Bantuan
Free Tele x

Mengenal Berbagai Fungsi Organ Pencernaan Manusia

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Jan 2022

Bagikan

Mengenal Berbagai Fungsi Organ Pencernaan Manusia

Sudahkah Anda tahu apa saja organ pencernaan manusia? Dalam sistem pencernaan manusia terdiri dari beberapa organ yang dimulai dari mulut tempat masuknya makanan dan minuman dan berakhir di anus tempat dibuangnya sisa-sisa makanan. Setiap organ dalam pencernaan manusia ini memiliki perannya masing-masing dan menciptakan sistem pencernaan manusia.

Baca Juga: Mengenal Macam-Macam Enzim Pencernaan yang Dibutuhkan oleh Tubuh Manusia

Organ Pencernaan Manusia

Lalu apa saja organ-organ yang ada di dalam pencernaan manusia? Berikut ini penjelasan mengenai beberapa organ pencernaan manusia beserta fungsinya masing-masing. 

  1. Mulut

Organ yang menyusun sistem pencernaan manusia dimulai dari mulut. Dalam mulut juga terdapat beberapa pelengkap seperti gigi, lidah, dan kelenjar ludah. Gigi akan berfungsi untuk memotong makanan menjadi lebih kecil dan halus. Setelah itu, air liur akan membasahi potongan makanan tersebut agar lebih mudah masuk kerongkongan. 

Di dalam mulut juga terdapat katup epiglotis. Katup ini terletak di persimpangan tenggorokan dan kerongkongan. Fungsi dari katup ini yaitu untuk mencegah masuknya makanan ke sistem pernapasan manusia. 

Baca Juga: Makanan yang Sehat untuk Sistem Pencernaan Manusia

  1. Kerongkongan

Organ dalam sistem pencernaan manusia yang selanjutnya yaitu kerongkongan. Pada dasarnya, kerongkongan merupakan saluran yang menghubungkan mulut dengan lambung. Dengan kata lain, kerongkongan adalah jalan yang digunakan oleh makanan agar bisa mencapai ke dalam lambung. 

Namun di ujung kerongkongan terdapat otot yang berbentuk cincin yang disebut sfingter. Otot ini akan membuka saat makanan akan masuk dan menutup setelah makanan berhasil masuk ke lambung. Fungsi dari sfingter ini yaitu mencegah asam lambung atau makanan kembali lagi ke kerongkongan. 

  1. Lambung

Lambung memiliki tiga fungsi utama yaitu menyimpan makanan dan cairan, mencampur makanan dan minuman, serta mengosongkan isi dalam lambung. Di dalam lambung terdapat dinding otot lambung yang akan melakukan penguraian zat dengan cara mencampurkan makanan  dengan asam dan enzim. Setelah itu akan menyerap zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh

Lambung juga akan mengolah makanan menjadi bagian setengah padat. Setelah itu, makanan yang sudah diolah ini akan dilepaskan melalui sfingter menuju usus halus. Proses ini berlangsung kurang lebih selama 4 jam setelah makanan masuk ke  dalam mulut. 

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 5 Obat Herbal Asam Lambung yang Aman dikonsumsi

  1. Usus Halus

Usus halus terdiri dari tiga bagian yaitu usus dua belas jari, usus kosong, dan usus penyerapan. Selain itu, di dalam usus halus terdapat lipatan dan tonjolan yang berfungsi untuk memaksimalkan pencernaan makanan dan penyerapan gizi. Pada usus halus  ini diperkirakan sebanyak 90% zat gizi dari makanan akan diserap dan diedarkan ke seluruh tubuh melalui darah. 

  1. Usus Besar

Organ dalam pencernaan manusia yang selanjutnya yaitu usus besar. Organ ini memiliki panjang sekitar 5-6 meter. Fungsi dari organ ini yaitu untuk membuat air dan mineral dari ampas makanan yang tidak tercerna. Setelah itu  akan dibentuk menjadi limbah pada yang akan dikeluarkan atau lebih dikenal dengan feses. 

Organ ini terdiri dari tiga bagian yaitu sekum, rektum, dan kolon. Sekum  merupakan kantung yang berperan untuk menyalurkan hasil pencernaan dari usus halus menuju usus besar sehingga kantung ini terletak pada bagian awal usus besar. Sedangkan kolon merupakan bagian usus besar yang memanjang dari sekum ke rektum serta sebagai tempat garam dan cairan diserap 

  1. Rektum dan anus

Organ pencernaan manusia yang terakhir yaitu rektum dan anus. Rektum itu sendiri merupakan bagian akhir dari usus besar. Fungsi dari bagian ini adalah sebagai tempat penampungan feses sebelum dikeluarkan dari dalam tubuh. Feses akan keluar jika rektum sudah mulai penuh. Lalu, bagian lainnya yaitu anus adalah bagian paling akhir dalam saluran pencernaan yang berfungsi sebagai tempat keluarnya feses. 

Nah, itulah dia organ pencernaan manusia dan fungsinya yang perlu Anda ketahui. Agar semua organ tersebut bisa berfungsi dengan baik, Anda harus selalu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Beberapa masalah yang sering terjadi pada organ pencernaan yaitu, diare sembelit dan wasir. Agar Anda terhindar dari berbagai masalah tersebut, Anda harus memperbanyak konsumsi air punya,  memperbanyak konsumsi makanan berserat dan mengonsumsi probiotik.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi
  1. Cleveland Clinic. Digestive System. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/7041-the-structure-and-function-of-the-digestive-system.
  2. NIH. Your Digestive System & How it Works. https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/digestive-system-how-it-works
Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami