Bantuan

Mengganggu Penampilan, Ketahui Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Secara Alami Berikut ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Mar 2022

Bagikan

luka kaki

Bagi Anda yang sangat memperhatikan penampilan, tentu akan mencari cara menghilangkan bekas luka di kaki. Pasalnya, bekas luka di kaki yang dibiarkan lama kelamaan akan menjadi hitam sehingga mengganggu penampilan. Lantas bagaimanakah cara menghilangkan bekas luka di kaki? 

Mungkin sebagian dari Anda akan menghilangkan bekas di kaki dengan menggunakan salep. Namun ternyata ada beberapa cara menghilangkan bekas luka di kaki yang menggunakan bahan-bahan alami. Selain harganya relatif lebih terjangkau, menggunakan bahan alami juga minim efek samping.

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki

Lalu bagaimana cara menghilangkan bekas luka di kaki? Temukan cara menghilangkan bekas luka di kaki yang mengganggu penampilan di bawah ini. 

  1. Menggunakan lidah buaya

Cara yang bisa Anda lakukan pertama yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Sudah bukan rahasia lagi, lidah buaya sudah sangat terkenal dengan manfaatnya bagi kulit. Lidah buaya dapat menjaga jaringan kulit dan juga mempercepat proses penyembuhan. Cara menggunakannya yaitu dengan mengambil bagian gel dari lidah buaya. Setelah itu, oleskan gel tersebut pada bekas luka di kaki tersebut. Hal yang terakhir yaitu diamkan selama 30 menit lalu cuci dengan air dingin. 

  1. Menggunakan cuka apel

Cuka apel dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kecantikan. Oleh karena itu, cuka apel juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka di kaki. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan 2 sendok cuka apel dengan 4 sendok air. Setelah itu ambillah kapas lalu celupkan pada air campuran tersebut. Kemudian oleskan kapas tersebut pada area bekas luka di kaki dan biarkan mengering. Untuk hasil yang maksimal lakukan cara ini setiap hendak tidur lalu bersihkan saat bagun pagi. 

  1. Menggunakan madu

Madu merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit, salah satunya yaitu menghilangkan bekas luka di kaki. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan madu pada area bekas luka di malam hari sebelum tidur. Setelah itu perban area tersebut dan biarkan semalaman penuh. Saat Anda bangun pagi, lepaskan perban tersebut lalu berihkan menggunakan air hangat. 

  1. Menggunakan minyak kelapa

Ternyata tidak hanya berguna untuk menggoreng makanan, minyak kelapa juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka di kaki. Perlu diingat, minyak kelapa yang digunakan yaitu minyak yang cair bukan pasta. Cara menggunakannya yaitu dengan memijat bekas luka menggunakan minyak kelapa selama 10 menit. Setelah itu biarkan minyak meresap dengan cara mendiamkannya selama satu jam. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini sebanyak dua hingga empat kali dalam sehari. 

  1. Menggunakan lemon

Cara menghilangkan bekas luka yang selanjutnya yaitu menggunakan lemon. Pasalnya lemon dapat mencerahkan kulit sehingga bekas luka dapat memudar. Pertama-tama siapkan lemon segar lalu iris menjadi dua bagian. Setelah itu, gosokkan lemon ke area bekas luka yang ada di kaki. Kemudian biarkan selama 10 menit lalu bilas menggunakan air dingin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini rutin setiap hari di waktu yang sama. 

  1. Menggunakan minyak zaitun

Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan bekas luka di kaki. Namun lebih baik lagi jika Anda mencampurkan minyak zaitun dengan minyak lavender. Caranya yaitu dengan mencampurkan 3 tetes minyak lavender ke dalam 3 sendok makan minyak zaitun. Setelah itu pijat area bekas luka selama 5 menit lalu biarkan selama 30 menit. Jika telah 30 menit, maka bilas menggunakan air hangat. 

  1. Menggunakan kentang

Cara menghilangkan bekas luka di kaki yang terakhir yaitu menggunakan kentang. Pertama-tama irislah kentang dengan ketebalan yang sama. Setelah itu, gunakan potongan tersebut untuk mengoles bekas luka di kaki Anda. Apabila kentang sudah mulai mengering, maka ganti dengan potongan lainnya. Lakukan cara ini selama 20 menit lalu biarkan hingga kulit mengering sendirinya.

Demikianlah beberapa informasi mengenai cara menghilangkan bekas luka di kaki yang bisa Anda lakukan. Perlu diingat, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan diperlukan kesabaran dan proses yang tidak singkat. Jadi pastikan Anda melakukan cara menghilangkan bekas luka di kaki ini dengan rutin dan konsisten. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Mengganggu Penampilan, Begini Cara Menghilangkan Retak di Kaki

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Frothingham, Scott. 2019. How to Get Rid of Old Scars: Top 10 Remedies. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-old-scars#remedies

Leonard,  Jayne. 2020. How to get rid of scars on legs: Natural and medical remedies. https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-get-rid-of-scars-on-legs#natural-remedies 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang