertigo.

  1. Menggunakan essential oil

Penggunaan essential oil atau minyak esensial belakangan ini tengah populer dan banyak diminati. Nah, berkaitan dengan hal ini, essential oil ternyata dapat digunakan untuk meredakan gejala ketika vertigo kambuh. Adapun jenis essential oil yang bisa Anda coba dalam hal ini adalah varian lavender ataupun chamomile yang terkenal karena kemampuan meredakan stresnya. Gunakan essential oil ini pada bagian dahi, belakang leher, dan juga pelipis sambil dipijat dengan perlahan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya dengan diffuser ketika beristirahat dalam kamar. 

  1. Lemon balm

Obat vertigo berikutnya yang bisa Anda coba adalah lemon balm, yang masih merupakan bagian dari keluarga mint, namun memiliki aroma lemon. Kandungan sedative, nervine, antispasmodic, hingga carminative yang terdapat pada lemon balm ini dipercaya sangat efektif dalam meredakan gejala ketika vertigo kambuh. Bahkan, menurut beberapa penelitian, lemon basil ini juga dapat meredakan gejala gangguan kecemasan hingga membuat sistem saraf lebih tenang. Pada akhirnya, gejala vertigo seperti sakit perut dan mual serta muntah, dapat diatasi dengan baik.

Demikianlah penjelasan mengenai obat vertigo yang bisa Anda coba. Selain obat-obatan tersebut, Anda juga bisa mencoba terapi manuver Epley demi mengatasi vertigo. Terapi ini adalah jenis terapi sederhana yang bisa dilakukan di rumah secara mandiri. Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih mendalam mengenai bagaimana cara melakukannya dengan baik dan benar, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter yang sudah ahlinya dalam hal ini. 

Pada akhirnya, Anda perlu memahami bahwa gangguan vertigo sejatinya tidak dapat dihilangkan secara permanen. Meskipun begitu, Anda dapat mengonsumsi beberapa obat-obatan di atas untuk meredakan gejalanya ketika vertigo itu kambuh. Selain itu, jangan lupa pula untuk membiasakan pola hidup sehat dengan rutin olahraga, konsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan menghindari hal-hal yang dapat memicu gangguan vertigo.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Tepat Atasi Vertigo dan Gejala Pusing


Sumber:

Wilson, Debra Rose. 2020. What are the home remedies for vertigo. 

D’Costa, Annabelle. 2017. Five foods that help treat the symptoms of vertigo.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi