Patut Dicoba! Inilah 3 Cara Memutihkan Ketiak

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Jul 2021

Bagikan

Patut Dicoba! Inilah 3 Cara Memutihkan Ketiak

Ada berbagai cara memutihkan ketiak yang dapat dilakukan, salah satunya dengan melakukan perawatan secara mandiri di rumah. Nah, mayoritas hal tersebut dilakukan oleh para wanita yang ingin warna kulit ketiaknya rata dengan bagian kulit lainnya. Dengan begitu, para wanita dapat tampil percaya diri saat mengenakan pakaian tanpa lengan di depan publik.

Ketiak memang menjadi salah satu bagian yang rentan mengalami penggelapan karena adanya lipatan yang bergesekan. Nah, beberapa penyebab ketiak yang menghitam adalah penggunaan deodoran yang kurang tepat, adanya penumpukan sel-sel kulit mati, dan terlalu sering mencukur.

3 Cara memutihkan ketiak

Anda mungkin juga mengetahui bahwa segala sesuatu yang aman, hasilnya tidak akan muncul dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, perawatan secara mandiri di rumah harus dilakukan secara rutin. Nah, beginilah tiga cara memutihkan ketiak yang aman untuk Anda coba.

  1. Melakukan scrubbing pada kulit ketiak dengan body scrub

Pada dasarnya, scrubbing adalah proses untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang telah menumpuk setelah melakukan berbagai aktivitas yang menguras tenaga. Biasanya jenis scrub yang dipilih untuk membersihkan area ketiak juga dapat digunakan untuk seluruh tubuh. Nah, cara memutihkan ketiak yang satu ini dapat Anda lakukan selama satu minggu sekali.

Agar lebih praktis, Anda dapat membeli body scrub dari suatu brand yang dijual di toko kosmetik maupun pasar swalayan. Pilihlah wewangian atau bahan dasar body scrub tersebut sesuai dengan selera sehingga Anda akan merasa senang untuk menggunakannya secara rutin.

Cara melakukan scrubbing ini tentu sangatlah mudah karena Anda hanya perlu mengambil sedikit body scrub tersebut dan mengaplikasikannya pada ketiak. Namun karena body scrub memiliki butiran halus, maka Anda juga harus melakukannya secara perlahan agar kulit ketiak tidak terasa sakit.

  1. Memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah

Bahan-bahan alami yang dimaksud, antara lain lemon, timun, lidah buaya, dan masih banyak lagi yang tentunya mudah ditemukan. Nah, Anda dapat memilih salah satu bahan alami tersebut untuk kemudian diiris dan menempelkannya pada kulit ketiak. Jika Anda memilih lidah buaya, maka gosok-gosokkan juga hingga lendirnya dapat merata ke seluruh kulit ketiak.

Setelah itu, diamkan kurang lebih selama 10 menit dan bilas menggunakan air bersih. Nah, cara memutihkan ketiak yang satu ini juga sebaiknya Anda lakukan selama satu atau dua kali dalam seminggu secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Ketiga bahan alami yang digunakan pada cara memutihkan ketiak ini mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Dengan begitu, proses regenerasi sel pada kulit ketiak Anda dapat berlangsung lebih cepat.

  1. Mengaplikasikan tea tree oil, minyak zaitun, atau minyak kelapa

Anda mungkin sudah familiar dengan tea tree oil yang memiliki beragam manfaat untuk kulit. Nah, salah satunya adalah untuk memutihkan kulit ketiak yang telah menggelap. Tentunya cara memutihkan ketiak ini dapat dengan mudah Anda lakukan di rumah karena hanya perlu mencampurkan beberapa tetes dengan air. 

Setelah itu, oleskan campuran tersebut pada kulit ketiak Anda secara merata dan diamkan beberapa waktu hingga kering. Pastikan bahwa Anda menerapkan cara memutihkan ketiak yang satu ini dengan teratur setiap kali Anda selesai mandi. 

Namun selain tea tree oil, Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa sebagai bahan untuk memutihkan kulit ketiak. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mencampur minyak zaitun dengan gula pasir dan aplikasikan layaknya memakai body scrub. Sedangkan, Anda tidak perlu mencampur apapun apabila memilih minyak kelapa.

Nah, itulah tiga cara memutihkan ketiak yang aman dan efektif untuk Anda lakukan di rumah. Jangan lupa untuk memberikan pelembab juga pada ketiak, ya! Apabila cara-cara tersebut justru membuat kulit ketiak Anda menjadi iritasi, maka segera periksa ke dokter agar dapat segera ditangani. 

Selain melakukan perawatan secara mandiri di rumah, Anda juga dapat datang ke klinik kecantikan untuk mendapatkan treatment khusus. Namun, Anda harus melakukan treatment tersebut beberapa kali terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

 

Referensi:

Frothingham, Scott. How to Lighten Underarms. 2018

 

Watson, Stephanie. What Causes Dark Underarms, and How Are They Treated?. 2019

 
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi