Bantuan
Free Tele x

Mengenal Sentra Vaksinasi Bersama

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Jul 2021

Bagikan

Mengenal Sentra Vaksinasi Bersama

Apakah Anda tahu apa itu sentra vaksinasibersama? Sentra vaksinasi bersama pertama kali dilaksanakan di Jakarta berkatkolaborasi yang dilakukan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara, PemerintahProvinsi DKI Jakarta, IndonesiaHealthcare Corporation dan juga Kementerian Indonesia. Tujuan daripelaksanaan sentra vaksinasi bersama ini untuk mendukung kelancaran vaksinasiCovid 19 untuk masyarakat Indonesia.


Pada tahap pertama ini, sentra vaksinasi bersamahanya dibuka untuk melayani kalangan lansia dan BUMN. Namun, sentra vaksinasibersama ini juga bisa untuk lansia dari luar DKI Jakarta dengan melakukanpendaftaran di Loket.com.


Program vaksinasi Covid dalam skala besarseperti sentra vaksinasi bersama ini diharapkan dapat membentuk herd immunity.Oleh karena itu, semua bisa saling membantu dan terus bersinergi untukmelaksanakan program vaksinasi Covid nasional sehingga herd immunity terbentuk.


Lokasi Sentra Vaksinasi Bersama

Sejauh ini terdapat 5 lokasi sentra vaksinasibersama yang telah dilakukan oleh pemerintah. Kelima lokasi tersebut yaitu :

  • Istora Senayan, DKI Jakartapada tanggal 8 Maret hingga 8 Mei
  • Tenis Indoor Senayan, DKIJakarta pada tanggal 21 Maret hingga 21 Mei
  • PRPP, Semarang pada tanggal21 Maret hingga 21 Mei
  • GOR Satria, Banyumas pada tanggal31 Maret hingga 31 Mei
  • Grand City Exhibition Centre,Surabaya pada tanggal 28 Maret hingga 28 Mei.


Sentra vaksinasi bersama di bulanJuni

Jangan khawatir bagi Anda yang ingin mendapatkanvaksin Covid gratis di sentra vaksinasi. Masih banyak lokasi sentra vaksinasiyang bisa Anda kunjungi. Dimana saja mereka? Simak penjelasan berikut

1.  Lapangan Bhayangkara, JakartaSelatan

Sentra vaksinasi bersama yang satu ini berada dilapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan yang merupakan kerjasama antara TNI danPolri. TNI dan Polri sudah menyediakan 2.100 titik vaksinasi di seluruhIndonesia. 

2.  Sentra vaksinasi Serviam

Sentra vaksinasi serviam atau SVS merupakansentra vaksinasi bersama yang didirikan oleh keluarga besar alumni SusterUrsulin di Jakarta. Sentra vaksinasi serviam ini untuk masyarakat yang berusiaminimal 18 tahun. Apabila Anda ingin mendapatkan vaksin di sentra vaksinasiserviam, makan perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu dihttps://www.vaksinasiserviam.com/. Periode pelaksanaan sentra vaksinasi iniberakhir pada 30 Juni. 

3.  Gedung SMESCO, Jakarta

Sentra vaksinasi bersama juga dapat Anda temukandi Gedung SMESCO, Jakarta. Sentra vaksinasi ini diselenggarakan olehKementerian Koperasi dan UMKM dengan Hippindo. Sentra vaksinasi ini menargetkan150.000 orang telah divaksin hingga 4 Juli 2021. Peserta yang mendapatkanvaksin di sentra vaksinasi ini yaitu pelaku UMKM dan juga pelaku usaha lainnya. 

4.  Rumah Sakit St. Coralus Jakarta

Rumah Sakit St Carolus Jakarta juga melaksanakansentra vaksinasi. Untuk dapat mengikuti program vaksinasi ini, peserta harusmemiliki KTP atau surat domisili DKI Jakarta. Para peserta dapat mendaftarkandiri melalui tiket.com dan datang sesuai jadwal yang telah dipilih. 

5.  Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit

Sentra vaksinasi Indonesia bangkit merupakanprogram sentra vaksinasi bersama yang dilaksanakan oleh Rumah Sakit UniversitasIndonesia dan PT XL Axiata Tbk di Depok. Sentra vaksinasi Indonesia bangkit iniberlangsung dari bulan Maret 2021 hingga akhir Juli 2021. 


Apa yang perlu diperhatikan sebelummendapatkan vaksin?

Apabila Anda ingin melakukan vaksinasi Covid 19,sebaiknya Anda memerhatikan beberapa hal terlebih dahulu agar efek sampingvaksin bisa diminimalisir. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagaiberikut.

  1. Memberitahu dokter mengenai riwayat alergiyang Anda alami. 
  2. Memberitahu dokter mengenai riwayatpenyakit Anda seperti, penyakit jantung, diabetes, penyakit paru, kelainandarah ataupun lainnya. 
  3. Memberitahu mengenai obat-obatan yangsedang dikonsumsi termasuk suplemen dan juga produk herbal. 
  4. Memberitahu dokter apabila Anda sedanghamil, menyusui ataupun sedang dalam program kehamilan.
  5. Memberitahu dokter apabila Anda sedangmengalami demam.


Nah, itulah beberapa informasi mengenai sentravaksinasi bersama dan juga beberapa informasi mengenai sentra vaksinasi yangtengah berlangsung. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan dapatditeruskan kepada keluarga ataupun orang terdekat Anda untuk mendukung programvaksinasi Covid 19. 


Referensi :

Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Terima Lansia Non-DKI (2021) Available At:https://covid19.go.id/p/berita/sentra-vaksinasi-bersama-bumn-terima-lansia-non-dki (Accessed At 23 June 2021)

Bagikan artikel ini