Bantuan
Free Tele x

Obat Sakit Gigi Alami yang Mudah Ditemui Untuk Redakan Gejala Yang Mengganggu

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 16 Dec 2021

Bagikan

Ketahui Obat Sakit Gigi Alami yang Mudah Ditemui

Tahukah Anda apa saja obat sakit gigi alami yang bisa dikonsumsi untuk redakan gejala mengganggu? Saat ini, obat sakit gigi memang dapat ditemukan dengan mudah di banyak apotek. Meskipun begitu, gejala sakit gigi yang terasa begitu sakit dan mengganggu memang terkadang mampu membuat kita tidak sanggup untuk melangkahkan kaki ke apotek secara mandiri. 

Jika permasalahannya seperti ini, sebenarnya ada beberapa obat sakit gigi alami yang bisa Anda gunakan untuk meredakan gejala yang mengganggu tersebut. Lantas apa saja obat sakit gigi alami yang dimaksud dalam hal ini? Untuk dapat mengetahuinya, simak terus penjelasan berikut ini. 

Obat Sakit Gigi Alami

Bisa diatasi dengan berbagai cara, obat sakit gigi alami menjadi salah satu alternatif yang bisa dipilih bagi Anda yang tengah merasakan gejala sakit gigi yang begitu mengganggu. Adapun beberapa contoh obat sakit gigi alami yang bisa Anda pilih adalah sebagai berikut.

  1. Air Garam

Air garam menjadi alternatif obat sakit gigi pertama yang bisa dikonsumsi untuk meredakan gejala sakit gigi yang Anda rasakan. Untuk menggunakannya, Anda bisa mencampurkan sekitar ½ sendok teh garam ke dalam air hangat, lalu gunakan larutan ini untuk berkumur. Air garam dalam hal ini dapat menjadi desinfektan yang mampu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka. 

  1. Bawang Putih

Bawang putih menjadi salah satu rempah yang banyak digemari untuk memberikan rasa gurih pada masakan. Selain itu, bawang putih nyatanya juga mampu menjadi obat sakit gigi alami, karena mampu membunuh bakteri-bakteri yang ada pada plak gigi. Untuk menggunakannya, mula-mula Anda perlu menghancurkan 1 siung bawang putih hingga halus, kemudian oleskan pada area sakit gigi. Selain itu, Anda juga bisa mengunyah bawang putih ini secara langsung demi merasakan khasiat yang lebih kuat.

Baca Juga: Ini Obat Sakit Gigi Agar Cepat Sembuh Yang Anda Dapatkan Di Apotek

  1. Teh Peppermint

Alternatif obat sakit gigi alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi adalah teh peppermint. Jenis teh yang satu ini memang sudah lama terkenal akan khasiatnya yang mampu mengatasi sakit gigi dan juga gigi sensitif.

Cara penggunaannya pun sebenarnya cukup mudah. Mula-mula, Anda hanya perlu menyeduh teh tersebut sama seperti Anda menyeduh teh biasanya. Setelah itu, dinginkan kantong teh bekas di dalam freezer, lalu gigit kantong teh yang telah dingin tersebut dengan bagian gigi yang mengalami rasa sakit.

  1. Cengkeh

Terkenal sebagai salah satu obat herbal dalam mengatasi berbagai macam jenis penyakit, cengkeh telah begitu populer di China dan India dalam mengatasi rasa sakit gigi yang mengganggu. Khasiat cengkeh dalam hal ini datang dari kandungan senyawa eugenol-nya yang mampu menghilangkan rasa sakit secara alami. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menggigit batang cengkeh utuh hingga beberapa saat. 

  1. Daun Jambu

Masih belum banyak yang mengetahui bahwa ternyata daun jambu juga memiliki khasiat yang bagus dalam mengatasi gejala sakit gigi yang mengganggu. Untuk memperoleh manfaat daun jambu dalam mengatasi sakit gigi ini, Anda hanya perlu mengunyah 1-2 lembar daun jambu hingga keluar airnya.

Oleskan sari-sari daun jambu ini langsung pada gigi yang sakit dengan menggunakan lidah. Untuk Anda yang tidak suka dengan pahitnya daun jambu, cobalah untuk merebus beberapa lembar daun ini terlebih dahulu, kemudian jadikan air rebusannya sebagai obat kumur.

Demikianlah penjelasan mengenai alternatif obat sakit gigi alami terbaik yang bisa Anda gunakan saat gejala sakit gigi menyerang secara tiba-tiba. Untuk dapat mengatasi rasa sakit gigi ini dengan tuntas, cobalah untuk mengonsultasikan diri ke dokter demi mendapatkan penanganan yang tepat. 

Sebaiknya Anda tidak menyepelekan rasa sakit gigi yang Anda alami, karena hanya akan mendatangkan berbagai macam komplikasi berbahaya jika tidak segera ditangani. Untuk itu, kunjungilah dokter sesegera mungkin begitu Anda merasakan rasa nyeri yang semakin hebat dan tak kunjung sembuh, mengalami demam tinggi, timbul cairan nanah akibat gigi yang mengalami infeksi, gusi bengkak, hingga rasa sakit gigi yang menjalar hingga ke bagian telinga.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Obat yang Bisa Dicoba di Rumah

 

Sumber:

1. Cronkleton, Emily. 2021. 11 Home and Natural Remedies for Toothache Pain.

2. Sawyers, Tessa. 2019. How to Get Rid of a Toothache at Night.

3. Nazario, Brunilda. 2020. Toothache Home Remedies.

Bagikan artikel ini