Bantuan

Menimbulkan Bercak yang Lebih Gelap Pada Kulit, Ini Penyebab Pigmentasi dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 14 Feb 2022

Bagikan

pigmentasi

Apakah Anda tahu, apa penyebab pigmentasi dan cara mengatasinya? Pigmentasi kulit itu sendiri merupakan suatu kondisi dimana terdapat bercak pada kulit yang terlihat lebih gelap dari bagian yang lainnya. Pigmentasi ini dapat terjadi karena zat melanin yang berfungsi mewarnai kulit diproduksi secara berlebihan oleh kulit pada beberapa bagian tertentu sehingga warna kulit tidak merata. 

Lalu apa yang menyebabkan pigmentasi dan cara mengatasinya? Kedua hal tersebut nantinya akan dibahas dalam artikel ini. Akan tetapi, sebelum itu Anda perlu mengetahui jenis-jenis pigmentasi terlebih dahulu. 

Jenis-Jenis Pigmentasi Kulit

Ada 3 jenis pigmentasi kulit yaitu vitiligo, melasma, dan albinisme. Berikut ini penjelasan detail mengenai jenis-jenis pigmentasi kulit yang perlu Anda ketahui. 

  1. Vitiligo

Vitiligo merupakan kondisi yang menyebabkan penderitanya kehilangan warna kulit sehingga muncullah bercak putih. Area yang paling sering mengalami vitiligo, yaitu area yang sering terpapar sinar matahari secara langsung. Selain itu, produk-produk kimia yang tidak cocok dapat menyebabkan pigmentasi kulit yang satu ini. 

  1. Melasma

Melasma merupakan  kondisi di mana munculnya bercak hitam pada hidung, tangan, dagu, kulit pipi hingga leher. Kondisi yang satu ini umumnya dialami oleh wanita, terutama wanita hamil karena terjadi perubahan hormon. 

  1. Albinisme

Jenis pigmentasi kulit yang terakhir, yaitu albinisme atau kondisi kelainan genetik yang menyebabkan sel melamin penderitanya tidak berfungsi dengan baik. Ciri-ciri orang yang mengalami pigmentasi kulit yang satu ini yaitu mengaai masalah pada warna mata, kulit, dan rambut. 

Penyebab Pigmentasi

Lantas apa yang menyebabkan pigmentasi dapat terjadi? Ada beberapa kondisi yang menyebabkan pigmentasi dapat terjadi, diantara sebagai berikut:

  1. Usia

Kondisi pertama yang menyebabkan terjadinya pigmentasi kulit, yaitu faktor usia. Seiring dengan bertambahnya usia, maka distribusi melanin hanya terfokus pada beberapa bagian tertentu. Kondisi ini dapat menyebabkan sering terlihat bintik-bintik hitam pada orang yang berusia di atas 40 tahun. 

  1. Paparan Sinar Matahari

Penyebab utama terjadinya pigmentasi kulit, yaitu paparan sinar matahari. Kondisi ini terjadi karena ketika kulit terkena paparan sinar matahari, maka melanin akan berfungsi sebagai tabir surya yang melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Ketika paparan sinar matahari terjadi secara berlebihan, maka akan menyebabkan pigmentasi kulit. 

  1. Penyakit

Pigmentasi kulit juga dapat terjadi karena adanya beberapa penyakit tertentu seperti gangguan pencernaan, kekurangan vitamin, gangguan metabolisme, dan penyakit autoimun. Namun, ada penyakit yang lebih serius yang dapat menyebabkan pigmentasi kulit seperti penyakit Addison dan hemokromatosis. 

Cara Mengatasi Pigmentasi

Apabila Anda mengalami pigmentasi kulit, maka segeralah untuk memeriksakannya ke dokter agar segera mendapatkan  penanganan. Apabila pigmentasi kulit yang dialami masih ringan, maka akan dokter akan memberikan beberapa pengobatan untuk mengatasi pigmentasi. Berikut ini beberapa pengobatan yang diberikan untuk mengatasi pigmentasi kulit. 

  1. Pemberian Obat Resep Topikal

Cara mengatasi pigmentasi kulit yang pertama, yaitu melalui pemberian obat resep topikal. Obat yang satu ini mengandung hydroquinone atau zat yang dapat memutihkan kulit. Akan tetapi, penggunaan hydroquinone dalam jangka panjang dapat menyebabkan ochronosis atau kulit menjadi gelap atau kebiruan. Oleh karena itu, penggunaan zat ini harus sesuai resep dan pengawasan dokter. 

  1. Menggunakan Retinoid Topikal

Mengatasi pigmentasi kulit dapat dilakukan  juga dengan menggunakan retinoid topikal. Penggunaan retinoid topikal ini dapat meringankan bintik-bintik hitam pada kulit. Untuk dapat meringankan area gelap atau bintik-bintik hitam dibutuhkan waktu beberapa bulan. 

  1. Menggunakan Tabir Surya

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk mengatasi pigmentasi kulit, yaitu dengan menggunakan tabir surya. Tabir surya merupakan salah satu faktor yang penting dalam mencegah dan mengatasi pigmentasi kulit. Pada saat memiliki tabir surya, pilihlah yang mengandung sek oksida dan SPF 30 hingga 50. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai penyebab pigmentasi dan cara mengatasinya. Apabila Anda mengalami pigmentasi kulit, maka sebaiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Nantinya dokter akan memberikan bantuan untuk menentukan perawatan yang tepat untuk Anda lakukan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Mengenal Berbagai Jenis Penyakit Kulit Yang Wajib Anda Ketahui

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Sissons, Beth. 2018. What to know about hyperpigmentation. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323808

Eucerin. Hyperpigmentation – What causes dark spots and how can I reduce them?. https://int.eucerin.com/skin-concerns/uneven-skin/hyperpigmentation#

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang