Pilihan Obat Radang Tenggorokan Alami dan Medis

16 Feb 2021 • Tips Kesehatan

Apa itu radang tenggorokan

Radang tenggorokan adalah penyakit yang ditandai dengan rasa gatal dan iritasi pada tenggorokan. Rasa gatal dan nyeri biasanya bertambah parah apabila kamu sedang menelan. Sebagian besar penyebab radang tenggorokan adalah infeksi virus yang dapat sembuh dengan sendirinya.

Selain virus, radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri. Pada kasus ini, antibiotik dibutuhkan untuk mengobati radang tenggorokan. Apa saja obat radang tenggorokan yang bisa kamu konsumsi? Berikut daftarnya!

Obat alami

Berikut ini adalah beberapa pilihan obat radang tenggorokan alami yang dapat kamu gunakan untuk mengurangi rasa gatal dan nyeri:

Air hangat dan dingin

Air dapat membantu tenggorokan agar tetap basah dan mencegah dehidrasi yang dapat mengiritasi tenggorokan. Coba minum air hangat seperti teh atau sup kaldu ayum karena dapat membantu menghilangkan dahak yang menempel pada permukaan tenggorokan. Air hangat juga membantu meredakan tenggorokan dan mengurangi batuk. Kamu juga bisa mencoba meminum air yang dingin. Silahkan dicoba keduanya dan tentukan pilihan yang terbaik bagi dirimu. 

Kumur-kumur dengan air garam

Larutkan ½ sendok teh garam ke dalam air hangat. Kemudian, kumur-kumur dengan larutan air garam tersebut, tetapi jangan diminum. Dengan demikian, radang tenggorokan dapat mereda dan mengurangi dahak yang menempel pada tenggorokan. 

Menghirup udara lembab

Cobalah mandi dengan air panas yang menghasilkan banyak uap. Udara uap merupakan udara yang lembab, sehingga baik bagi tenggorokan. Sebaliknya, menghirup udara kering dapat menyebabkan iritasi yang nyeri pada radang tenggorokan. Kamu juga bisa menggunakan alat pelembat udara atau humidifier. Udara yang dihasilkan oleh humidifier bersifat lembab dan juga bebas dari zat yang mengiritasi tenggorokan, seperti debu. 

Madu

Larutkan dua sendok makan madu murni ke dalam air hangat. Minum larutan air madu tersebut untuk meredakan radang tenggorokan. Madu terbukti memiliki kemampuan untuk melawan bakteri dan meredakan peradangan. Kamu bisa meminum larutan air madu tersebut selama tenggorakan masih terasa gatal. Namun, jangan berikan madu kepada anak-anak yang berusia di bawah 1 tahun. 

Lemon

Larutkan satu sendok teh air perasan buah lemon ke dalam air hangat. Kemudian minum larutan air lemon tersebut untuk meredakan radang tenggorokan. Lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi untuk meningkatkan kekuatan sistem imun tubuh. Selain itu, larutan air lemon dapat mengurangi gatal tenggorokan dan mengurangi dahak yang menempel pada tenggorokan. 

Hindari zat yang mengiritasi tenggorokan

Asap rokok, produk pembersih lantai, dan makanan pedas dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan, sehingga perlu dihindari. Pilihlah makanan yang lembut dan mudah ditelan juga untuk menghindari rasa nyeri ketika menelan. 

Obat medis

Jika pilihan obat tenggorokan alami belum membantu untuk meredakan radang tenggorokan, kamu dapat mencoba meminum obat medis berikut ini:

Parasetamol

Parasetamol memiliki sifat mengurangi nyeri, sehingga dapat meredakan nyeri dari radang tenggorokan. 

Aspirin

Selain mengurangi sakit kepala, aspirin juga membantu untuk meredakan nyeri dari radang tenggorokan. Namun, perlu diperhatikan bahwa aspirin tidak boleh diberikan kepada anak-anak atau remaja karena dapat menyebabkan Reye’s syndrome. Sindrome Reye adalah kondisi pembengkakan pada otak dan hati, sehingga dapat membahayakan nyawa. 

Kapan harus ke dokter saat mengalami radang tenggorokan?

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus biasa dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri memerlukan pengobatan antibiotik yang diresepkan oleh dokter. Oleh sebab itu, segera periksakan diri ke dokter apabila:

  • Gejala radang tenggorokan tidak membaik setelah pengobatan alami
  • Gejala bertambah parah
  • Gejala nyeri menjalar ke arah telinga
  • Kesulitan untuk menelan dan bernapas
  • Batuk darah atau ada darah pada air liur
  • Terdapat benjolan di sekitar leher
  • Mengalami demam tinggi
  • Kehilangan suara selama lebih dari 1 minggu

Referensi:

  1. Sore throat [Internet]. Mayo Clinic; 2020 Jul 21 [cited on 2021 Feb 2]. Available from: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sore-throat/symptoms-causes/syc-20351635 
  2. Allan D. Sore throat remedies that actually work [Internet]. Cleveland Clinic; 2019 Dec 9 [cited on 2021 Feb 2]. Available from: https://health.clevelandclinic.org/sore-throat-remedies-that-actually-work/ 
  3. Brennan D. Remedies for sore throat [Internet]. WebMD; 2020 Nov 14 [cited on 2021 Feb 2]. Available from: https://www.webmd.com/cold-and-flu/remedies-for-sore-throat#1 
  4. Smith C. 6 at-home remedies to ease your sore throat [Internet]. Philadelphia: Penn Medicine; 2020 Nov 10 [cited on 2021 Feb 2]. Available from: https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/health-and-wellness/2018/february/sore-throat