Bantuan
Free Tele x

Mengapa Mimpi Basah pada Pria & Wanita Bisa Terjadi? Cari Tahu Jawabannya di Bawah Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Nov 2021

Bagikan

Mengapa Mimpi Basah pada Pria & Wanita Bisa Terjadi? Cari Tahu Jawabannya di Bawah Ini

Tahukah Anda bahwa mimpi basah pada pria & wanita merupakan suatu hal yang sangat mungkin terjadi? Atau bahkan Anda mungkin masih bertanya-tanya mengenai apa itu mimpi basah dan kenapa bisa terjadi? 

Hal-hal ini kadang hanya menjadi pertanyaan karena kebanyakan orang malu untuk bertanya dan merasa topik seperti ini adalah sesuatu yang terdengar tabu. Jadi, dibandingkan untuk mengobati rasa penasaran, kebanyakan orang hanya mengubur pertanyaan-pertanyaan seputar itu. 

Oleh karena itu, kali ini akan dibahas mengenai judul tabu seperti ini untuk mengobati rasa penasaran Anda dan semua yang bertanya-tanya mengenai mimpi basah pada pria & wanita.

Overview Mimpi Basah

Kondisi saat seseorang mengalami ejakulasi ketika sedang tidur adalah yang disebut dengan mimpi basah. Ejakulasi merupakan istilah yang digunakan ketika seseorang mengeluarkan air mani dari alat reproduksinya. Hal ini menjadi salah satu tanda bahwa seseorang sedang mengalami pubertas. 

Walaupun tidak selalu seperti itu, tetapi biasanya mimpi basah pada pria & wanita terjadi saat seseorang bermimpi tentang hal-hal yang berkaitan dengan seks dan sejenisnya dan kebanyakan orang mungkin tidak akan mengingat mimpi tersebut. 

Faktanya, gadis remaja dan dewasa juga bisa mempunyai pengalaman mimpi basah. Walaupun seorang gadis tidak bisa mengalami ejakulasi, tetapi dia tetap akan dapat merasakan orgasme selama bermimpi basah. Namun, berbeda dengan anak laki-laki, anak perempuan tidak sering bermimpi basah.

Kapan Seseorang Mengalami Mimpi Basah?

Biasanya mimpi basah terjadi pada anak laki-laki yang berada dalam masa pubertas. Dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa perkiraan pria mengalami mimpi basah sebelum mereka mengetahui mimpi tersebut sekitar 38%. Hal ini bisa terjadi dikarenakan kadar dari hormon seks yang lebih tinggi. 

Mimpi basah pun bisa terjadi saat Anda berada dalam usia remaja hingga 30an yang memang adalah masa produktif dalam reproduksi. Fakta menarik lainnya, setidaknya ada sekitar 70% pria lajang yang berusia di antara 21 hingga 25 tahun pernah mengalami mimpi basah dengan bermacam variasi frekuensi.

Baca Juga: Makanan Penambah Sperma yang Bisa Anda Konsumsi Agar Cepat Mendapatkan Momongan

Penyebab Mimpi Basah

Ketika remaja mulai melewati masa pubertasnya, tubuh mereka akan mulai melakukan produksi hormon yang disebut testosteron. Setelah tubuh membuat testosteron, jika sudah cukup banyak maka sperma akan dilepaskan. 

Jika hormon ini sudah diproduksi maka Anda akan bisa membuahi sel telur ketika di masa depan memutuskan untuk memiliki bayi. Pada masa pubertas ini, Anda akan mulai merasakan ereksi dalam sehari pada waktu yang berbeda-beda, entah saat di kamar mandi, tidur, saat bermain game, bahkan saat berada di sekolah. Air mani yang menumpuk dalam tubuh akan dikeluarkan oleh tubuh, salah satu caranya, yaitu dengan mimpi basah.

Intensitas Mimpi Basah Yang Wajar

Mengalami mimpi basah tentu adalah bagian dari tumbuh dewasa dan merupakan hal yang sangat normal, tetapi tidak semua remaja bermimpi basah. Beberapa orang mungkin mengalami hanya satu atau dua mimpi basah selama hidupnya, tetapi ada pula yang bermimpi basah beberapa kali per minggu. 

Tidak ada jumlah minimal dan maksimal untuk seseorang mengalami mimpi basah, tidak peduli sebanyak apa Anda mengalaminya atau bahkan tidak mengalaminya sekali pun, tidak langsung mengindikasikan ada sesuatu yang salah dengan tubuh Anda.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Mimpi Basah?

Membersihkan diri mungkin adalah langkah awal ketika Anda bangun dari tidur. Cuci badan Anda menggunakan air dan sabun untuk memastikan kebersihannya. Jika setelah bermimpi Anda merasakan perasaan tidak nyaman atau merasa bersalah karena mimpi tersebut  ataupun ejakulasi yang dialami, segera meminta saran dan berkonsultasilah ke dokter terdekat. Anda bisa membagikan kekhawatiran tersebut ke dokter, orang tua, atau pun teman dekat agar perasaan akan sedikit lebih lega.

Cara Menghentikan Mimpi Basah

Sebenarnya tidak ada cara tertentu atau khusus untuk menghentikan dan mengendalikan mimpi basah. Namun, frekuensi terjadinya diyakini dapat dikurangi dengan bermacam cara. Salah satunya, yaitu dengan meningkatkan intensitas masturbasi atau aktivitas seksual yang dapat menghasilkan orgasme dan mengeluarkan sperma yang menumpuk. Tidak adanya penumpukan air mani ini akhirnya akan mengurangi kebutuhan untuk ejakulasi saat Anda tertidur.

Itulah beberapa jawaban yang mungkin perlu Anda ketahui seputar pertanyaan tentang mimpi basah pada pria & wanita. Sekarang Anda jadi lebih bisa mengetahui apa itu mimpi basah, apa penyebabnya, kapan terjadinya, sampai bagaimana cara menghentikannya. Informasi ini mungkin sedikit tabu terdengar, tetapi cukup penting diketahui. Mengingat mimpi basah merupakan sesuatu yang normal dan sering terjadi pada kebanyakan orang, terutama pria.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apakah Tisu Magic dapat Mengatasi Ejakulasi Dini?

 

Sumber:

Watson, S. 2020. The Facts About Wet Dreams. 

Smarter Health. 2021. 8 Things to Know About Wet Dreams (and How to Stop it).

Tag :
Bagikan artikel ini