Bantuan

Penggunaan Tawas Sebagai Penggati Deodoran, Apakah Aman?

Ditinjau oleh • 06 Jun 2022

Bagikan

Penggunaan Tawas Sebagai Pengganti Deodoran, Apakah Aman

Hingga kini, banyak yang sering mempertanyakan mengenai penggunaan tawas pengganti deodoran. Apakah hal ini termasuk aman bagi ketiak atau justru sebaliknya? Tawas sebenarnya telah lama digunakan sebagai solusi untuk menghilangkan bau badan seseorang. Selain itu, pemakaian tawas dalam hal ini juga dianggap sebagai alternatif terbaik yang tidak menjadikan ketiak hitam.

Meskipun begitu, keamanan tawas yang dalam hal ini erat kaitannya dengan senyawa kimia pada akhirnya kerap dipertanyakan. Apakah penggunaan tawas pengganti deodoran ini aman untuk kulit? Secara singkat, jawabannya adalah iya, tawas sejatinya sangatlah aman untuk digunakan sebagai deodoran. 

Overview tawas

Tawas pada dasarnya adalah kristal garam yang bersifat transparan dan dapat larut dalam air. Saat ini, di pasaran telah beredar beberapa jenis tawas, seperti tawas kalium, tawas ammonium, tawas aluminium, dan juga tawas soda. Adapun jenis tawas yang sering digunakan adalah tawas kalium, yang dalam hal ini telah digunakan sebagai pengobatan tradisional sejak dahulu kala.

Manfaat tawas

Selama ini, manfaat utama dari tawas itu adalah sebagai pengganti deodoran. Berkaitan dengan ini, mayoritas masyarakat percaya bahwa tawas adalah pengendali bau badan yang terbilang paling aman, karena merupakan bahan alami. Akan tetapi, manfaat tawas tidak cukup hanya itu saja. Lalu apa saja manfaat tawa? Berikut ini beberapa manfaat tawas yang bisa Anda dapatkan. 

  1. Memutihkan Ketiak

Manfaat tawas pengganti deodorant yang pertama yaitu dapat memutihkan kulit ketiak. Pasalnya di dalam batu tawas terdapat kandungan yang mampu mengangkat miyak, kotoran hingga sel kulit mati yang akhirnya membuat kulit ketiak terlihat lebih cerah. 

  1. Mengurangi Bau Ketiak

Manfaat paling terkenal dari tawas yaitu dapat mengurangi bau ketiak. Hal ini karena batu tawas dapat menghambat perkembangan bakteri di ketiak yang dapat memicu munculnya bau yang tidak sedap. Dalam hal ini, ketiak merupakan tempat paling favorit bagi bakteri untuk dapat berkembang biak. 

  1. Merawat Kulit Ketiak

Mencukur bulu ketiak berisiko mengalami iritasi karena terkena cukuran. Dalam hal ini tawas memiliki kandungan antibakteri yang dapat mencegah terjadinya iritasi setelah mencukur bulu ketiak. Tidak hanya itu, tawas juga bermanfaat dalam menjaga kelembapan pada ketiak. 

  1. Menghaluskan Kulit Ketiak

Tawas dapat bermanfaat dalam menghaluskan kulit ketiak. Hal ini karena, tawas memiliki kemampuan dapat mengangkat sel kulit mati, minyak dan juga kotoran pada kulit ketiak. Jadi, bagi Anda yang memiliki kulit ketiak yang kasar, bisa menggunakan  tawas untuk menghaluskannya. 

  1. Aman Bagi Ketiak Sensitif

Ketiak sensitif akan mengalami iritasi atau alergi setelah menggunakan produk deodoran yang dijual bebas. Hal ini karena deodoran memiliki kandungan senyawa kimia yang dapat menyebabkan iritasi kulit. Dalam hal ini, tawas merupakan bahan alami yang tidak memiliki kandungan senyawa kimia sehingga aman bagi ketiak yang sensitif. 

Efek samping tawas

Meskipun terbilang aman untuk digunakan, namun penggunaan tawas pengganti deodoran ataupun sebagai obat kumur, bagi sebagian orang mendatangkan efek samping tertentu. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena sejatinya efek samping yang timbul ini tidak begitu serius dan sangat jarang terjadi. 

Pada beberapa orang, penggunaan tawas pengganti deodoran ini dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan mudah teriritasi. Adapun untuk penggunaan tawas sebagai obat kumur, juga berisiko membuat tenggorokan sesak dan menimbulkan reaksi alergi. Beberapa reaksi lainnya yang mungkin timbul di antaranya adalah kulit yang terbakar, timbulnya bisul, hingga dapat menyebabkan seseorang pingsan. 

Untuk dapat menghindari risiko efek samping yang cukup berbahaya ini, sebaiknya pemakaian tawas sebagai deodoran dikonsultasikan terhadap dokter terlebih dahulu, terutama bila Anda memiliki penyakit kulit tertentu atau memiliki alergi terhadap tawas.

Demikianlah penjelasan mengenai penggunaan tawas pengganti deodoran. Kesimpulannya, tawas sangatlah aman untuk digunakan di ketiak, atau bahkan untuk obat kumur. Meskipun begitu, janganlah lengah karena apabila Anda tidak cocok dengan kandungan kalium dalam tawas, sangat mungkin timbul efek samping yang tak diinginkan.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat Batu yang Terbilang Membandel 

 

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Cosmetics Info. Potassium Alum. https://cosmeticsinfo.org/ingredient/potassium-alum-0

Pharm Easy. Alum: Uses, Benefits & Side Effects. https://pharmeasy.in/blog/alum-uses-benefits-side-effects-dosage/

Health Benefits Times. Health Benefits of Alum. https://www.healthbenefitstimes.com/health-benefits-of-alum/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang