Bantuan

Penting Diketahui, Ini Gejala, Penyebab, dan Obat Bisul Alami yang Bisa Anda Gunakan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Sep 2021

Bagikan

Penting Diketahui, Ini Gejala, Penyebab, dan Obat Bisul Alami yang Bisa Anda Gunakan

Obat bisul adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan dalam mengatasi bisul. Bisul itu sendiri adalah kondisi di mana terjadi benjolan kecil, keras, dan tampak kemerahan pada bagian tertentu tubuh seseorang. Bagi yang mengalami bisul ini, timbul gejala-gejala yang tidak menyenangkan dan mengganggu kenyamanan. 

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Anda tidak perlu khawatir karena berikut ini kami rangkumkan beberapa obat bisul alami yang bisa Anda coba. Namun sebelum itu, kenali lebih dahulu gejala bisul dan beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya berikut ini. 

Penyebab Bisul

Bisul pada dasarnya disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri yang satu ini biasanya terdapat pada kulit ataupun bagian dalam hidung kita. Apabila Anda terluka ataupun digigit serangga, bakteri ini dapat masuk ke folikel. Pada akhirnya, bakteri ini pun menyebar ke bagian tubuh lainnya, bahkan hingga ke tulang. Dalam kondisi yang lebih parah lagi, infeksi ini bisa memicu sepsis yang dapat membahayakan organ penting dalam tubuh Anda. 

Selain itu, ada beberapa faktor pendorong yang dapat semakin meningkatkan risiko timbulnya bisul itu sendiri, yakni:

  • Adanya kontak langsung dengan penderita bisul

  • Kondisi kebersihan lingkungan dan tubuh yang tidak terjaga

  • Daya tahan tubuh yang sedang berada pada kondisi lemah

  • Kulit yang kerap mengalami jerawat

Obat Bisul Alami

  1. Mengompres hangat

Cara mengobati bisul secara alami yang bisa Anda lakukan pertama yaitu mengompresnya menggunakan kompres hangat. Mengompres hangat bisul akan membuat aliran darah ke area bisul akan meningkat. Dengan meningkatnya aliran darah ini dapat membuat sel darah putih dan antibodi mengalir lancar melawan infeksi. Cobalah untuk mengompres bisul dengan kompres hangat selama 20 menit. 

  1. Menggunakan kunyit

Selain mengompres bisul, Anda juga bisa mengobati bisul dengan menggunakan bahan alami seperti kunyit. Hal ini karena, kunyit memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang akan membantu penyembuhan bisul secara alami. Cara menggunakannya yaitu mengoleskan kunyit pada bisul atau bisa merebus kunyit dan meminumnya. 

Baca Juga: Mengobati Alzheimer dengan Kunyit

  1. Menggunakan minyak kastor

Obat bisul alami yang bisa Anda gunakan selanjutnya yaitu minyak kastor atau minyak jarak. Di dalam minyak jarak terdapat kandungan asam risinoleat yang bersifat anti radang. Tidak hanya itu, minyak kastor memiliki sifat antibakteri yang dapat mengatasi bisul. Cara  menggunakannya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan minyak kastor atau minyak jarak ke area bisul sebanyak tiga kali sehari. 

  1. Menggunakan minyak pohon teh

Anda tentu sudah sangat familiar dengan manfaat tea tree oil (minyak pohon teh) dalam mengatasi jerawat. Nah, dalam hal ini, ternyata minyak pohon teh juga dapat digunakan dalam mengatasi bisul karena memiliki kandungan antibakteri dan antiseptik. Meskipun begitu, Anda perlu waspada dalam pemakaiannya, usahakan untuk tidak mengoleskannya secara langsung pada area bisul. 

  1. Menggunakan garam epsom

Obat bisul alami yang selanjutnya yaitu menggunakan garam epsom. Garam epsom itu sendiri dipercaya dapat mengatasi bisul karena dapat mengeringkan nanah. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan  melarutkan garam ke dapat air hangat. Setelah itu, ambillah handuk dan celupkan pada air tersebut untuk ditempelkan pada bisul selama 20 menit. 

  1. Menggunakan bawang merah

Siapa yang menyangka bahwa ternyata bawang merah yang terkenal dalam melezatkan makanan dapat mengobati bisul. Bawang merah dalam hal ini dikatakan sebagai obat bisul alami yang bisa mengatasi luka Anda dengan cukup cepat. Untuk itu, Anda bisa menggunakan bawang merah pada area bisul dengan cara membungkusnya dengan kain kasa terlebih dahulu. Letakkan bawang merah ini pada area tersebut sebanyak 1 sampai 2 jam sekali.

Demikianlah penjelasan mengenai obat bisul alami yang bisa Anda gunakan di rumah. Meskipun obat bisul yang telah disebutkan diatas sangat mudah ditemukan dan begitu praktis digunakan, sebaiknya Anda tidak sepenuhnya menggantungkan pengobatan bisul ini pada obat-obatan alami tersebut, karena hal ini tidak dapat menjamin kesembuhan kondisi bisul dengan sepenuhnya. Pada beberapa kasus, obat bisul alami ini mungkin dapat bekerja, akan tetapi pada kasus lainnya mungkin justru akan semakin memperparah kondisi bisul. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

Petre, Alina. 2017. 9 Science-Backed Home Remedies for Ulcers.  

WebMD. 2019. Boils.

Tag :
Bagikan artikel ini