Bantuan
Free Tele x

Perlu Dicoba! Ini Resep Minuman Penurun Berat Badan untuk Anda

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 14 Mar 2022

Bagikan

minuman penurun berat badan

Simak resep minuman penurun berat badan ini, untuk Anda yang sedang jalani program diet. Jika memikirkan minuman sehat atau ditanya minuman sehat itu apa maka, mungkin banyak orang yang menjawab air putih. Ya, jawaban ini tidak salah karena faktanya adalah air putih menjadi minuman sehat paling utama yang harus Anda konsumsi setiap hari, bahkan dokter menyarankan untuk meminum 8 gelas air putih per hari. Air putih mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Perlu Anda ketahui bahwa air putih tidak memiliki kandungan kalori sehingga menjadi penting juga untuk Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan. Namun, minuman sehat yang bisa Anda konsumsi saat diet bukan hanya air putih. Ada beberapa resep minuman lainnya yang mungkin bisa Anda coba di rumah. 

Ada beragam jenis minuman yang bisa Anda pilih untuk dikonsumsi saat diet. Bukan hanya untuk menurunkan berat badan, resep minuman penurun berat badan ini juga bisa memberikan manfaat baik untuk tubuh seperti meredakan penyakit ringan, misalnya gangguan pencernaan sampai melindungi tubuh dari penyakit serius osteoporosis. 

Resep minuman penurun berat badan

Kemudian, apa saja minuman sehat yang dapat bantu menurunkan berat badan? Di bawah ini adalah beberapa resep minuman untuk program diet yang sedang Anda jalani:

  1. Teh hitam

Minuman pertama adalah teh hitam, yang mana mengandung senyawa yang mampu memicu turunnya berat badan sehingga menjadikan teh hitam sebagai minuman untuk diet yang baik dan bagus dikonsumsi. Teh hitam sendiri ialah jenis teh yang banyak mengalami oksidasi atau terkena paparan udara, daripada jenis teh yang lainnya. Maka dari itu, teh hitam menghasilkan rasa yang kuat dan warna yang lebih gelap. Teh hitam memiliki kandungan polifenol yang tinggi, yang merupakan antioksidan kuat untuk membantu kurangi berat badan.

  1. Teh hijau

Resep minuman penurun berat badan selanjutnya adalah teh hijau. Teh hijau mengandung antioksidan dan juga nutrisi lainnya yang sangat bermanfaat tubuh. Diketahui bahwa teh hijau adalah salah satu minuman diet yang efektif untuk menurunkan berat badan. Minuman sehat ini terbukti dapat menurunkan berat badan juga lemak tubuh, pada beberapa studi yang dilakukan. Matcha merupakan jenis teh hijau yang memiliki jumlah katekin lebih tinggi dibandingkan dengan teh hijau daun longgar. Ini menjadikannnya pilihan terbaik guna menurunkan berat badan Anda. 

  1. Teh jahe

Teh jahe adalah resep minuman penurun berat badan yang selanjutnya bisa Anda coba. Diketahui bahwa teh jahe mampu membantu mengurangi nafsu makan, juga meningkatkan pengeluaran kalori. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa teh jahe dapat meningkatkan efek ternal makanan atau disebut sebagai jumlah kalori yang diperlukan guna mencerna juga menyerap makanan, yakni sebesar 43 kalori. Meskipun, jumlah kalori ini tidak besar, tetapi ini menunjukkan jika ada kombinasi dengan sifat mengenyangkan maka teh jahe dapat menjadi minuman efektif untuk program diet menurunkan berat badan Anda. 

  1. Jus sayur

Berbeda dengan jus buah yang diketahui dapat menambah berat badan, jus sayur bisa menurunkan berat badan. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi 16ons jus sayuran yang rendah sodium, ketika mengikuti diet renah kalori maka kehilangan berat badan dengan signifikan daripada mereka yang tidak mengonsumsinya. Namun, perlu Anda ketahui bahwa bagaimanapun mengonsumsi sayuran yang utuh menjadi pilihan terbaik. Ini untuk menghindari banyaknya jumlah serat yang hilang, saat proses pembuatan jus. 

  1. Minuman tinggi protein

Terakhir adalah minuman yang mengandung tinggi protein, ini karena bisa mengekang rasa lapar. Tak hanya itu, minuman tinggi protein juga bisa meningkatkan rasa kenyang juga menurunkan nafsu makan. Ini tentu menjadi penting guna menurunkan berat badan yang berlebih. Beberapa contoh bubuk protein yang bisa Anda gunakan adalah seperti kacang polong, rami, dan whey

Bagaimana? Mudah bukan resep minuman yang telah dijelaskan tadi? Selain mudah dibuat namun, bahannya juga mudah untuk ditemukan.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Ingin Melakukan Defisit Kalori? Berikut Ini Daftar Makanan Rendah Kalori

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Merdeka.com

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami