Bantuan

Mengenal Daun Bidara dan Berbagai Manfaatnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 03 Jun 2022

Bagikan

Mengenal Daun Bidara dan Berbagai Manfaatnya

Apakah Anda tahu apa itu daun bidara? Mungkin beberapa dari Anda belum mengetahui apa daun bidara. Daun bidara merupakan daun yang berasal dari pohon bidara. Bentuk daunnya yaitu menyirip dan mempunyai tulang daun. Secara sekilas, daun bidara terlihat seperti daun jeruk namun dengan ukuran yang lebih kecil. 

Tanaman ini memiliki nama ilmiah Ziziphus mauritiana dan sering tumbuh di daerah yang kering. Tanaman ini dikenal sebagai obat herbal karena buahnya sering digunakan untuk mengatasi  berbagai penyakit. Tidak hanya buahnya, ternyata daun bidara juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. 

Baca juga: Ragam Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan

 

 

Manfaat Daun Bidara

Lalu apa saja manfaat daun bidara bagi kesehatan tersebut? Simak penjelasan mengenai manfaat daun bidara di bawah ini. 

  1. Mengontrol gula darah

Manfaat daun bidara yang perlu Anda kenali pertama yaitu dapat mengontrol gula darah. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menyebutkan bahwa Ziziphus mauritiana dapat mengatur kadar gula darah. Tidak hanya itu, di dalam daun bidara juga terdapat kandungan senyawa yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan darah. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, Anda cukup meminum rebusan daun bidara.

Baca juga: Disebut dapat Menurunkan Gula Darah, Apa Itu Daun Insulin?

 

 

  1. Mengatasi kecemasan

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2000 ditemukan bahwa daun bidara berpotensi dalam mengobati kecemasan. Selain itu, di dalam daun bidara terdapat senyawa yang memberikan efek dingin dan nyaman pada tubuh. Hal ini tentu dapat mengurangi kecemasan yang sedang Anda alami. Cara mendapatkan manfaat daun bidara yang satu ini yaitu dengan mengolahnya menjadi teh. 

  1. Mencegah kanker

Manfaat daun bidara yang perlu Anda ketahui selanjutnya yaitu dapat mencegah kanker. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, ditemukan bahwa tanaman bidara mampu meningkatkan sel kekebalan yang dapat menghancurkan berbagai sel-sel berbahaya seperti sel kanker. Tidak hanya itu tanaman bidara juga memiliki kandungan vitamin  C yang bersifat sebagai anti kanker. Bahkan kandungan vitamin  C ini mampu membunuh sel kanker pada tikus. 

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Daun bidara juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan pencernaan. Bahkan daun bidara mampu meringankan dampak negatif dari asam lambung, jadi cocok dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah pada asam lambung. Tidak hanya itu, daun bidara juga dipercaya dapat mengeluarkan racun yang terdapat pada sistem pencernaan. Kondisi ini akan membantu sistem pencernaan mencegah terjadinya infeksi dan mengatasi berbagai gangguan pencernaan. 

  1. Mengatasi insomnia

Insomnia merupakan suatu gangguan tidur yang membuat penderitanya sulit tidur atau tidur tidak nyenyak. Hal ini karena daun bidara terdapat kandungan saponin yang dapat memberikan  efek menenangkan. Tidak hanya itu, daun bidara juga mengandung flavonoid, polisakarida, dan antioksidan fitokimia yang juga dapat memberikan efek penenang.  Dengan begitu, daun bidara mampu memberikan stimulasi tidur alami dengan cara membuat pikiran  dan tubuh Anda menjadi tenang. 

  1. Mempercepat proses penyembuhan luka

Daun bidara memiliki sifat antibakteri dan juga anti inflamasi yang dapat membantu proses penyembuhan luka. Tidak hanya itu, di daun bidara juga terdapat kandungan senyawa glikosida yang bisa menghilangkan bekas luka. Untuk mendapatkan manfaat daun bidara yang satu ini, bisa dilakukan dengan mengonsumsi air rebusan daun bidara. Anda juga bisa mencampurkan ekstrak daun bidara dengan sedikit agar menjadi pasta, lalu oleskan pada area yang luka. 

  1. Mengobati wasir

Manfaat daun bidara yang perlu Anda ketahui yaitu dapat mengobati wasir. Wasir merupakan salah satu penyakit yang sangat mengganggu dan menyiksa penderitanya. Hal ini karena penderitanya akan kesulitan untuk duduk dan merasa sakit ketika buang air besar. Untuk mengatasi hal ini bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi air rebusan daun bidara. Anda juga bisa menumbuk daun bidara menjadi halus lalu oleskan pada daerah wasir. 

 

Nah itulah dia beberapa manfaat daun bidara yang perlu Anda ketahui. Walaupun manfaat daun bidara begitu banyak, namun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai efek samping yang bisa ditimbulkan. Apabila Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain dan memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi daun  bidara. 

 Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

 

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Lain

Mulai dari IDR 200.000

Pesan Sekarang
Referensi

Cathy Wong, 2021. What Is Ziziphus?. https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-ziziphus-88664

WebMD. Zizyphus. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-62/zizyphus

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Lain

Mulai dari IDR 200.000

Pesan Sekarang