Mengapa Katarak Bisa Terjadi? Ketahui Seluk Beluknya Di Sini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Dec 2021

Bagikan

Mengapa Katarak Bisa Terjadi? Ketahui Seluk Beluknya Di Sini

Katarak merupakan sebuah gangguan pada penglihatan mata di mana lensa mata menjadi keruh. Para penderita katarak akan merasa seperti melihat kabut atau asap di lensa mata. Perkembangan katarak ini terjadi secara perlahan dan pada awalnya mungkin tidak di sadari. Namun lama-kelamaan kondisi ini menyebabkan gangguan penglihatan bahkan bisa menyebabkan kebutaan. 

Mengapa Katarak Bisa Terjadi?

Lantas, apa yang menyebabkan katarak tersebut bisa muncul? Pada umumnya, katarak muncul karena usia yang semakin tua. Ketika usia semakin tua, maka protein dan juga sel-sel kulit mati akan menumpuk sehingga membentuk gumpalan. Kondisi ini akan membuat lensa mata yang awalnya jernih menjadi keruh secara perlahan. 

Selain karena penuaan, terdapat beberapa penyebab katarak yang lain. Apa saja penyebab katarak tersebut? Temukan jawabannya di bawah ini. 

  1. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari langsung yang terjadi dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan terjadinya oksidasi pada lensa mata. Kondisi inilah yang membuat munculnya katarak. Oleh karena itu, jika Anda hendak beraktivitas di luar ruangan sebaiknya menggunakan kacamata hitam dan topi. Kacamata hitam yang digunakan pun sebaiknya mampu mencegah paparan sinar matahari hingga 99%. 

  1. Kebiasaan Merokok

Penyebab katarak lainnya yaitu kebiasan merokok. Dalam sebuah penelitian disebutkan, semakin sering Anda merokok maka risiko katarak pun akan semakin meningkatkan bahkan di usia muda. Hal ini karena, merokok akan menyebabkan  cadangan antioksidan pada mata berkurang sehingga terjadinya oksidasi pada lensa. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin mengalami katarak mulailah untuk menghentikan kebiasan merokok dari sekarang. 

  1. Diabetes 

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa penderita diabetes baik tipe 1 atau 2 memiliki risiko penyakit diabetes yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang lain. Ketika gula darah terlalu tinggi, maka dapat menyebabkan stress oksidatif yang dapat merusak lensa mata. Selain itu, gula darah yang tinggi juga dapat menyebabkan munculnya komplikasi yang dapat merusak mata.

Baca Juga: Mengetahui Ciri-Ciri Mata Katarak Dan Beragam Jenisnya

Gejala Katarak

Setelah Anda mengetahui apa penyebab katarak, Anda juga perlu tahu apa saja gejala katarak. Hal ini bertujuan untuk Anda bisa segera mengobatinya agar tidak semakin parah. Berikut ini beberapa gejala katarak yang perlu Anda ketahui.

  1. Mata Buram karena Berkabut atau Berawan

Gejala atau ciri-ciri katarak yang paling umum yaitu mata menjadi buram sepeti melihat awan. Gejala ini seperti Anda sedang melihat suatu benda dari balik kaca yang buram. Dengan seiring berjalannya waktu, gejala ini akan  semakin parah hingga penderita akan mengalami kesulitan melihat di malam hari. 

  1. Sensitif Terhadap Cahaya

Gejala katarak yang selanjutnya yaitu mata menjadi sensitif terhadap cahaya. Ketika Anda melihat sumber cahaya seperti lampu sorot dari kendaraan, maka Anda akan  merasa silau. Biasanya gejala ini akan disertai dengan rasa sakit saat melihat sumber cahaya. 

  1. Penglihatan Double

Katarak juga dapat menyebabkan penglihatan menjadi double atau ganda. Kondisi ini terjadi karena lensa mata yang berawan membuat cahaya akan tersebar ke segala arah. Cahaya yang tersebar itu akan membuat Anda seolah-olah melihat lebih dari objek yang sama. 

  1. Adanya Lingkaran Cahaya

Gejala atau ciri-ciri mata katarak yang selanjutnya yaitu melihat lingkaran cahaya. Berkaitan dengan ciri-ciri yang sebelumnya, cahaya yang memancar akan menimbulkan lingkaran pada sumber cahaya. Anda akan melihat sebuah cincin cahaya dengan berbagai warna sehingga sulit beraktivitas. 

  1. Pandangan Menjadi Kuning

Ketika katarak sudah mulai parah, maka Akan menyebabkan penglihatan menjadi kuning. Kondisi ini terjadi karena adanya gumpalan protein yang menggumpal telah berubah menjadi kuning. Pada tahap ini, penderita katarak akan sulit membedakan warna. 

Nah itulah dia seluk beluk mengenai penyebab katarak dan juga gejalanya. Beberapa penyebab katarak yang telah disebutkan di atas bisa Anda cegah dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Oleh karena itu,  mulailah untuk mengonsumsi makanan sehat, menghentikan kebiasaan merokok dan juga rutin berolahraga. Akan tetapi, jika Anda mengalami beberapa  gejala yang telah disebutkan maka sebaiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Macam-Macam Obat Katarak Alami Yang Bisa Anda Gunakan

 

Sumber:

1. Mayo Clinic. 2021. Cataracts.

2. Cleveland Clinic. 2020. Cataracts.

3. Johns Hopkins Medicine. Cataracts.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi