Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan, ASMR Adalah?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Sep 2021

Bagikan

Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan, ASMR Adalah?

Sudahkah Anda tahu, ASMR adalah tren yang tengah meningkat dalam beberapa tahun terakhir ini di berbagai platform sosial media. Tentunya kepopuleran tren yang satu ini bukan tanpa alasan. ASMR dalam hal ini dianggap mampu mendatangkan sensasi tertentu yang membuat seseorang merasa lebih tenang. 

Namun tahukah Anda apa itu ASMR dan benarkah bahwa tren ASMR ini memiliki manfaat bagi kesehatan? Jika iya, lantas apa manfaat ASMR bagi kesehatan itu sendiri? Untuk mendapatkan penjelasan mengenai hal tersebut, ada baiknya Anda menyimak penjelasan mengenai ASMR di bawah ini. 

Apa itu ASMR?

Jika diartikan secara harfiah, ASMR adalah singkatan dari Autonomous Sensory Meridian Response, yang dalam hal ini merupakan sebuah istilah yang menunjukkan timbulnya sensasi spontan yang dirasakan seseorang akibat dipicu oleh suara tertentu. Biasanya, sensasi yang ditimbulkan secara spontan ini digambarkan dalam perasaan merinding ataupun geli.

Meskipun menimbulkan perasaan demikian, sensasi yang ditimbulkan oleh ASMR ini tentu berbeda dengan sensasi merinding ataupun geli yang membuat tubuh merasa tidak nyaman. Justru, sensasi yang timbul ini bisa menyebabkan seseorang merasa lebih rileks, nyaman, senang, dan bahkan bisa membuat tidur lebih mudah. Oleh karena itulah, ASMR juga bisa digunakan untuk mengatasi insomnia.

ASMR ini bisa Anda temukan dengan mudah di internet, hanya dengan memasukkan kata kunci ASMR saja. Biasanya, video-video yang banyak menarik perhatian dan terbilang cukup digemari dari ASMR adalah jenis ASMR berbisik atau berbicara dengan suara lembut, menggaruk, gerakan tangan yang cukup lambat, gerakan menepuk-nepuk barang tertentu, bahkan ASMR seseorang tengah mengonsumsi makanan tertentu yang biasanya menghasilkan suara mengunyah, menyeruput, mengecap, dan lain sebagainya. 

Sebagai contoh, ada yang membuat video ASMR ketika sedang memainkan slime, ASMR memasak ataupun makan seafood, ASMR peralatan make up, ASMR saat sedang menggunting rambut, hingga ASMR di mana hewan peliharaan tengah makan ataupun minum. 

Mengapa banyak orang menyukai video ASMR

Sejatinya, alasan banyak orang menyukai video ASMR adalah belum pasti, karena hingga kini tidak banyak penelitian yang berbicara mengenai hal tersebut. Meskipun begitu, banyak yang beranggapan bahwa kepopulerannya ini bisa didasari oleh beberapa hal yang ternyata bisa menjadi manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh. 

Lantas apa saja yang menjadi alasan banyaknya orang menyukai video ASMR? Apakah benar ASMR ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh seseorang? Berikut adalah beberapa alasan yang mendasari kegemaran seseorang terhadap ASMR.

  1. Menjadikan tubuh terasa lebih rileks

Menurut penelitian pada tahun 2015 yang dilakukan oleh Swansea University, ASMR ternyata mampu memperbaiki mood atau suasana hati seseorang yang mendengarkannya. Dengan suasana hati yang lebih baik ini, seseorang mampu terhindar dari stres karena tubuhnya terasa lebih rileks. Selain itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Ryerson University dan University of Winnipeg, klaim ini terbukti benar. Bahwa penikmat ASMR biasanya merasakan relaksasi yang sama dengan mereka yang mendengarkan musik. Bahkan, efek relaksasi dari ASMR ini dikatakan mampu bertahan lebih lama dibandingkan musik.

  1. Membantu penderita insomnia

Sering merasa susah tidur di malam hari? Mungkin ini saatnya Anda mencoba mendengarkan ASMR yang dalam hal ini digadang-gadang mampu mendatangkan efek yang cukup mirip dengan meditasi. Artinya, apabila Anda mendengarkan ASMR ini, tubuh akan menjadi lebih rileks sehingga lebih mudah tertidur. Alasan ini merupakan alasan yang sering dikemukakan oleh mereka pendengar ASMR, yang merasa lebih mudah tertidur setelah mendengar video ASMR. Selain itu, Sheffield University juga memperkuat klaim ini, dengan mengatakan bahwa video ASMR ini memiliki manfaat yang bersifat terapeutik, karena mampu mengurangi detak jantung hingga merangsang timbulnya perasaan positif dalam diri.

Itulah dia penjelasan mengenai ASMR dan manfaatnya. Jika disimpulkan, ASMR tidak hanya sekedar hiburan biasa saja, melainkan ASMR adalah suatu hiburan yang mampu mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama dalam membuat tubuh lebih rileks dan tenang. Apabila terus dikembangkan, video ASMR di masa depan mungkin bisa menjadi solusi dalam permasalahan mental tertentu.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: ASMR: Manfaat & Metode Relaksasi Masa Kini


Sumber:

Sandoiu, Ana. 2018. Brain tingling sensation ‘ASMR’ may benefit health. 

Mammoser, Gigen. 2018. Why YouTube Videos of People Whispering Are Causing ‘Brain Orgasms’. 

Psychology Today. ASMR.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi