Bantuan
Free Tele x

Obat Radang Tenggorokan Alami untuk Anak Sakit

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 29 Jun 2022

Bagikan

Obat Radang Tenggorokan Alami untuk Anak Sakit

Apakah bunda sedang mencari obat radang tenggorokan anak? Saat anak Anda mengeluhkan rasa nyeri, tidak nyaman dan kering pada tenggorokan, maka itu gejala radang tenggorokan. Mungkin beberapa  orang tua sedikit khawatir mengenai kondisi anak yang satu ini karena terkadang anak menjadi rewel. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena di bawah ini ada beberapa obat yang bisa Anda gunakan untuk meredakan radang tenggorokan pada anak.

 

Penyebab Radang Tenggorokan pada Anak

Sebelum Anda mengetahui apa saja obat radang tenggorokan anak, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja  faktor penyebab radang tenggorokan terjadi pada anak. Oleh karena itu, simak beberapa hal yang menjadi penyebab radang tenggorokan pada anak di bawah ini. 

  1. Makanan

Penyebab radang tenggorokan pada anak yang pertama yaitu makanan. Makanan-makanan yang bisa menyebabkan radang tenggorokan yaitu makanan berminyak dan makanan pedas. Selain menyebabkan radang tenggorokan, kedua makanan tersebut juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Jadi, sebagai orang tua Anda perlu membatasi saat anak mengonsumsi kedua makanan tersebut. 

  1. Udara yang kering

Selain makanan, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh udara yang kering. Saat udara terlalu kering, maka tenggorokan akan terasa gatal dan tidak nyaman. Seiring berjalannya waktu, kondisi ini membuat tenggorokan menjadi sakit. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda bisa menggunakan air humidifier di ruangan agar udara menjadi lembap. 

  1. Influenza 

Penyebab radang tenggorokan pada anak yang terakhir yaitu influenza. Penyakit ini disebabkan oleh virus influenza yang menyebabkan tenggorokan sakit. Untuk mencegahnya, Anda perlu menjaga anak terhindar dari virus dengan cara melatihnya untuk rajin mencuci tangan serta menggunakan masker saat di tempat umum. 

 

Obat Radang Tenggorokan Anak

Lantas apa saja obat radang tenggorokan untuk anak? Obat radang tenggorokan untuk anak terdiri dari yang alami dan juga medis. Untuk lebih lengkapnya berikut ini beberapa obat radang tenggorokan anak baik yang alami ataupun medis. 

  1. Es krim

Mungkin beberapa dari Anda mengira es krim menjadi sumber masalah karena dalam menyebabkan anak menjadi pilek. Namun tahukah Anda, ternyata es krim dapat menjadi obat radang tenggorokan pada anak. Pasalnya, sensasi dingin dari es krim dapat menenangkan jaringan yang sedang meradang. Tidak hanya itu, es krim juga mampu menurunkan ujung saraf di tenggorokan sehingga mengurangi rasa nyeri. 

  1. Air madu hangat

Anda juga bisa mengatasi radang tenggorokan pada anak dengan obat yang sangat sederhana yaitu air madu hangat. Pasalnya, air madu hangat mampu menenangkan tenggorokan yang gatal dan kering karena memiliki sifat anti inflamasi. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menuangkan segelas air hangat lalu tuangkan sesendok madu. Anda juga bisa menggunakan segelas teh hangat dengan madu. 

  1. Air garam

Selain air madu hangat, Anda juga bisa menggunakan air garam untuk mengatasi radang tenggorokan anak. Caranya cukup mudah yaitu dengan melarutkan garam ke dengan air hangat lalu gunakan larutan tersebut untuk berkumur. Namun Anda perlu memerhatikan usia sang anak jika mencoba obat yang satu ini. Obat yang satu ini tidak disarankan untuk  anak yang terlalu kecil. Idealnya, obat ini digunakan untuk anak usia 5 tahun ke atas. 

Baca juga: Berbagai Obat Radang Tenggorokan Baik Alami atau Medis

  1. Obat-obatan dari dokter

Obat radang tenggorokan anak yang bisa Anda gunakan selanjutnya yaitu antibiotik. Obat yang satu ini digunakan jika radang tenggorokan yang dialami disebabkan oleh infeksi bakteri. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk penggunaan obat ini. Pasalnya, dokter hanya memberikan obat antibiotik jika radang tenggorokan yang di alami anak Anda disertai gejala seperti demam. Perlu  diperhatikan, obat antibiotik perlu dihabiskan sesuai dokter meskipun radang tenggorokan telah membaik. 

Itulah dia beberapa obat radang tenggorokan anak yang bisa Anda berikan. Jangan pernah ragu membawa anak Anda untuk berkonsultasi dengan dokter. Terlebih lagi jika anak Anda mengalami gejala berupa sulit menelan, sulit berbicara, tidak enak badan bahkan sulit bernapas, maka segera mencari pertolongan medis. 

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Konsumsi Vitamin untuk Radang Tenggorokan Ini untuk Mempercepat Penyembuhan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

THT

Mulai dari IDR 170.000

Pesan Sekarang
Referensi

Watson, Stephanie. 2020. Sore Throat 101: Symptoms, Causes, and Treatment. https://www.healthline.com/health/sore-throat

Coelho, Steph. 2020. What to know about strep throat in babies. https://www.medicalnewstoday.com/articles/strep-throat-in-babies

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

THT

Mulai dari IDR 170.000

Pesan Sekarang