Bantuan
Free Tele x

PCare Vaksinasi: Aplikasi Dari BPJS Kesehatan untuk Dukung Vaksinasi COVID-19

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Jul 2021

Bagikan

P Care Vaksinasi: Aplikasi Dari BPJS Kesehatan untuk Dukung Vaksinasi COVID-19

P Care Vaksinasi serasa tidak asing terdengar. Namun apa itu sebenarnya PCare? Pada bulan Januari silam, Kementerian Kesehatan memberikan instruksi melalui surat nomor SR.01.06/I/193/2021, kepada para kepala Dinas Kesehatan untuk menginput data-data hasil vaksinasi dalam aplikasi Primary Care (P-Care) Vaksinasi BPJS Kesehatan. Hal ini dikatakan merupakan salah satu upaya untuk mempercepat proses vaksinasi untuk COVID-19.

Dengan menggunakan aplikasi ini, diharapkan agar para penerima vaksin dapat terintegrasi dalam satu aplikasi. Nah, apakah Anda sudah mengetahui fungsi dari aplikasi yang satu ini, dan bagaimana cara menggunakannya? Di bawah ini adalah penjelasan mengenai aplikasi P-Care Vaksinasi dari BPJS Kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Apa Fungsi Aplikasi P-Care Vaksinasi BPJS?

P-Care Vaksinasi dari BPJS Kesehatan ini memiliki beberapa fungsi lainnya yang tidak kalah penting. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan, aplikasi P-Care Vaksinasi BPJS ini mempunyai tiga fungsi utama dalam kaitannya dengan proses vaksinasi di Indonesia. Adapun ketiga fungsi utama dari aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Membantu proses registrasi para penerima vaksin COVID-19

  • Mencatat status kesehatan para penerima vaksin COVID-19

  • Melaporkan hasil vaksinasi COVID-19

Secara umum, aplikasi P-Care Vaksinasi ini bertujuan untuk membantu proses pemberian vaksin COVID-19 kepada masyarakat, agar dapat berjalan dengan lancar, efektif, dan efisien. Selain itu, aplikasi ini dapat membantu berbagai pihak dalam menampilkan data vaksinasi secara realtime. 

Sebagai bagian dari sistem informasi BPJS Kesehatan, aplikasi P-Care Vaksinasi ini telah terintegrasi dan dikelola secara langsung melalui Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi COVID-19, di mana seluruh data seperti calon penerima vaksin, pendaftaran dan juga verifikasi calon penerima vaksin, hingga jadwal dan penetapan lokasi vaksinasi bisa Anda akses dengan mudah. 

Baca juga: Anda Tidak Perlu Bingung, Ini Vitamin Yang Seharusnya Diminum Apabila Ada Gejala COVID Yang Anda Rasakan

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi P-Care BPJS?

Aplikasi P-Care sejatinya telah menjadi salah satu layanan dari BPJS Kesehatan, yang bisa mendata informasi tentang FKTP, riwayat pelayanan kesehatan yang pernah Anda lakukan, data kunjungan sehat dan sakit, hingga data mengenai rujukan dan rujuk balik pasien. Nah dalam hal ini, penggunaan aplikasi P-Care dari BPJS Kesehatan ini sejatinya sangat mudah.

Mula-mula, yang perlu Anda siapkan adalah aplikasi P-Care BPJS itu sendiri yang bisa Anda unduh di Playstore atau melalui situs web BPJS Kesehatan itu sendiri. Nah, agar bisa masuk ke dalam aplikasi, Anda perlu mendatangi kantor BPJS terdekat untuk mendapatkan username dan juga password. Setelah mengunduh aplikasi serta memiliki username dan password, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Masukkan username dan password yang telah Anda peroleh sebelumnya ke dalam kolom yang terlihat pada tampilan awal.

  2. Setelah berhasil masuk, Anda akan diarahkan pada halaman utama di mana informasi mengenai indeks pasien akan muncul. 

  3. Selanjutnya, Anda bisa memilih menu pelayanan yang terdiri dari dua submenu utama, yakni Pendaftaran dan Pelayanan.

  4. Untuk tujuan pengobatan, Anda bisa memilih menu Pendaftaran, kemudian masukkan nomor BPJS Kesehatan, lalu pilih Cari.

  5. Isi data-data pada kolom kosong sesuai dengan kebutuhan Anda, kemudian pilih Simpan apabila data telah terisi dengan benar.

  6. Adapun untuk submenu Pelayanan, Anda akan diminta untuk mengisi kolom kosong sesuai dengan kebutuhan lalu pilih Simpan sebagaimana pada submenu sebelumnya, dan dengan begitu maka data pasien BPJS Kesehatan di FKTP telah selesai diisi.

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi P-Care untuk Vaksinasi COVID-19?

Dalam memudahkan proses vaksinasi, BPJS Kesehatan menambahkan fitur Vaksinasi untuk memudahkan Anda dalam mendaftarkan diri sebagai penerima vaksin. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

  1. Pilihlah tempat dan jadwal vaksinasi COVID-19 yang Anda inginkan dengan cara melakukan verifikasi di situs pedulilindungi.id, melalui SMS ke nomor 1199, UMB ke *119#, ataupun melalui Babinsa setempat. 

  2. Setelah itu, isilah data mengenai domisili, serta screening sederhana mengenai kesehatan Anda.

  3. Selanjutnya Anda akan menerima undangan penerimaan vaksin berbentuk e-ticket dari Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi COVID-19.

  4. Setelah itu sebagai penerima vaksin Anda dapat mengakses pengingat layanan vaksinasi melalui aplikasi PeduliLindungi dan juga aplikasi P-Care Vaksinasi. 

Itulah dia seluk beluk aplikasi P-Care Vaksinasi dari BPJS Kesehatan yang perlu Anda ketahui. Untuk memudahkan proses vaksinasi, jangan lupa untuk mendaftarkan diri Anda ke BPJS terdekat agar mendapatkan username dan password. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Obat Herbal Corona Yang Dapat Anda Konsumsi Untuk Mencegah Covid 19

Referensi

Rokom Kementerian Kesehatan RI. 2021. Pencatatan Vaksinasi COVID-19 melalui Aplikasi Pcare, Kemenkes Instruksikan Dinkes Segera Input Data. 

Azanella, Luthfia Ayu. 2021. Mengenal Aplikasi P-Care Vaksinasi dari BPJS Kesehatan. 

BPJS Kesehatan. Primary Care.

Bagikan artikel ini