Bantuan
Bantuan

Nyeri Dada Sebelah Kanan, Apa Pemicunya?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 07 Dec 2021

Bagikan

Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan, Berbahayakah?

Rasa sakit yang timbul akibat nyeri dada sebelah kanan bisa disebabkan karena berbagai faktor, salah satu faktor yang paling dikenal masyarakat adalah gangguan jantung. Namun pada fakta yang sebenarnya, nyeri dada sebelah kanan justru tidak disebabkan oleh gangguan pada jantung. Meskipun bukan berasal dari gangguan pada jantung, alangkah baiknya segera konsultasikan dengan dokter agar ketika Anda merasakan gelaja nyeri dada sebelah kanan bisa segera ditindaklanjuti.

Baca Juga: Dada Tampak Menonjol? Ketahui Penyebab Barrel Chest Berikut Ini

Penyebab Nyeri Dada Di Sebelah Kanan

Nyeri dada sebelah kanan tidak selalu disebabkan oleh adanya penyakit. Dalam beberapa kondisi nyeri dada sebelah kanan bisa muncul ketika Anda mengonsumsi makanan yang terlalu besar lalu tertelan, mengangkat beban terlalu berat atau bisa juga karena trauma yang Anda rasakan pada dada. Ada pun penyebab nyeri dada sebelah kanan lainya yang perlu Anda ketahui, di antaranya: 

  1. Adanya Infeksi Pada Organ Paru-Paru 

Infeksi paru-paru merupakan salah satu dari banyak faktor nyeri dada sebelah kanan, pemicu utamanya apabila Anda telah terserang penyakit seperti asma, pneumonia, bronchitis atau peradangan pada paru-paru. Umumnya pengidap penyakit tersebut merasakan sakit ketika bernapas dan batuk yang terlalu keras sehingga menyebabkan dada menjadi sakit.  

  1. Adanya Infeksi Pada Kantung Empedu 

Penyebab nyeri dada sebelah kanan selanjutnya adalah karena adanya infeksi pada kantung empedu. Masyarakat lebih familiar menyebut infeksi ini sebagai penyakit batu empedu yang timbul karena pengerasaan pada cairan pencernaan sehingga menjadi tertimbun dan mengakibatkan cairan tersebut tidak sampai ke usus. 

Infeksi pada kantung empedu ditandai dengan adanya rasa sakit pada bagian sisi kanan atas perut Anda. Apabila sakit yang timbul dari infeksi kantung empedu di rasa semakin intens dan menjalar hingga menimbulkan rasa sakit pada bagian organ tubuh lainnya, segeralah cari pertolongan medis.

  1. Adanya Gangguan Pada Sistem Pencernaan

Nyeri dada sebelah kanan bisa juga disebabkan oleh gangguan sistem pencernaan. Gangguan pada sistem pencernaan, bisa menyebabkan rasa nyeri pada dada sebelah kanan. Penyebab gangguan sistem pencernaan biasanya dimulai ketika naiknya asam lambung ke kerongkongan sehingga menimbulkan rasa mual dan mulas di perut. Akibatnya asupan makanan menjadi tidak tercerna dengan baik. 

Kebiasaan buruk dengan pola makan yang salah, mengonsumsi obat-obatan yang kurang tepat, merokok, terlalu banyak meminum kopi, dan alkohol pun akan turut menjadi salah satu penyebab timbulnya gangguan pada pencernaan. 

Baca Juga: Makanan yang Sehat untuk Sistem Pencernaan Manusia

  1. Penyakit Hepatitis 

Penyakit pembengkakan hati atau biasa dikenal dengan sebutan hepatitis adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi yang disebabkan oleh virus tertentu. Selain itu, kebiasaan-kebiasaan dan gaya hidup yang buruk, seperti seringnya mengonsumsi alkohol juga bisa memicu penyakit hepatitis. 

Hepatitis terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu hepatitis A, B, C, D dan E yang kesemua jenisnya menyerang organ hati. Pada umumnya penderita hepatitis akan merasakan gejala-gejala seperti demam, mata menjadi berwarna kuning, mual, sakit di bagian perut hingga merasakan nyeri dada sebelah kanan.

  1. Gangguan Kecemasan 

Ada pun faktor lain nyeri dada sebelah kanan, yaitu adanya gangguan kecemasan. Terlalu berlebihan dalam memikirkan sesuatu tidaklah baik untuk kesehatan mental karena akan menyebabkan rasa stres yang begitu berat juga gejala anxiety atau kecamasan. Ganguaan ini biasanya akan memicu penderitanya dengan panic attack atau serangan panik yang datang secara tiba-tiba. 

Baca Juga: Termasuk Salah Satu Gangguan Mental, Kecemasan Adalah?

Serangan panik ini memang menyerupai seperti serangan jantung pada umumnya sehingga apabila dibiarkan dan tidak diobati akan membahayakan bagi penderitanya. Seperti halnya serangan jantung, ketika mengalami serangan panik penderita akan merasa sesak napas, nyeri dada sebelah kanan, pusing yang berbayang disertai keringat yang bercucuran dan seolah seperti mati rasa pada anggota tubuh lainnya. 

Nyeri dada sebelah kanan tidak bisa dianggap masalah sepele. Seperti pada uraian di atas, ternyata cukup banyak penyakit-penyakit serius yang menjadi penyebabnya sehingga butuh penanganan yang lebih intens. Terlebih apabila telah merasakan gejala-gejala serupa yang tidak kunjung sembuh dalam jangka waktu yang cukup lama. Dokter tentunya akan memberikan treatment atau pengobatan terbaik untuk membantu penyembuhan agar tidak membahayakan bagi keselamatan Anda.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

Jenny, Hills. Causes of Right Side Chest Pain and When You Must See a Doctor (no date). 

 

Sccacia, Annamarya. What’s Causing Pain in the Right Side of My Chest? 2018.

Bagikan artikel ini