Mengulik Gejala Ambeien pada Wanita Beserta Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Dec 2021

Bagikan

5 Gejala Ambeien pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Sudahkah Anda tahu apa saja gejala ambeien pada wanita? Ambeien atau sering disebut juga dengan wasir merupakan suatu penyakit yang terjadi karena adanya pembengkakan pada pembuluh darah sekitar anus. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh duduk terlalu lama atau mengejan terlalu keras saat buang air besar. 

Gejala ambeien pada wanita 

Lalu apa saja gejala ambeien pada wanita yang sering kali ditimbulkan? Berikut ini ada beberapa gejala ambeien pada wanita yang sering muncul. 

  1. Iritasi sekitar anus

Gejala ambeien pada wanita yang sering muncul pertama, yaitu munculnya iritasi di sekitar anus. Kondisi ini membuat penderitanya merasa tidak nyaman untuk duduk terutama pada kuri dengan permukaan yang keras, bahkan duduk di permukaan yang keras hanya akan memperburuk kondisi ambeien. 

  1. Gatal sekitar anus

Wanita yang mengalami ambeien juga akan merasakan gatal yang tidak tertahankan di sekitar anus. Umumnya, wanita yang mengalami gejala yang satu ini akan merasa tidak nyaman sehingga mengganggu kualitas tidurnya. Rasa gatal ini berasal dari iritasi di kulit anus yang disebabkan oleh feses mikroskopik yang terdapat dalam lendir. 

  1. Muncul benjolan di anus

Gejala ambeien pada wanita yang ini merupakan gejala yang sangat khas, yaitu munculnya benjolan di anus. Pada umumnya, benjolan ini akan muncul di sekitar anus atau berada di dalam rektum. Pada dasarnya, benjolan ini merupakan pembuluh darah yang mengalami pembengkakan dan setia prolaps. 

  1. Nyeri saat buang air besar

Penderita ambeien umumnya juga akan merasakan nyeri ketika buang air besar. Akibat rasa nyeri ini, mungkin Anda kan enggan untuk buang air besar dan mencoba menahannya. Akan tetapi cara ini hanya akan membuat perut Anda menjadi tidak nyaman bahkan bisa menyebabkan kebocoran feses. 

  1. Keluar darah saat buang air besar

Gejala ambeien pada wanita  yang terakhir, yaitu keluarnya darah saat buang air besar. Kondisi ini dapat terjadi karena pembuluh darah yang berada disekitar anus mengalami pembekakan kemudian pecah.

Cara mengatasi ambeien pada wanita

Setelah mengetahui apa saja gejala ambeien pada wanita, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi ambeien pada wanita. Lantas bagaimana cara mengatasi ambeien pada wanita? Temukan jawabannya di bawah ini. 

  1. Obat pereda nyeri

Cara mengatasi ambeien pada wanita yang pertama, yaitu dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Obat yang digunakan merupakan obat topikal dalam bentuk salep atau krim. Anda bisa mendapatkannya obat topikal ini di apotek terdekat. Caranya menggunakannya, yaitu dengan mengoleskan pada lokasi ambeien. 

  1. Berendam air hangat

Cara lain dalam mengatas ambeien pada wanita, yaitu dengan berendam di air hangat. Pasalnya air hangat berguna dapat meredakan berbagai keluhan yang disebabkn ambeien seperti gatal dan iritasi pada anus. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu dengan berendam di dalam ember yang berisikan air hangat selama kurang lebih 20 menit. 

  1. Mengompres es batu

Selain air hangat, cara  mengatasi ambeien juga bisa menggunakan es batu. Hal ini karena efek dingin yang berasal dari es batu dapat meredakan pembengkakan sehingga rasa tidak nyaman pun mulai berkurang. Cara menggunakannya, yaitu dengan membungkus es batu menggunakan kain lembut lalu menempelkannya pada anus yang terasa sakit. 

  1. Menggunakan gel lidah buaya

Cara mengatasi ambeien pada wanita yang selanjutnya, yaitu menggunakan gel lidah buaya.  Akan tetapi, gunakanlah gel lidah buaya asli bukan yang produk gel lidah buaya yang banyak di jual di pasaran. Efek dingin yang berasal dari lidah buaya ini dapat membantu mengurangi rasa sakit pada anus. 

Baca Juga: Lidah Buaya, Tanaman Hias Penuh Khasiat

  1. Menggunakan minyak kelapa

Cara mengatasi ambeien yang terakhir, yaitu menggunakan minyak kelapa. Di dalam minyak kelapa terdapat kandungan antiperangan dan juga analgesik yang dapat mengatasi  rasa tidak nyaman akibat ambeien. 

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Minyak Kelapa? Mari Ketahui Bersama

Nah itulah dia beberapa informasi mengenai gejala ambeien pada wanita dan cara mengatasinya. Apabila Ambeien yang dialami telah memasuki tahap mengeluarkan darah ketika buang air besar maka sebaiknya segeralah memeriksakannya ke dokter. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

Cleveland Clinic. Everything You Need to Know About Hemorrhoids with Dr. Michael Valente. 

Jewell, Tim. 2021. Hemorrhoids. 

 

WebMD. 2021. What Are Hemorrhoids?

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi