Bantuan
Free Tele x

Positif COVID-19? Telemedicine Bisa Bantu Pasien Saat Isoman

Ditinjau oleh dr. Juliana Ng • 15 Jul 2022

Bagikan

Positif COVID-19? Telemedicine Bisa Bantu Pasien Saat Isoman

Anda mengalami gejala COVID-19 dan memiliki hasil PCR yang positif? Bagaimana cara untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) dan mendapatkan akses obat-obatan? Aido Health siap membantu Anda.

Aido Health hadir sebagai platform telemedicine yang membantu Anda untuk memantau gejala, menilai keparahan dan mendapatkan resep obat dari dokter, semua dilakukan dengan mudah dari rumah Anda.

Kenali gejala COVID-19 sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pemeriksaan laboratorium. Gejala dapat muncul 2-14 hari setelah terpapar virus Corona. Gejala mirip dengan gejala varian lainnya COVID-19, yaitu:

  • Demam atau kedinginan (demam meriang).

  • Batuk.

  • Sesak napas atau kesulitan bernapas.

  • Kelelahan.

  • Nyeri otot atau tubuh.

  • Sakit kepala.

  • Hilangnya rasa atau bau baru.

  • Sakit tenggorokan.

  • Hidung tersumbat atau pilek.

  • Mual atau muntah.

  • Diare.

Baca juga: Kenali Gejala Omicron Subvarian BA.4 & BA.5 

 

Bagi Anda yang ingin berkonsultasi mengenai kecurigaan COVID-19, Anda dapat mengakses web aido.id atau mengunduh aplikasi Aido Health, kemudian Anda dapat meng-klik tombol Siaga Covid Aido dan memilih jadwal untuk berkonsultasi dengan dokter kami.

 

Pemeriksaan Laboratorium

Bila Anda dicurigai terinfeksi COVID-19, Anda dapat melakukan pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) atau swab antigen di laboratorium yang terafiliasi Kementrian Kesehatan (Kemenkes). Apabila hasil positif maka status Peduli Lindungi Anda otomatis berubah menjadi hitam, dan Anda akan mendapatkan pesan dari Kemenkes melalui WhatsApp.

Pesan WhatsApp dari Kemenkes akan mengarahkan Anda untuk melakukan telekonsultasi di platform telemedicine untuk mendapatkan resep obat COVID-19. Setelah memilih Aido Health sebagai platform telemedicine, Anda akan dihubungkan dengan Tim Aido Support untuk menjadwalkan telekonsultasi dengan dokter kami.

Jika Anda hanya memiliki hasil swab antigen mandiri dengan rapid test kit mandiri yang positif, Anda dianjurkan untuk melakukan PCR atau antigen di laboratorium agar dapat terdaftar ke dalam data Kemenkes. Aido Health juga dapat memfasilitasi pemeriksaan PCR dan antigen di rumah dengan fitur homecare untuk Anda yang berada di wilayah Jabodetabek. 

 

Mendapatkan Obat

Resep obat yang Anda dapatkan setelah melakukan telekonsul dapat ditebus dengan dua cara: 

  • Paket obat gratis dari Kemenkes bagi Anda yang sudah mendapatkan pesan WhatsApp dari Kemenkes, atau belum mendapatkan pesan tetapi sudah terdaftar di situs Kemenkes sebagai penderita COVID-19.

  • Paket obat berbayar bagi Anda yang tidak terdaftar di situs Kemenkes, atau hanya melakukan rapid test mandiri (bukan di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes).

 

Syarat-syarat untuk mendapatkan paket obat Kemenkes agar dapat melakukan isoman:

  • Memiliki hasil PCR atau antigen positif dari laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes

  • Mendapatkan pesan WhatsApp dari Kemenkes untuk mendapatkan resep atau melakukan pengecekan NIK di situs Kemenkes

  • Melakukan telekonsultasi dan mendapatkan resep

Bila Anda hanya melakukan pemeriksaan antigen rapid test kit di rumah dan tidak melakukan pemeriksaan antigen atau PCR di laboratorium, maka Anda tidak bisa mendapatkan paket obat Kemenkes. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa membeli obat di apotek mitra kami secara mandiri.

Tim Aido Support dapat membantu Anda untuk memesan obat, baik obat gratis maupun obat berbayar. Caranya cukup mudah, unduh aplikasi Aido Health, kemudian klik tombol Tebus Resep. Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu obat sampai ke rumah Anda.

Berikut ringkasan langkah yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan paket obat dari Kemenkes:

  1. Mendapatkan hasil PCR atau antigen positif (dilakukan di laboratorium atau fasilitas homecare yang terafiliasi dengan Kemenkes)

  2. Menunggu pesan WhatsApp dari Kemenkes atau melakukan pengecekan melalui situs kemenkes

  3. Memilih Aido Health sebagai platform telemedicine Anda

  4. Menghubungi Aido Support untuk menjadwalkan telekonsul

  5. Melakukan telekonsultasi dengan dokter Aido Health

  6. Mendapatkan resep pada akhir telekonsultasi

  7. Tim Aido Support akan menghubungi Anda untuk menawarkan pilihan obat:

  •  Paket obat Kemenkes (gratis)

  •  Paket obat berbayar (generik & paten)

  1. Menunggu obat sampai ke rumah.

Demikian langkah untuk mendapatkan obat bila Anda terinfeksi COVID-19. Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda dapat menghubungi Aido Support melalui WhatsApp di 0811-8481-436 atau e-mail kami di [email protected]. Unduh aplikasi Aido Health di Google Play Store atau App Store untuk mengetahui layanan kami.

Tag :
Bagikan artikel ini