Mengenal Obat Tradisional Sakit Gigi Yang Telah Ada Sejak Zaman Dulu

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Dec 2021

Bagikan

Mengenal Obat Tradisional Sakit Gigi Sejak Zaman Dulu

Obat tradisional sakit gigi banyak digunakan oleh orang tua kita terdahulu. Hingga saat ini, beberapa obat tradisional dipercaya mampu mengurangi sakit gigi. Sakit gigi menimbulkan beberapa gejala seperti tidak enak makan, membuat suasana hati kacau, terasa sakit berkedut-kedut dan beberapa di antaranya bisa sampai menangis.

Sakit gigi disebabkan oleh gigi berlubang, akibat sisa makanan yang tidak dibersihkan dan menyangkut di dalam gigi, sehingga menghasilkan zat basa yang mampu merusak gigi. Gigi berlubang bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga lansia. 

Apa Itu Sakit Gigi? 

Sakit gigi merupakan peradangan atau nyeri yang terjadi di sekitar gigi atau rahang karena adanya infeksi, gigi berlubang atau gusi bengkak. Dalam beberapa kondisi, sakit gigi bisa menimbulkan pipi Anda terlihat bengkak. Selain gigi berlubang, sakit gigi bisa disebabkan oleh beberapa penyakit lain yang menjalar ke gigi seperti gangguan saraf di wajah dan serangan jantung. 

Obat Sakit Gigi Tradisional

Orang tua zaman dulu banyak menggunakan obat tradisional untuk mengobati sakit gigi, karena dahulu alat produksi belum terlalu canggih seperti sekarang ini, dahulu tidak ada mesin-mesin produksi yang bisa membuat obat dalam jumlah besar dengan cepat, sehingga orang tua zaman dulu lebih banyak menggunakan obat tradisional yang mudah ditemukan, berikut beberapa obat tradisional sakit gigi yang perlu Anda ketahui:

  1. Garam

Berkumur dengan air garam banyak dilakukan oleh orang zaman dulu untuk mengobati rasa sakit pada gigi dan mengeluarkan makanan yang tersangkut di dalam gigi. Mengobati sakit gigi dengan air garam sangatlah mudah, cukup larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan berkumurlah, hingga sakit Anda hilang.

  1. Daun Jambu

Obat tradisional sakit gigi yang bisa Anda coba selanjutnya ialah daun jambu. Daun jambu memiliki sifat antimikroba, antiradang dan analgesik yang mampu meredakan sakit gigi. Dalam beberapa penelitian daun jambu telah terbukti mampu mengobati sakit gigi.

Cara penggunaannya, cukup siapkan 2 lembar daun jambu, kunyah hingga airnya keluar, lalu oleskan sari-sari daun jambu menggunakan lidah pada gigi yang sakit. Selain dikunyah, Anda juga bisa merebus 5 lembar daun jambu hingga mendidih lalu saring dan masukkan ke dalam gelas.

Baca Juga: Ini Obat Sakit Gigi Agar Cepat Sembuh Yang Anda Dapatkan Di Apotek

  1. Peppermint

Peppermint bisa Anda gunakan sebagai obat tradisional sakit gigi karena mengandung menthol yang berfungsi sebagai antibakteri. Anda bisa mencobanya dengan cara merendam daun peppermint kering ke dalam air panas, lalu diamkan selama 20 menit hingga terasa hangat atau dingin. Setelah itu, kumur-kumur air rebusan peppermint hingga sakit gigi yang Anda rasakan membaik.

  1. Air Perasan Lemon

Air perasan lemon dipercaya mampu mengurangi sakit gigi, karena memiliki sifat antibakteri yang bisa membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Sifat asam pada buah lemon mampu menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut. Untuk mencobanya, cukup siapkan 1 buah lemon lalu peras dan masukkan ke dalam segelas air hangat, kemudian kumur-kumur sebanyak 3x dalam sehari hingga bakteri penyebab sakit gigi hilang. 

  1. Daun Sirih

Daun sirih merupakan obat tradisional sakit gigi yang banyak digunakan oleh orang zaman dulu dan terbukti ampuh mengobati sakit gigi. Untuk mencobanya, Anda bisa mengunyah atau menggigit daun sirih hingga berwarna merah sebagai penguat gigi, antiseptik dan menghilangkan bau pada mulut. Selain dengan cara mengunyah, Anda bisa merebus daun sirih terlebih dahulu hingga mendidih, lalu saring dan diamkan hingga hangat, kemudian kumur-kumur hingga sakit gigi yang Anda rasakan membaik.

Orang zaman dulu menggunakan obat tradisional untuk mengobati sakit gigi, gusi bengkak atau sebagai penguat gigi. Anda bisa mencoba beberapa obat tradisional sakit gigi di atas sebagai pertolongan pertama sebelum memutuskan pergi ke dokter. Semoga beberapa rekomendasi obat tradisional di atas bisa membantu mengurangi sakit gigi yang Anda rasakan.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Obat yang Bisa Dicoba di Rumah

 

Sumber: 

1. Cronkleton, Emily. 11 Home and Natural Remedies for Toothache Pain. 2021.

2. Kumar, Karthik. 16 Home Remedies for Toothache. 2020.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi