Bantuan

Perhatikan Beberapa Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 07 Mar 2022

Bagikan

skincare kulit berminyak

Memilih skincare untuk kulit berminyak bisa menjadi suatu hal yang cukup tricky atau bisa dibilang susah-susah gampang. Dalam hal ini, dibutuhkan strategi khusus untuk tipe kulit berminyak dalam mencari produk skincare yang mampu mengatasi sifatnya yang rentan akan jerawat dan tampak kusam. Selain itu, sifat dari tipe kulit wajah berminyak yang perlu sering dibersihkan membuat proses pemilihan skincare yang tepat menjadi semakin runyam.

Namun, benarkah demikian? Apakah memilih produk skincare untuk kulit berminyak memang seribet itu? Jawabannya sederhana, tidak juga. Dalam hal ini, ada beberapa tips praktis yang bisa Anda jadikan panduan saat memilih produk untuk tipe kulit berminyak Anda. Untuk lebih jelasnya lagi, mari kita simak penjelasan berikut ini hingga selesai.

Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak

Apapun jenis kulitnya, adalah hal yang penting dan esensial untuk memilih produk skincare yang tepat dan sesuai dengan karakteristik tipe kulit tersebut. Pada kulit berminyak, karakteristik ini berkaitan dengan produksi sebum yang tidak terkontrol, pori-pori yang tampak besar, hingga permasalahan jerawat yang mengganggu. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan baik, simak tips berikut ini.

  1. Pilih produk bebas minyak

Saat memilih produk skincare untuk kulit berminyak, Anda perlu menghindari produk yang bebas minyak. Dalam hal ini, produk yang bersifat oil-based hanya akan membuat produksi minyak di wajah semakin tinggi, yang pada akhirnya juga akan menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. 

Berbicara tentang pori-pori, Anda dengan tipe kulit berminyak juga harus memilih skincare yang bersifat non-komedogenik atau bebas komedo. Produk dengan label ini akan mampu menjaga produksi minyak tetap terkontrol, tanpa membuat kulit menjadi terlalu kering. 

  1. Toner bebas alkohol

Salah satu produk skincare yang memiliki peranan cukup penting dalam membantu menyeimbangkan pH kulit setelah mencuci muka adalah toner. Tidak hanya itu saja, pemakaian toner juga penting karena dapat menyamarkan pori-pori bahkan mengangkat sisa-sisa kotoran yang tertinggal. 

Untuk tipe kulit berminyak, hindari produk toner dengan kandungan alkohol karena hal ini hanya akan menyebabkan kulit menjadi sangat kering. Kondisi kulit yang terlalu kering ini akan memicu produksi sebum semakin meningkat. 

  1. Pelembap yang ringan

Banyak yang beranggapan bahwa untuk wajah dengan tipe kulit berminyak, pelembap adalah salah satu produk perawatan yang tidak penting. Bahkan, beberapa lainnya menganggap bahwa pelembap adalah suatu hal yang harus dihindari. 

Hal ini tentu tidak benar adanya, mengingat fungsi pelembap adalah sama pentingnya, bahkan untuk kulit berminyak. Dengan pelembap, kulit akan menjadi lebih terhidrasi, halus, dan terhindar dari tanda penuaan. Meskipun begitu, bagi kulit berminyak pilihan pelembap yang paling tepat adalah yang bersifat ringan, seperti dalam bentuk gel.

  1. Sunscreen adalah kewajiban

Saat memilih beberapa produk perawatan kulit untuk tipe berminyak, membeli sunscreen adalah suatu kewajiban yang tidak bisa dilewatkan. Dalam hal ini, sunscreen akan mampu melindungi kulit wajah dari berbagai kerusakan kulit, seperti keriput, bintik hitam, bahkan akan menjaga kulit dari risiko kanker kulit. 

Adapun tips untuk kulit berminyak adalah dengan memilih sunscreen dengan kandungan titanium dioksida serta seng oksida. Hindari produk sunscreen yang memiliki kandungan parfum ataupun bersifat oil-based karena hanya akan memicu bruntusan di wajah. 

  1. Kandungan yang harus dihindari

Hal penting yang seringkali dilewatkan bagi para pemilik kulit tipe apapun itu adalah membaca kandungan dari produk yang akan dipilih. Padahal, ini merupakan salah satu step penting yang akan menentukan kecocokan dan keefektifan kerja skincare tersebut di kulit. 

Untuk kulit berminyak, ada beberapa jenis kandungan yang perlu dihindari dalam sebuah produk skincare. Adapun kandungan tersebut di antaranya adalah minyak mineral (biasa juga disebut sebagai petroleum oil), alkohol, paraben, silikon, dan kandungan minyak kelapa.

Nah, sekian dulu penjelasan mengenai tips memilih skincare untuk kulit berminyak yang perlu Anda ketahui. Sebagai pemilik kulit berminyak, Anda tidak perlu bingung lagi memilih produk yang tepat. Cukup pahami bahwa untuk kulit berminyak, produk skincare yang paling cocok adalah yang bersifat ringan dan tidak menyumbat pori.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Wajah Lebih Terhidrasi, Ini Pilihan Jenis Skincare untuk Kulit Kering

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Lindberg, Sara. 2020. A Daily Skin Care Routine for Oily Skin: 4 Key Steps. https://www.healthline.com/health/skin-care-routine-for-oily-skin-2

Noll, Morgan. 2021. How to Choose the Skincare Products Best Suited for Your Skin, According to Dermatologists. https://www.realsimple.com/beauty-fashion/skincare/how-to-choose-skin-care-products

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang