Mudah Dilakukan, Begini Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

2 Cara Menghitung Masa Subur Wanita yang Akurat!

Cara menghitung masa subur merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh para wanita. Sayangnya, masih banyak yang belum paham mengenai cara menghitung masa subur ini. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena menghitung masa subur wanita itu sejatinya sangat mudah. Untuk itu, mari kita simak terlebih dahulu penjelasan mengenai hal tersebut.

Mengapa Menghitung Masa Subur Itu Penting?

Jika Anda masih bertanya-tanya, sebenarnya apa pentingnya menghitung masa subur bagi para wanita? Dalam hal ini, terdapat 3 jawaban untuk Anda. Ternyata, mengetahui masa subur itu sangatlah penting karena dapat membantu Anda dalam beberapa hal berikut ini. 

  1. Untuk Perencanaan Kehamilan

Pertama, mengetahui masa subur wanita sangatlah penting dan akan sangat membantu bagi pasangan yang tengah merencanakan kehamilan. Dengan mengetahui masa subur, Anda dan pasangan menjadi lebih tahu kapan waktu berhubungan intim dengan peluang hamil yang paling tinggi. Dalam hal ini, jika Anda juga sedang merencanakan kehamilan, maka waktu yang terbaik adalah pada masa subur wanita, menjelang terjadinya ovulasi. 

  1. Untuk Mencegah Kehamilan

Selain dapat sangat membantu bagi para pasangan yang sedang tidak sabar menanti si kecil, mengetahui masa subur wanita juga penting bagi para pasangan yang tengah memutuskan untuk menunda kehamilan karena satu dan lain hal. Berkebalikan dengan alasan sebelumnya, jika Anda dan pasangan tengah berupaya untuk mencegah kehamilan, maka waktu terbaik untuk berhubungan intim dengan tingkat kehamilan paling rendah adalah ketika Anda tidak sedang dalam masa subur. 

  1. Untuk Mengetahui Kesehatan Reproduksi

Tidak selalu berhubungan dengan kehamilan, mengetahui masa subur wanita juga penting sebagai salah satu indikator dalam menilai kesehatan reproduksi Anda. Mengapa demikian, karena dengan mengetahui masa subur, Anda menjadi lebih aware ketika siklus reproduksi tidak berjalan sesuai dengan normalnya. Dengan begitu, Anda bisa menjadi lebih siap dan tanggap dalam mengantisipasi terjadinya masalah serius dalam kesehatan reproduksi.

Baca Juga: Kenali Seluk Beluk Sistem Reproduksi Wanita Berikut Ini

Cara Menghitung Masa Subur

Mengingat pentingnya mengetahui masa subur wanita sebagaimana yang dijelaskan di atas, selanjutnya Anda perlu mengetahui cara menghitung masa subur yang tepat. Adapun cara menghitung masa subur pada wanita tersebut di antaranya adalah sebagai berikut. 

1. Menghitung Masa Subur Setelah Keguguran

Apabila Anda habis mengalami keguguran dan ingin segera hamil kembali, maka mengetahui masa subur dapat membantu Anda. Cara menghitung masa subur setelah keguguran yaitu membuat kalender menstruasi. Anda perlu mengetahui masa menstruasi setelah mengalami keguguran, tandai kapan pertama kali menstruasi datang dan kapan berakhir.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui masa subur dengan memperhatikan perubahan pada tubuh. Tanda-tanda wanita sedang mengalami menstruasi yaitu payudara nyeri, lendir pada vagina yang meningkatkan dan perubahan suhu tubuh. 

2. Menghitung Masa Subur Setelah Haid

Anda juga bisa menghitung masa subur wanita dengan berpatokan pada haid. Pertama-tama Anda perlu mengetahui siklus terpendek menstruasi dan siklus terpanjang menstruasi. Masa subur hari pertama dapat Anda ketahui, dengan mengurangi 18 pada siklus terpendek. Sebagai contoh, siklus terpendek yaitu 25 hari dan dikurangi 18, maka menghasilkan angka 7.

Berarti masa subur hari pertama yaitu 7 hari setelah Anda mengalami menstruasi. Dan untuk mengetahui hari terakhir masa subur yaitu mengurangi siklus terpanjang dengan 11. Sebagai contoh, siklus terpanjang yaitu 30 dan dikurangi 11, maka menghasilkan 19. Berarti, masa subur Anda akan berarti pada hari ke 19 setelah menstruasi. 

Itulah beberapa informasi mengenai cara menghitung masa subur dan alasan mengapa harus menghitung masa subur. Selain cara di atas, Anda juga dapat memprediksi masa subur wanita ini dengan cara menggunakan alat prediksi kesuburan, yang dapat mengukur kadar hormon dalam urin Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alat monitor kesuburan yang dapat mengidentifikasi waktu ovulasi, dan mengidentifikasi waktu di mana Anda berada pada masa yang paling subur dengan tingkat kemungkinan hamil yang cukup tinggi.

Dalam kaitannya untuk memonitor kesehatan reproduksi, apabila Anda mengalami siklus haid yang tidak teratur sehingga tidak bisa melakukan perhitungan seperti di atas, maka, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi pada Masa Pubertas

 

Sumber:

1. Planned Parenthood. What’s the calendar method of FAMs?.  

2. Your Fertility. 2021. Your Fertility right time for sex

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi