Bantuan

Populer di Kalangan Health Influencer, Berikut Ini Beberapa Manfaat Garam Himalaya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Nov 2021

Bagikan

9 Manfaat Garam Himalaya Untuk Kesehatan & Kecantikan

Manfaat garam himalaya sangat populer dikalangan health maupun beauty influencer. Bagi health influencer dan orang-orang yang fokus pada kesehatan maupun kecantikan, sepertinya garam himalaya sudah bukan hal yang asing atau baru lagi bagi mereka.

Garam himalaya merupakan garam murni yang diperoleh dari kaki gunung himalaya. Manfaat garam himalaya sangat banyak diantaranya untuk kesehatan maupun kecantikan. Manfaat garam himalaya saat ini sedang dieluh-eluhkan oleh banyak orang.

Lantas apa saja manfaat garam himalaya? Untuk menemukan jawabanya, Anda perlu menyimak terus penjelasan di bawah ini. 

Manfaat Garam Himalaya Untuk Kesehatan

  1. Mengurangi Tekanan Darah

Manfaat pertama dari garam himalaya adalah dapat mengurangi tekanan darah. Beberapa kandungan yang terdapat dalam garam ini ternyata sangat ampuh mengurangi tekanan darah.

Berbeda dengan garam pada umumnya yang justru apabila dikonsumsi terlalu banyak maka akan memicu naiknya tekanan darah. Garam dapur sendiri memiliki 2.300 mg per sendok makan, sedangkan garam himalaya hanya mengandung 420 mg.

  1. Mengurangi Kram Otot

Selanjutnya dapat mengurangi kram otot. Pernahkah Anda mengalami kram otot? Biasanya jika terjadi kram otot maka Anda akan disarankan agar mengonsumsi buah pisang.

Hal ini karena pisang mengandung magnesium yang dapat menyeimbangkan elektrolit tubuh. Garam himalaya memiliki beberapa kandungan elektrolit seperti sodium, kalsium dan potassium yang dapat mengurangi kram otot.

  1. Membantu Sistem Pernapasan

Garam himalaya memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah dapat membantu sistem pernapasan. Garam himalaya mengandung antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu penyembuhan sistem pernapasan seperti bronkitis dan gangguan pernapasan lainnya.

  1. Menjaga Keseimbangan pH Tubuh

Selanjutnya manfaat dari garam himalaya adalah dapat menjaga keseimbangan pH tubuh. Menjaga keseimbangan pH tubuh sangatlah penting karena jika pH tubuh tidak seimbang maka akan menyebabkan masalah kesehatan. Masalah kesehatan yang dapat terjadi seperti kenaikan berat badan hingga yang paling parah adalah kerusakan organ ginjal.

  1. Mengatasi Masalah Insomnia

Insomnia merupakan masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Jika dibiarkan insomnia akan menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Menurut penelitian pada tahun 1980 bahwa kekurangan sodium yaitu dibawah 500 mg per hari dapat menjadi pemicu insomnia dimalam hari. Namun hal ini bukan berarti boleh mengonsumsi sodium dalam jumlah banyak.

Baca Juga: Sayang untuk Dilewatkan, Berikut Ini Adalah Ragam Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan

Manfaat Garam Himalaya Untuk Kecantikan

  1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat garam himalaya juga dapat Anda gunakan untuk menjaga dan merawat kecantikan kulit Anda. Ternyata garam himalaya juga dapat mecegah penuaan dini, keriput, dsb. Anda dapat mencampurkan garam himalaya dengan air lalu usapkan perlahan pada kulit wajah Anda.

  1. Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Manfaat garam himalaya lainnya untuk kecantikan diantaranya adalah dapat mencegah dan menghilangkan jerawat. Manfaat yang satu ini berasal dari kandungan mineral alami yang dapat mencegah dan menghilangkan jerawat.

  1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Setiap harinya, manusia memiliki 500 juta sel kulit mati. Sel-sel kulit mati ini dapat menyebabkan berbagai masalah pada wajah seperti pori-pori tersumbat, kusam hingga munculnya jerawat.

Akan tetapi, garam himalaya dipercaya mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan juga kotoran. Tidak hanya itu garam himalaya juga mampu meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit menjadi lebih halus. 

  1. Berguna Untuk Jadi Pembersih Wajah

Manfaat garam himalaya untuk kecantikan yang terakhir yaitu berguna untuk menjadi pembersih wajah. Pada umumnya, cairan pembersih wajah atau toner berbasis cuka yang mengandung bahan aktif untuk menghilangkan kotoran.

Akan tetapi, Anda dapat menggunakan garam himalaya untuk menggantikan pembersih wajah tersebut. Caranya cukup mudah, Anda perlu mencampurkan ½ sendok teh garam himalaya dengan ½ sendok minyak kelapa. Anda juga perlu menambahkan 2 tetes minyak lemon dan ½ cangkir air. 

Itulah beberapa manfaat garam himalaya yang dapat Anda peroleh dari mengonsumsinya. Masih banyak manfaat garam himalaya yang tidak disebutkan. Yang perlu Anda ketahui jika ingin mengonsumsi garam tersebut yaitu konsumsilah dengan bijak dan tidak berlebihan. Karena apa saja yang baik jika berlebihan maka justru akan menimbulkan masalah lainnya. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Olahraga atau Diet Untuk Turunkan Berat Badan?

 

Sumber :

1. Sarker, A. Ghosh, A. Sarker, K. Basu, D. Prof. Dr. Sen, J.D..HALITE; THE ROCK SALT: ENORMOUS HEALTH BENEFITS. 2016.

2. Carapeto, C. Brum, S. Rocha, J,M. Which Table Salt to Choose?. 2018.

Bagikan artikel ini