Bantuan
Free Tele x

Penyebab, Mitos dan Fakta Mimpi Basah

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Jun 2022

Bagikan

Penyebab, Mitos dan Fakta Mimpi Basah

Mimpi basah adalah kondisi saat Anda mengalami ejakulasi ketika sedang tidur, lalu apakah penyebab mimpi basah? Apa yang harus dilakukan saat Anda mimpi basah?

Mimpi basah adalah kondisi saat Anda mengalami ejakulasi ketika sedang tidur, yang mana biasa terjadi pada masa pubertas. Pada masa pubertas, produksi hormon testosteron lebih banyak sehingga mimpi basah pun terjadi. Bukan hanya itu, mimpi basah juga hanya terjadi ketika testis dapat memproduksi sperma. Saat Anda mimpi mengenai seks, maka mimpi basah biasanya akan terjadi. Akan tetapi, tidak jarang seseorang tidak bisa mengingat dengan jelas apa isi mimpi yang dialami. Ejakulasi yang terjadi karena mimpi basah bisa mengakibatkan Anda terbangun dari tidur. 

 

Mitos dan Fakta

Mungkin Anda sudah pernah mendengar macam mitos tentang mimpi basah. Di bawah ini merupakan mitos dan juga fakta terkait mimpi basah

  • Hanya laki-laki yang dapat mengalami mimpi basah, tentu saja hal ini mitos, karena wanita juga bisa mengalami mimpi basah yakni ia akan mengalami orgasme. Akan tetapi, wanita memang jarang mengalami mimpi basah.

  • Tidur tengkurap dapat menjadi penyebab mimpi basah, ini mungkin saja benar adanya. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai klaim ini.

  • Mimpi basah bisa menurunkan imun tubuh, klaim ini jelas mitos. Mimpi basah justru bisa menjaga sistem reproduksi pria agar selalu sehat. Hal ini karena mimpi basah merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan sperma yang berlebihan dalam testis. 

 

Penyebab Mimpi Basah dan Cara Mengatasinya

Setelah mengetahui mitos dari mimpi basah, lalu apa penyebab mimpi basah dan cara mengatasinya

Penyebab

Mengetahui penyebab mimpi basah dan cara mengatasinya tentu akan menjadi hal penting untuk Anda ketahui. Mimpi basah dapat terjadi karena terjadi peningkatan hormon testosteron ketika masa pubertas. Pada masa pubertas ini, remaja laki-laki mulai memproduksi hormon testosteron yang mana memiliki peran untuk menghasilkan sperma. Selain itu, Anda bisa mengalami ereksi dalam waktu yang berbeda serta jumlah air mani yang semakin meningkat. Terjadinya mimpi basah menjadi sebuah cara untuk mengeluarkan air mani dalam tubuh. Lalu mengapa mimpi basah lebih sering terjadi saat masa pubertas? Tidak lain karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. 

Cara mengatasi

Belum ada studi ilmiah yang menunjukkan bahwa mimpi basah dapat diatur. Selain itu, tidak ada cara yang bisa memprediksi dengan pasti apakah seseorang akan mengalami mimpi basah ketika tidur. Juga atau kapan mimpi basah akan terjadi dalam jangka waktu tidurnya. Mimpi basah terjadi ketika Anda tidak sadar, yang mana otak tidak memiliki kendali secara penuh dalam mengatur apa yang dipikirkan. 

Anda tidak dapat menentukan cerita dari mimpi yang dialami nantinya, termasuk bagaimana mengatasi atau menghindari mimpi dengan cerita yang mengandung unsur seksual. Walau begitu, ada beberapa hal yang bisa Anda coba lakukan guna menghindari mimpi basah.

  1. Menghindari rangsangan

Hal yang dimimpikan dapat terproyeksi dari rangsangan dan pengalaman yang Anda terima dari kehidupan nyata. Bila dalam sehari-hari Anda mengonsumsi konten seksual seperti gambar, video, atau bacaan, maka besar kemungkinan Anda akan mengalami mimpi basah. Bukan hanya itu, banyak memikirkan hal yang dapat membuat bergairah, juga membuat risiko Anda mimpi basah semakin tinggi. Maka dari itu, hindari melihat, mengingat, atau memikirkan hal-hal yang bisa merangsang guna menghindari mimpi basah. 

  1. Meditasi

Untuk menjernihkan pikiran, Anda dapat bermeditasi sebelum tidur. Meditasi bisa membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak dan juga menghindari mimpi basah terjadi. Dengan kondisi pikiran yang lebih jernih serta badan yang rileks, maka Anda bisa memanfaatkan tidur siang sebaik mungkin. 

  1. Konseling seks

Bila Anda merasa sudah terlalu sering mengalami mimpi basah, maka salah satu cara mengatasinya yakni dengan melakukan konsultasi dengan terapis kesehatan seksual. Walau begitu, ejakulasi ketika tidur merupakan reaksi alami yang bukan disengaja. Mimpi basah bukan gangguan seksualitas.

Bila Anda merasa cemas sebab mengalami mimpi basah yang terlalu sering, bahkan mungkin setiap hari, maka jangan ragu untuk berkonsultasi dengan terapi seks atau dokter ahli. 

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Mari Ketahui Penyebab Air Mani Keluar Sendiri Setelah Kencing

Tag :
sex
Referensi

https://youngmenshealthsite.org/guides/wet-dreams/

https://www.hopkinsallchildrens.org/Patients-Families/Health-Library/HealthDocNew/What-Are-Wet-Dreams

https://kidshealth.org/en/teens/stop-dreams.html

https://www.healthymale.org.au/news/all-of-your-questions-about-wet-dreams-answered

Bagikan artikel ini