Mengetahui Ciri-Ciri Orang Hamil Dari Bentuk Perut

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Jul 2021

Bagikan

Mengetahui Ciri-Ciri Orang Hamil Dari Bentuk Perut

Mengetahui ciri-ciri orang hamil dari bentuk perut memang akan sedikit menjebak. Pasalnya, perut yang membesar tidak selamanya menjadi pertanda bahwa seseorang sedang hamil. Dalam hal ini bisa saja perut yang membesar terjadi karena penumpukan lemak, dan bukan karena hamil.

Ciri-ciri orang hamil dari bentuk perut

Untuk menghindari kekeliruan, mengetahui kehamilan sebaiknya dilakukan dengan berkonsultasi kepada dokter kandungan, atau dengan menggunakan alat test pack. Cara ini tergolong mudah dan memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi, dibandingkan mengevaluasi ciri-ciri orang hamil dari bentuk perut.

Meskipun begitu, memang tidak dapat dipungkiri bahwa kedua cara ini mungkin tidak mudah bagi sebagian orang. Oleh karena itu, banyak yang memilih mengetahui ciri-ciri orang hamil dari bentuk perut. Agar tidak salah, berikut ini adalah beberapa ciri yang bisa membedakan seseorang hamil atau tidak, dari bentuk perutnya.

1.  Perut akan mengeras

Ciri yang pertama dari kehamilan adalah perut yang terasa mengeras. Anda mungkin mengetahui bahwa perut yang sedang mengandung akan terlihat membesar ketika duduk. Namun, perbedaan dari perut membesar akibat lemak dan akibat hamil adalah ketika dicubit, perut yang hamil akan mengencang dan mengeras. Hal ini tentu tidak seperti perut buncit karena lemak, yang akan terlihat menggelambir dan menonjolkan lipatan-lipatan ketika duduk.

2.  Ukuran besar perut akan tetap stabil

Pada orang yang sedang tidak mengandung, perut buncit hanya bertahan selama beberapa saat, karena di dalamnya berisi makanan dan minuman. Biasanya, ukuran perut akan mengembang setelah makan, dan akan menyusut setelah makanan tersebut habis dicerna. Nah pada orang yang sedang hamil, ukuran perut yang membesar ini akan tetap stabil dan tidak mengalami perubahan. Perubahan pada ukuran perut akan terlihat seiring dengan perkembangan janin di dalam perut. Namun, pada kasus ini, perut tidak akan menyusut, melainkan akan terus membesar hingga setelah melahirkan.

3.  Otot six pack tampak meregang dan membelah

Ciri-ciri orang hamil dilihat dari bentuk perut yang berikutnya dapat diketahui pada kondisi perutnya, terutama pada otot six pack yang tampak meregang. Karena inilah, perut akan terlihat seperti hampir lancip. Ciri-ciri yang satu ini terjadi karena pertumbuhan rahim yang menonjol ke atas. Perut yang hamil pada kasus ini bagi orang awam mungkin akan terlihat seperti rendah lemak. Itulah dia 3 ciri utama orang hamil jika dari bentuk perutnya. Penting untuk dipahami bahwa ciri-ciri ini tentu akan berbeda-beda, karena bentuk perut orang hamil pun akan berbeda-beda, tergantung pada bentuk perut, otot, dan juga struktur tulang dari masing-masing ibu hamil. Selain itu, perlu diingat pula bahwa hamil muda terkadang tidak menunjukkan tanda-tanda perut membesar, hingga kehamilan mencapai usia 3-5 bulan. Oleh karena itu, menentukan kehamilan berdasarkan bentuk perut memang sulit untuk dilakukan.

Tanda-tanda kehamilan lainnya

Jika menentukan kehamilan berdasarkan bentuk perut terlalu sukar untuk dilakukan, maka perlu diketahui bahwa ada ciri lainnya yang menandakan terjadinya kehamilan. Ciri ini sangatlah umum dan sering dialami oleh para wanita-wanita yang sedang mengandung. Selain itu, ciri-ciri ini dapat dengan mudah dikenali dan diketahui. 

Selain memperhatikan bentuk perut, ciri-ciri orang hamil lainnya dapat diketahui dengan beberapa tanda berikut ini:

     Terlambat mengalami menstruasi, terutama pada mereka yang memiliki siklus haid yang teratur.

     Payudara mengalami perubahan dan menjadi lebih sensitif, serta puting payudara akan terlihat lebih gelap dibanding biasanya. Pada beberapa kasus, mungkin terlihat adanya cairan yang keluar dari puting tersebut.

     Mengalami mual dan muntah, terutama pada pagi hari. Biasanya gejala ini akan muncul tepat pada saat 2-8 minggu setelah pembuahan.

     Sering merasa ingin buang air kecil, dan oleh karenanya juga sering merasa cepat haus dan minum air lebih banyak daripada biasanya.

     Timbul flek setelah 1-2 minggu terjadi pembuahan. Gejala ini merupakan salah satu proses kehamilan yang disebut implantasi.

     Mudah merasa lelah dan capek, karena perubahan hormon pada tubuh.

Nah itulah dia penjelasan mengenai beberapa ciri kehamilan selain bentuk perut yang membesar. Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, mengetes kehamilan dengan test pack atau berkonsultasi dengan dokter kandungan merupakan pilihan terbaik.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Referensi :

Diggs, Barbara. Fat Stomach vs Pregnancy.

Cleveland Clinic. 2020. Pregnancy: Am I Pregnant?.

Goldman, Rena. 2018. 10 Easy Ways to Know Whether It’s Weight Gain or Pregnancy. 

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi