Bantuan

Mengapa Double Cleansing Itu Penting, dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Feb 2022

Bagikan

double cleansing

Apakah Anda melakukan tahapan double cleansing untuk membersihkan wajah setiap hari? Biasanya saat membersihkan wajah dari make-up, tidak hanya cukup satu tahap melainkan dua tahap pembersihan wajah dengan menggunakan pembersih wajah ganda.

Pengertian Double Cleansing

Double cleansing adalah sebuah metode yang digunakan untuk membersihkan wajah dalam dua tahap. Tahapan pertama dari double cleansing adalah membersihkan wajah menggunakan cleanser, baik yang oil-based atau water-based. Kemudian dilanjutkan dengan membersihkan wajah menggunakan sabun pencuci wajah. Dua tahapan ini dapat membantu mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori yang menjadi penyebab jerawat. 

Mengapa Double Cleansing itu Penting?

Menambahkah satu tahap dalam membersihkan wajah bukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu menambahkah satu tahap tambahan dalam rutinitas perawatan wajah harian Anda. Melakukan double cleansing akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal sehingga wajah Anda benar-benar terbebas dari kotoran maupun bakteri yang bisa menyebabkan permasalahan pada wajah. 

Akan tetapi, tidak semua orang cocok melakukannya. Hal-hal yang juga perlu dipertimbangkan sebelum melakukan double cleansing adalah jenis kulit dan permasalahan kulit apa yang dihadapi. Selain itu, jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan pembersih wajah, yang akhirnya bisa mengakibatkan terkikisnya minyak alami kulit. Keadaan ini dapat menimbulkan terjadinya iritasi dan jerawat. Lakukanlah double cleansing hanya di malam hari. 

Cara Melakukan Double Cleansing

Cara untuk melakukan double cleansing sejatinya cukup mudah. Anda hanya perlu membersihkan wajah sebanyak dua kali. Ada dua langkah dalam membersihkan wajah yang perlu Anda lakukan, yakni sebagai berikut. 

  1. Langkah Pertama

Gunakan produk penghapus make-up (make-up removal) yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Produk yang bisa Anda gunakan adalah cleansing oil, cleansing balm, atau micellar water. Lalu aplikasikan produk pada wajah dan bersihkan menggunakan dengan kapas. Pastikan wajah Anda benar-benar bersih dari sisa-sisa make up yang telah dipakai sebelumnya. Langkah ini berguna untuk menghapus make-up dan mengurangi sebum pada wajah sebelum nantinya akan dibersihkan dengan sabun dan air agar bersih secara maksimal. 

  1. Langkah Kedua

Langkah kedua adalah membersihkan wajah menggunakan air dan sabun pencuci wajah. Bersihkan wajah dengan menggosok secara perlahan dan pastikan benar-benar bersih. Langkah kedua ini memastikan kulit wajah terbebas kotoran dan bakteri. Membersihkan wajah secara sempurna akan membuat wajah Anda lebih sehat dan terhindar dari permasalahan kulit. 

Double Cleansing Berdasarkan Jenis Kulit

Membersihkan wajah dalam dua tahapan dapat berbeda pada setiap masing-masing orang. Hal ini kembali lagi pada kebutuhan dasar kulit wajah masing-masing. Berikut ini adalah cara melakukan double cleansing berdasarkan jenis kulit. 

  • Kulit Berminyak

Bagi wajah dengan kulit berminyak, sebaiknya gunakan oil-based cleanser pada tahap pertama. Minyak akan membantu mengangkat kotoran dan sebum berlebih. Selain oil-based cleanser, kulit berminyak juga cocok dibersihkan dengan cleanser yang berbahan dasar gel atau clay. Dua bahan ini akan membantu untuk menjaga kelembaban kulit wajah. 

  • Kulit Kering

Double cleansing pada kulit kering dapat lebih beresiko membuat kulit wajah menjadi semakin kering. Gunakanlah cleansing balm yang mengandung minyak kelapa atau jojoba oil untuk membantu menghidrasi kulit dan menjaga lapisan kulit. 

  • Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi terkadang cukup sulit diatasi. Anda benar-benar harus menemukan produk yang sesuai dengan kondisi wajah yang sebagian kering dan sebagai berminyak. Sebaiknya gunakan cleanser yang mengandung banyak nutrisi seperti ceramide agar dapat membantu melembabkan kulit. 

  • Kulit Berjerawat

Kulit berjerawat cenderung sensitif. Maka untuk melakukan double cleansing pada jenis kulit seperti ini diperlukan kehati-hatian dalam memilih produk. Kulit berjerawat membutuhkan cleanser yang juga mengandung anti oksidan dan anti inflamasi seperti vitamin E, green tea, dan tea tree oil. Selain itu, cleanser yang mengandung exfoliator juga cocok untuk kulit berjerawat. 

Ternyata double cleansing memiliki manfaat yang baik bagi kulit wajah. Maka mulai saat ini jangan lagi enggan menyisihkan sedikit waktu untuk memaksimalkan kebersihan wajah Anda. Pilih juga produk yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Mishra, Kritika. 2022. What Is Double Cleansing And How To Do It At Home?. https://fabbon.com/articles/skincare/what-is-double-cleansing-and-should-you-go-for-it 

Racho, Janeca. 2018. How to Double-Cleanse According to Your Skin Type. https://www.dermstore.com/blog/search/?search=How%20to%20Double-Cleanse%20According%20to%20Your%20Skin%20Type

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang