Bantuan

Pemula Wajib Tahu! Ini Urutan Basic skincare yang Penting untuk Memperkuat Skin barrier

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Mar 2022

Bagikan

Basic Skincare

Tahukah Anda bagaimana urutan basic skincare yang tepat? Ternyata memakai skincare tidak boleh asal pakai saja tanpa memperhatikan urutan pemakaian yang tepat. Hal ini dapat mempengaruhi skin barrier wajah Anda. 

Nah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan memperkuat skin barrier kulit wajah, Anda perlu menggunakan skincare dengan urutan yang tepat. Lalu bagaimana urutan pemakaian basic skincare yang tepat bagi pemula? 

Tiga Basic skincare bagi Pemula

Mendapatkan kulit wajah yang sehat adalah tujuan utama dari penggunaan skincare. Pada dasarnya, perawatan yang kita lakukan tidak hanya bertujuan untuk mempercantik diri, melainkan menjadikan kesehatan kulit sebagai tujuan utama. Maka menggunakan jenis skincare yang tepat dan dengan urutan yang tepat adalah hal yang tidak bisa diabaikan. 

Meskipun saat ini ada banyak sekali jenis skincare dan kegunaannya, tetapi ada tiga hal dasar yang tidak boleh diabaikan dan menjadi landasan utama bagi penggunaan skincare yang lainnya. Jika Anda adalah pemula atau ingin menggunakan skincare dari dasar, urutan basic skincare yang bisa Anda ikuti. 

  • Cleansing

Cleansing adalah membersihkan wajah dengan pembersih wajah. Baik pembersih wajah berupa sabun pencuci wajah atau micellar water yang berfungsi membersihkan make-up.

  • Toning

Toning adalah mengaplikasikan skincare berupa toner yang berfungsi membantu mengangkat sisa kotoran di wajah. Toner juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu hydrating toner untuk melembabkan kulit dan exfoliating toner untuk membantu membersihkan kotoran. 

  • Moisturizing

Tahapan ini adalah mengaplikasikan pelembap pada kulit wajah. Moisturizer membantu menjaga kelembapan kulit dan memaksimalkan manfaat skincare yang akan diaplikasikan setelahnya. 

Sebanyak apapun skincare yang ingin Anda gunakan, tiga tahapan ini tidak bisa ditinggalkan. Semakin rutin penggunaan skincare yang tepat dan dengan cara yang tepat tentu saja akan membuat kulit wajahmu menjadi jauh lebih sehat. 

Konsisten

Anda harus memahami bahwa tidak ada sesuatu yang benar-benar instan di dunia ini, begitu juga dengan mendapatkan hasil kulit yang sehat dengan menggunakan skincare. Ada waktu yang dibutuhkan untuk melihat hasil dan manfaat dari rutinitas penggunaannya. Lama waktu yang dibutuhkan tergantung dengan jenis kulit, konsistensi penggunaan, hingga jenis skincare yang dipakai. Oleh karena itu, butuh waktu yang sedikit lebih lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Hasil yang baik hanya didapatkan dari konsistensi yang baik pula. Maka saat ini yang menjadi pertanyaan adalah, apakah Anda telah konsisten dalam menggunakan skincare? Jika belum, maka ini adalah saat yang tepat untuk mulai konsisten dan memetik hasilnya di kemudian hari. 

Urutan Basic skincare

Sebelum menggunakan skincare Anda tentu harus memahami jenis kulit Anda sehingga dapat memilih produk skincare yang sesuai.  Akan tetapi yang tidak kalah penting adalah mengetahui urutan penggunaan skincare yang tepat. 

  1. Cleanser

Sebelum menggunakan skincare apapun, hal yang paling mendasar adalah cleanser atau pembersih wajah, yaitu sabun pencuci muka. Apalagi setelah melakukan berbagai aktivitas, tentu saja wajah akan cenderung terkontaminasi dengan kotoran, debu, dan hal-hal yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit wajah lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. 

  1. Toner

Toner digunakan setelah selesai membersihkan wajah dengan sabun pencuci wajah dan sebelum menggunakan jenis produk skincare apa pun. Penggunaan toner dapat membantu mengangkat sisa-sisa kotoran diwajah dan meneyimbangkan pH wajah. Hanya saja yang perlu dipahami, toner juga terbagi menjadi beberapa jenis. Ada toner yang berfungsi untuk melembapkan, membersihkan, atau sebagai exfoliator

  1. Moisturizer

Urutan basic skincare selanjutnya adalah menggunakan pelembap atau moisturizer. Moisturizer atau pelembap wajah ini berfungsi untuk melembabkan dan membuat kulit menjadi lebih lembut. Kulit yang lembab akan lebih mudah menyerap berbagai jenis produk skincare yang diaplikasikan setelahnya. Hal ini akan menjadikan kinerja kandungan produk akan lebih maksimal dibandingkan dengan tidak menggunakan moisturizer.

  1. Sunscreen

Hal yang tidak kalah penting adalah penggunaan sunscreen setelah menggunakan skincare lainnya. Sunscreen atau tabir surya berfungsi melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari bagi kulit wajah.  Penggunaan sunscreen secara rutin akan memberikan dampak baik dalam jangka panjang. 

Nah, itu tadi adalah urutan basic skincare yang tepat untuk memperkuat skin barrier wajah Anda. Jangan lupa untuk selalu menggunakan basic skincare sesuai dengan urutannya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Jenis Skincare dan Fungsinya yang Perlu Anda Miliki!

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Molvar, Kari. 2017. How to Build a Skincare Routine. https://www.nytimes.com/guides/tmagazine/skincare-routine

Dancer, Rebecca. 2021. The Ultimate Beginner’s Guide to Skin Care. https://www.allure.com/story/beginner-skin-care-routine

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang