Merasa Mengganggu Penampilan? Ini Cara Menghilangkan Tahi Lalat

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 07 Dec 2021

Bagikan

Alami dan Aman! Ini 5 Cara Menghilangkan Tahi Lalat

Terbilang mengganggu penampilan, banyak orang mempertanyakan bagaimana cara menghilangkan tahi lalat? Meskipun mayoritas tahi lalat pada dasarnya tidak berbahaya, tetapi keberadaannya ini cukup mengganggu bagi banyak orang, terutama dari segi kecantikan. Untuk itulah, banyak yang mempertanyakan mengenai cara menghilangkan tahi lalat dengan efektif namun tetap aman. 

Tahi lalat sendiri pada dasarnya adalah bentuk kelainan pigmen kulit yang bisa terjadi pada bagian tubuh manapun, bahkan dikatakan juga bahwa manusia pada umumnya memiliki sekitar 10 sampai 40 tahi lalat tersebar di area kulitnya. 

Sebenarnya ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan tahi lalat ini. Untuk caranya sendiri bisa Anda pertimbangkan sesuai dengan ukuran dari tahi lalat yang ingin dihilangkan itu sendiri. Adapun beberapa alternatif cara menghilangkan tahi lalat tersebut di antaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Memakai krim

Saat ini telah beredar beberapa produk krim yang dipercaya mampu menghilangkan tahi lalat. Meskipun begitu, Anda harus berhati-hati dan berusahalah untuk memilih produk yang sudah terjamin keamanannya. Walaupun cara yang satu ini bisa dibilang cukup terjangkau, tetapi keefektifannya juga terbilang cukup rendah. Pemakaian krim ini juga mengharuskan Anda untuk menggores permukaan kulit dengan tahi lalat terlebih dahulu sebelum pada akhirnya dioleskan dengan krim. Pada akhirnya, selain lebih rentan terhadap infeksi, cara ini juga akan meninggalkan bekas luka yang mungkin justru terlihat lebih jelas dan mengganggu lagi. 

Baca Juga: Mengenal Berbagai Manfaat Collagen Untuk Kulit

  1. Eksisi cukur dan eksisi bedah

Cara menghilangkan tahi lalat berikutnya ini perlu dijalankan oleh dokter professional. Apabila tahi lalat Anda cukup kecil maka tindakan eksisi cukur saja sudah cukup. Eksisi cukur ini dilakukan dengan menggunakan alat seperti pisau cukur dengan elektroda kecil di ujungnya. Adapun tindakan eksisi bedah diperuntukkan bagi kasus tahi lalat berukuran lebih besar. Di sini dokter sebelumnya akan membius area di sekitar tahi lalat yang akan dihilangkan, kemudian mulai menjalankan prosedur untuk memotong tahi lalat dan jaringan di sekitarnya menggunakan pisau bedah. Setelah itu, dokter akan menutup kembali luka dengan jahitan. 

  1. Menggunakan laser

Tahi lalat Anda kecil, datar, dan memiliki warna yang cenderung cerah? Maka tindakan dengan menggunakan laser ini menjadi pilihan yang tepat. Dengan metode ini, hasil pembedahan akan lebih maksimal dan tidak meninggalkan bekas yang mengganggu. Untuk melakukannya, biasanya dokter akan memberikan bius anestesi lokal, kemudian laser langsung dipancarkan pada tahi lalat yang akan dihilangkan. Setelah itu, tahi lalat pun akan menghilang dengan baik. Namun, cara yang satu ini memang tidak cukup efektif untuk kasus tahi lalat yang sudah cukup besar dan mendalam.

  1. Kauterisasi atau bedah listrik

Selanjutnya, Anda juga dapat menjalankan tindakan bedah listrik demi menghilangkan tahi lalat di permukaan kulit. Cara yang satu ini dilakukan dengan membakar lapisan kulit tempat tahi lalat berada. Proses pembakaran ini dilakukan dengan menggunakan kawat steril yang sebelumnya telah dipanaskan dengan arus listrik. Kawat yang telah panas ini kemudian akan dipakai untuk pembakaran lapisan kulit tahi lalat yang paling atas. Agar tahi lalat dapat benar-benar hilang dengan sempurna, Anda perlu melakukan lebih dari satu sesi pengobatan. 

  1. Bedah beku

Jika sebelumnya menggunakan energi panas untuk menghilangkan tahi lalat, cara selanjutnya ini dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan nitrogen dengan suhu yang rendah ke area tahi lalat. Nitrogen yang sangat dingin ini nantinya akan menghancurkan jaringan kulit tahi lalat hingga pada akhirnya menghilang dari permukaan kulit Anda. Meskipun begitu, memang prosedur yang satu ini akan menimbulkan bekas lepuh sementara, yang nantinya akan hilang dengan sendirinya dalam 7 sampai 10 hari. 

Nah itulah dia beberapa alternatif cara menghilangkan tahi lalat yang bisa Anda pilih untuk mengatasi permasalahan tahi lalat Anda. Semua prosedur di atas harus dilakukan di bawah pengawasan dokter spesialis kulit ataupun dokter bedah. Agar terhindar dari risiko infeksi, sebaiknya Anda tidak menjalankan prosedur menghilangkan tahi lalat ini secara mandiri di rumah. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Lapisan Kulit Manusia: Memahami Struktur dan Fungsi Dari Kulit

 

Sumber:

Schlessinger, Joel. Mole Removal Procedure and After Care. 

University of Michigan Health. Removing Moles and Skin Tags. 

 

American Academy of Dermatology Association. Moles: Diagnosis and Treatment.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi