Mencegah Penularan Virus, Ini Pentingnya Antrian Cepat di RS di masa Pandemi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Mencegah Penularan Virus, Ini Pentingnya Antrian Cepat di RS di masa Pandemi

Apakah Anda tahu apa pentingnya antrian cepat di RS di masa pandemi COVID 19 seperti saat ini? Pandemi COVID 19 dapat menular melalui droplet yang dikeluarkan oleh orang yang terinfeksi. Anda akan memiliki risiko penularan yang besar apabila berada dikerumunan orang banyak. Oleh karena itu, di masa pandemi COVID 19 ini sangat diperlukan antrian cepat di RS. 

Akan tetapi, pentingnya antrian cepat di RS di masa ini tidak hanya untuk mencegah penularan virus, ada beberapa alasan lainnya. Berikut ini beberapa alasan mengapa antrian cepat di RS di masa pandemi menjadi penting. 

Pentingnya antrian cepat di RS di masa pandemi

  1. Mencegah penularan virus

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, COVID 19 sangatlah mudah menular dari satu orang ke orang lain. Hal inilah yang membuat angka kasus COVID 19 saat ini belum berhenti. Demi mencegah semakin tingginya angka kasus COVID 19 tersebut, ditetapkanlah protokol kesehatan yang melarang kerumunan. Namun disisi lain, banyak orang perlu pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan kesehatannya. Untuk menghindari kerumunan yang menyebabkan risiko penularan menjadi tinggi, maka dibutuhkan antrian cepat di rumah sakit. 

  1. Pasien darurat dapat ditangani segera

Alasan pentingnya antrian cepat di RS yang selanjutnya yaitu dapat menangani pasien darurat dengan segera. Dalam sebuah penelitian ditunjukkan bahwa semakin sedikit waktu yang diperlukan untuk antre, maka penilaian terhadap pelayanan kesehatan akan semakin tinggi. Mungkin hal ini juga pernah Anda rasakan, pada saat berada di kondisi darurat dan ingin segera mendapatkan penanganan. Ketika Anda mendapatkan penanganan yang cepat, maka Anda akan merasa lebih lega karena kondisi darurat yang Anda alami bisa segera ditangani. 

  1. Menghindari stres

Selain dapat mencegah penularan virus, antrian cepat di RS pada masa pandemi COVID 19 ini dibutuhkan untuk menghindari stres. Di antara para pasien yang mengantre mungkin ada yang merasa khawatir pada saat berada di kerumunan karena merasa rentan terhadap penularan COVID 19, ditambahkan lagi suasana hati yang bosan pada saat menunggu antrian dan keluhan kesehatan yang dirasakan. Hal ini dapat membuat seseorang merasa frustasi dan akhirnya menjadi stres. 

  1. Menciptakan kondisi yang lebih kondusif

Antrian yang terlalu lama tentunya akan menciptakan kondisi yang tidak kondusif karena terjadinya kerumunan. Hal ini tentunya akan semakin parah apabila ruang tunggu tidak terlalu luas dan tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Kondisi ini pastinya akan menciptakan suasana yang gerah, keributan, hingga ada beberapa yang stres karena kondisi yang tidak kondusif tersebut. Oleh karena itu, antrian cepat di RS sangat dibutuhkan, terutama dimasa pandemi seperti sekarang ini. Antrian cepat dapat membuat antrian tidak terlalu panjang dan menciptakan suasana yang kondusif sehingga penularan COVID 19 bisa diminimalisir. 

  1. Memangkas waktu dan tenaga

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, sistem BPJS Kesehatan di Indonesia mengharuskan pasien untuk bolak balik mengantri, dari antrian sejak di puskesmas, antrian untuk mendapatkan rujukan, antrian pendaftaran di rumah sakit rujukan, hingga antrian untuk mendapatkan penanganan di rumah sakit rujukan tersebut. Hal ini akan mengakibatkan seringnya pasien melakukan kontak dengan banyak orang, sehingga akan semakin meningkatkan risiko menyebarnya virus penyebab COVID 19 dengan cepat. Tidak hanya itu saja, praktik ini akan membuat pasien lebih mudah lelah dan kondisi fisiknya menjadi lebih menurun, sehingga pada akhirnya membuatnya rentan untuk terinfeksi. Dengan begitu, apabila antrian di RS bisa lebih cepat lagi, maka hal-hal yang menyebabkan pasien jatuh sakit terutama karena COVID 19, akan dapat diminimalisir. 

Demikianlah penjelasan mengenai pentingnya antrian cepat di RS dimasa pandemi. Dari pembahasan tersebut, dapat diketahui bahwa perkara antrian saja yang banyak disepelekan, ternyata memegang peranan yang sangat penting terutama di masa pandemi COVID 19 ini. 

Semoga kedepannya sistem antrian di RS dapat menjadi lebih baik lagi. Alternatif lainnya yang bisa Anda pilih sembari menunggu berakhirnya COVID 19 ini adalah dengan menggunakan layanan konsultasi online. Dengan cara ini, Anda tidak perlu berhadapan dengan sistem antrian di RS yang panjang dan memakan banyak waktu. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

Harvard Health Publishing. 2021. Preventing the spread of the coronavirus

Palvannan, R Kannapiran & Kiok Liang Teow. 2012. Queueing for healthcare. 

Lee, Hyun. Start Managing Your Hospital Queue the Right Way.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi