Bantuan

Mengenal Segudang Manfaat Kurma Sukari

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 17 Feb 2021

Bagikan

Kurma sukari adalah salah satu jenis kurma yang terkenal di Indonesia. Kurma ini disebut sebagai salah satu kurma favorit akibat cita rasanya yang manis layaknya permen. Jenis kurma ini merupakan kurma yang sering ditanam di dataran Iraq dan Arab Saudi.

Akan tetapi, apakah Anda tahu bahwa kurma sukari mengandung berbagai jenis manfaat bagi kesehatan?

Apa saja manfaat kurma sukari bagi kesehatan?

Kurma dengan warna yang unik ini telah dikenal mengandung berbagai nutrisi penting. Selain itu, kurma sukari mengandung antioksidan yang berguna untuk mencegah penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Kata sukari berasal dari bahasa Arab “sukkar” yang memiliki makna gula (sugar). Selain memiliki cita rasa manis dan mengandung banyak gula, kurma ini merupakan sumber serat yang baik. 

Adapun beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah kurma sukari meliputi:

Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Hanya dengan mengonsumsi 5 buah kurma sukari (atau 1 porsi) telah memenuhi 8-12% kebutuhan serat harian. Hal ini dapat mencegah sembelit dan menyehatkan sistem pencernaan Anda. Selain itu, kurma sukari mengandung flavonoid—zat antioksidan yang telah terbukti dapat menurunkan risiko kanker kolorektal (usus besar dan rektum) dan radang usus. 

Melawan radikal bebas

Kurma sukari dikenal memiliki kandungan antioksidan yang banyak di dalamnya, seperti flavonoid dan fenolik. Adapun kandungan antioksidan tersebut berfungsi dalam melawan radikal bebas yang dapat berefek buruk pada kesehatan, seperti radang, penuaan, atau bahkan kanker. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam kurma sukari memiliki rentang komponen bioaktif yang dapat ditangani sehingga dapat memberikan perlindungan yang signifikan terhadap oksidasi makromolekul yang bermanfaat bagi tubuh.

Menjadi sumber energi 

Dari rasanya yang manis dan menyegarkan, dapat disimpulkan bahwa kurma sukari mengandung gula alami seperti fruktosa dan glukosa. Penyerapan gula di usus berlangsung dengan cepat. Setelah itu, gula diolah menjadi sumber energi tubuh Anda. Kurma sukari menjadi pilihan tepat sebagai sumber energi tambahan saat melakukan aktivitas fisik atau sebelum memulai hari Anda.

Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah dapat dikontrol dengan menjaga asupan makan, terutama dengan konsumsi makanan yang tinggi kalium. Sejalan dengan ini, kurma sukari mengandung banyak kalium. Bahkan, kandungan kalium di dalam kurma sukari terbukti lebih banyak dibandingkan pisang yang telah lebih luas dikenal kaya akan kalium. Hal ini menunjukkan bahwa kurma sukari cocok dikonsumsi bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi).

Meningkatkan kekuatan tulang

Kurma sukari mengandung kalsium, kalium, dan magnesium—mineral-mineral yang baik bagi kesehatan tulang. Selain itu, ketiga mineral yang terkandung dalam jumlah tinggi di dalam kurma sukari juga dapat memfasilitasi otot, otak, dan jantung Anda bekerja dengan baik. Masalah tulang seperti osteoporosis juga dapat dicegah dengan konsumsi kurma ini. 

Nutrisi pelengkap 

Anak-anak, ibu hamil, ibu menyusui, dan lansia dapat mengonsumsi buah ini sebagai pelengkap sumber nutrisi. Selain itu, Anda dapat melengkapi asupan makanan Anda sehari-hari dengan kurma sukari apabila Anda sedang ingin menurunkan konsumsi gula.

Bagaimana cara mengonsumsi kurma sukari?

Cara mengonsumsi kurma sukari sangatlah mudah. Anda dapat mengonsumsinya langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Jika Anda lebih suka mengonsumsi dalam bentuk minuan, Anda dapat mencampurnya dengan beberapa buah lain dan mengolahnya menjadi smoothie. Susu kurma juga merupakan menu yang enak untuk diminum. Variasi lain berupa mencampur kurma di bubur oatmeal juga patut dicoba. 

Agar dapat menerima manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh kurma sukari, Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi buah ini dalam batas wajar dan secukupnya. Hal yang patut diperhatikan adalah buah ini mengandung banyak gula sehingga Anda yang sedang membatasi konsumsi gula harus menimbang lagi asupan gula dari sumber lainnya. Apabila dirasa perlu, Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai jumlah kurma sukari yang boleh Anda konsumsi.

Referensi

Siddeeg A, Zeng XA, Ammar AF, Han Z. Sugar profile, volatile compounds, composition and antioxidant activity of Sukkari date palm fruit. J Food Sci Technol. 2019;56(2):754-62. doi:10.1007/s13197-018-3534-y

Bagikan artikel ini