Bantuan

Penting untuk Diketahui, Ini Dia Ciri-Ciri Kurap

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Jun 2022

Bagikan

Penting untuk Diketahui, Ini Dia Ciri-Ciri Kurap

Ciri-ciri kurap mudah Anda kenali dari munculnya area bersisik dengan warna kemerahan dan kerap menimbulkan rasa gatal bagi para penderitanya. Kurap memiliki bentuk melingkar seperti cincin dan menimbulkan permukaan kulit yang kasar. Meski tidak berbahaya, kurap dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri bagi para penderitanya. Jika Anda bingung bagaimana membedakan kurap, panu, kudis, dan beragam jenis penyakit kulit lainnya, mari cari tahu ciri-cirinya melalui pembahasan di bawah ini.

Baca juga: Lupakan Cara Menghilangkan Kurap dengan Pasta Gigi dan Gunakan Bahan Alami Ini



Ciri-ciri Kurap

Setiap penyakit kulit tentu memiliki beragam ciri-ciri berbeda untuk dapat membedakan satu dengan lainnya. Berikut ciri-ciri kurap yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Ruam Kemerahan pada Kulit

Ruam kemerahan seperti bersisik merupakan salah satu ciri-ciri kurap yang perlu Anda ketahui. Ciri-ciri ini mudah sekali untuk Anda kenali karena memiliki warna mencolok dan seringkali disertai dengan rasa gatal yang membuat siapapun tidak tahan untuk menggaruknya. Agar tidak semakin membesar, Anda perlu mengoleskan salep anti jamur yang bisa Anda beli sesuai resep dokter.

2. Munculnya Jamur Pada Sela-sela Kulit

Ciri-ciri kurap ditandai dengan munculnya jamur di sela-sela kulit, tanda keberadaannya bisa dilihat ketika Anda menggaruknya, kulit menjadi mengelupas, dan kering. Selain itu, kurap dapat menimbulkan sensasi seperti terbakar dan rasa tidak nyaman ketika bersentuhan dengan air karena air dapat langsung menyentuh bagian kulit yang mengelupas sehingga terasa perih.

Baca juga: Ketoconazole Obati Infeksi Karena Jamur

3. Rambut Mudah Rontok

Selain pada area tubuh dan wajah, kurap dapat muncul di area kepala. Jika Anda mengalami kurap di area kepala, Anda bisa mengetahui beberapa ciri-cirinya seperti rambut mudah rontok dan munculnya area bersisik pada kulit kepala. Selain itu, kurap pada kulit kepala kerap menimbulkan rasa gatal dan perih. Dalam kondisi yang lebih parah, kurap di kepala dapat menimbulkan luka dan nanah.

4. Kulit Kering dan Menebal

Ciri-ciri kurap yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah kulit kering dan menebal. Kulit kering dan menebal bisa terjadi pada telapak tangan karena telapak tangan bisa menyentuh beragam benda yang telah terkontaminasi oleh jamur atau ketika Anda bersalaman dengan penderita. Untuk mengatasinya Anda perlu mengoleskan salep anti jamur dan rajin mencuci tangan.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Meskipun kurap dapat diatasi dengan obat salep yang dijual bebas di beberapa apotek, akan lebih baik jika Anda langsung konsultasi dengan dokter kulit. Agar kurap yang Anda derita bisa cepat membaik karena beberapa obat yang dijual bebas terkadang kurang cocok dengan kulit penderitanya. Berikut beberapa kondisi lainnya mengapa Anda harus pergi ke dokter, di antaranya:

 

1. Tidak Menunjukan Kesembuhan

Jika beragam cara telah Anda lakukan untuk mengobati kurap, tetapi tidak menunjukan kesembuhan maka konsultasi dengan dokter merupakan pilihan terbaik. Sebab bisa jadi penyakit kulit yang Anda alami bukanlah penyakit kurap sehingga obat yang Anda gunakan tidak cocok dengan kondisi Anda saat itu. Dengan konsultasi ke dokter, dokter akan melakukan diagnosis terlebih dahulu agar tidak salah obat.

2. Menyerang Bagian Kulit Kepala

Kurap yang menyerang bagian kepala membutuhkan pengobatan khusus sehingga Anda tidak dapat sembarangan memilih obat. Kurap yang menyerang bagian kepala membutuhkan sampo khusus dan obat anti jamur yang sesuai dengan petunjuk dokter. Sebab jika salah dalam proses pengobatannya, dikhawatirkan rambut akan semakin rontok karena kurap yang tidak kunjung membaik.

3. Memiliki Imunitas Tubuh yang Lemah

Penderita kurap dengan imunitas tubuh yang lemah perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar tidak salah menggunakan obat. Ini karena penderita dengan imunitas lemah dikhawatirkan mengosnsumsi obat anti jamur yang diminum secara langsung dan memiliki efek samping terhadap kondisi tubuhnya. Misalnya penderita yang sedang melakukan kemoterapi dan sedang mengonsumsi obar-obatan seperti obat steroid dan diabetes.

Kurap merupakan penyakit kulit yang cukup mengganggu bagi para penderitanya karena dapat menimbulkan rasa gatal yang tidak tertahankan. Untuk membedakan kurap dengan penyakit kulit lainnya, Anda bisa mengenali ciri-ciri kurap seperti kulit menebal, kering, rambut rontok, dan munculnya ruam kemerahan. Jika kondisi ini menimpa Anda dan tidak kunjung membaik segera konsultasikan dengan dokter.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Referensi

Mayo Clinic: Ringworm (body). 2021. Available at: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ringworm-body/symptoms-causes/syc-20353780 (Accessed: 6 Januari 2021).

Dock, Elly. Everything You Want to Know About Ringworm. 2019. Available at: https://www.healthline.com/health/ringworm (Accessed: 6 Januari 2021).

Bagikan artikel ini